, , , ,

Pengaruh Gadget bagi kesehatan yang Harus Anda Ketahui

oleh -
pengaruh gadget terhadap kesehatan
pengaruh gadget terhadap kesehatan

Perkembangan teknologi membuat segala sesuatu menjadi serba tidak terbatas. Salah satu inovasi teknologi yang menjadi teman hidup hingga sampai saat ini yaitu, gadget. Penggunaan gadget dalam berbagai hal memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan aktivitasnya secara efektif dan efisien. Namun, perlu diketahui bahwasanya penggunaannya secara terus-menerus dapat menyebabkan tendensi yang cukup buruk. Salah satu dampak buruknya terhadap psikologis maupun kesehatan sangat besar.

Gadget memang memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan beragam hal salah satunya adalah bertransaksi, mengirim pesan maupun berkelana ke suatu tempat yang berada di belahan bumi lain tanpa datang ke sana secara langsung. Penggunaannya sebagai alat hiburan terutama bagi para gamer yang mulai kecanduan. Memunculkan alasan kuat bahwa penggunaan gadget terutama bagi kesehatan baik jasmani dan rohani perlu diperhatikan.

Gadget saat ini sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi sehari-hari oleh masyarakat modern atau yang sekarang ini dengan masyarakat milenial, mulai dari penggunaan laptop, tablet, Handphone ataupun smartphone (ponsel pintar).

Baca Juga :   5 Resiko Membeli Hp Bekas yang Harus Kamu Ketahui!
pengaruh gadget terhadap kesehatan

Semua itu merupakan perangkat teknologi yang canggih yangmana tak sekadar menjadi alat komunikasi dan hiburan semata saja, akan tetapi juga untuk mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan yang kita perlukan.Karenanya tak perlu heran apabila banyak orang asyik menggunakan gadget hingga lupa waktu, lupa ibadah, lupa makan bahkan lupa terhadap orang yang disayanginya. Efek yang ditimbulkan sebab dari kebiasaan penggunaan gadget yang berlebihan ini akan sangat berdampak pada kesehatan penggunanya secara tidak langsung maupun secara langsung. Berikut ini adalah paparan beberapa dampak negative yang terjadi akibat dari penggunaan gadget terhadap kesehatan.

Pengaruh yang disebabkan gadget terhadap kesehatan

Kesehatan mata terganggu

Dampak buruk yang diakibatkan oleh penggunaan gadget secara terus menerus yaitu dapat mengurangi tingkat kebasahan mata karena kurangnya kedipan yang ditimbulkan mata. Maka Mata cepat mengering yangmana itu semua disebabkan karena terlalu lama menatap layar ponsel membuatnya muncul peradangan maupun infeksi pada mata.

Baca Juga :   Ingin Beli iPhone 4, Perhatikan Ini Dulu

Perubahan posisi pada tulang belakang

Penggunaan gadget terhadap orang Dewasa ini, banyak sekali orang-orang yang mengeluhkan pada tulang bagian leher dan punggung mengalami pegal-pegal dibagian tersebut. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasan buruk ketika memanfaatkan gadget. Bisa jadi dikarenakan Badan terlalu condong pada gadget ketika membaca maupun mengoperasikan benda kotak terebut. Menurut Kirsten Lord, tubuh kita ini merupakan produk dari apa yang sering kali kita biasakan setiap harinya.

Merubah bentuk rahang

Penggunaan gadget yang tidak sejajar tepat lurus ke arah depan dapat menyebabkan bentuk rahang Anda berubah. Hal ini disebabkan karena posisi saat menatap layar gadget menunduk ke bawah. Menurut DR. Samb Bunting menyatakan perempuan yang berusia 30-an khawatir wajah bagian bawahnya mengalami pelemahan.

Baca Juga :   Tips Merawat Smartphone Supaya Awet dan Tahan Lama

Sakit kepala dan insomnia yang bermunculan

Saat anda menggunakan gadget ketika mau tidur, maka Anda perlu menjauhkan gadget dari kepala anda. Hal ini disebabkan adanya pengaruh buruk gelombang RF atau gelombang negatif yang mengumpul dan masuk ke jaringan syaraf otak. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala hingga muntah-muntah, bahkan anda dapat merasakannya ketika anda dengan posisi tidur sambil mengoperasikan gadget terlalu lama, kemudian anda langsung berdiri maka anda akan merasakan sakit kepala.

Bisanya penggunaan gadget ketika akan tidur mampu untuk menghantarkan untuk tidur, tetapi kenyataanya terkadang tidak seperti itu akan tetapi akan menyebabkan insomnia atau susah tidur, sehingga mengalami begadang dan di pagi harinya susah untuk bangun dan ketika bangun badan terasa lemas.

Penggunaan gadget yang tidak terlalu intens dapat memberikan ruang relaksasi bagi otak dan tubuh. Radiasi yang disebabkan dapat memberikan dampak buruk bagi psikis maupun kondisi fisik seseorang. Perlu batasan waktu dan berhenti sejenak apabila pekerjaan menekankan Anda untuk melewatkan hari secara terus-menerus dengan menggunakan handphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *