,

Pengabdian Kepada Masyarakat yang Dilakukan Mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta

oleh -
pengabdian masyarakat oleh mahasiswa
pengabdian masyarakat oleh mahasiswa

Djonews.com – Di akhir semester ganjil tahun akademik 2019/2020, mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta program studi D3 Manajemen Informatika angkatan 2019 kelas reguler yang diterjunkan ke masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat saat di kampus.

Politeknik Indonusa Surakarta program studi D3 Manajemen Informatika

pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa
kegiatan pengabdian masyarakat yang di lakukan mahasiswa Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta angkatan 2019

“Semua kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat di kampus, menjalin silahturahmi dengan masyarakat dan untuk evaluasi pendidikan yang ada di kampus, sehingga setelah lulus nanti diharapkan mahasiswa benar – benar siap terjun ke masyarakat.” Kata Penanggung Jawab Kegiatan, Edy Susena.

Pengabdian kepada masyarakat di Desa Jetis Wetas, Pedan, Klaten

Pengabdian kepada masyarakat di Desa Jetis Wetas, Pedan, Klaten ini digelar pada Kamis (9/1/2020). Masyarakat sasarannya adalah pelaku bisnis Alat peraga Edukasi (APE). Hampir semua warga di desa Jetis Wetan memproduksi APE. Dalam kesempatan ini materi yang disampaikan adalah E-Commerce. Pada hari yang sama juga mahasiswa lain melaksanakan pengabdian di dukuh Tegalan, Planggu, Trucuk, Klaten. Dalam kegiatan ini masyarakat sasarannya adalah karang taruna desa Plagu. Materi yang disampaikan oleh mahasiswa adalah Pengenalan dan Pelatihan Microsoft Office untuk Pemuda Desa Plagu, Trucuk, Klaten.

Baca Juga :   Hoaks Isu Korupsi Soal Asabri
pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa, Pengabdian kepada masyarakat di Desa Jetis Wetas, Pedan, Klaten
Pengabdian kepada masyarakat di Desa Jetis Wetas, Pedan, Klaten

Pengabdian Masyarakat di daerah Sudimoro, Sangub, Musuk, Boyolali

Kemudian pada Jumat (10/1/2020) mahasiswa dikirim ke lereng Gunung Merapi tepatnya daerah Sudimoro, Sangub, Musuk, Boyolali. Daerah ini jauh dari kota kabupaten Boyolali, sehingga butuh sentuhan dari mahasiswa. Di desa ini mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan materi Pelatihan Aplikasi Microsoft Office Kepada Anggota Karang Taruna Dukuh Sudimoro, Desa Sangub, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali.

pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa, pengabdian masyarakat di boyolali
foto pada saat pengabdian masyarakat di Sudimoro, Sangub, Musuk, Boyolali

Dalam kesempatan yang sama, dosen pembimbing yaitu Edy Susena, Edy Susanto dan Anista Yulia Ratnawati melihat peluang untuk melakukan pengabdian lebih lanjut dengan masyarakat di dukuh Sudimoro. Karena daerah Sudimoro banyak masyarakat yang pekerjaannya memelihara Sapi Perah, maka ke depan akan direncanakan pengabdian tentang pengolahan susu menjadi produk unggulan di dukuh Sudimoro untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Baca Juga :   Semarang Terapkan Tilang Elektronik

Pengabdian Masyarakat di Desa Delegan Rt 04/07 Pabelan, Kartasura, Sukoharjo

Pada Sabtu (11/1/2020), mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta dengan dosen pendampingnya melakukan pengabdian di Desa Delegan Rt 04/07 Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Dalam kesempatan ini mahasiswa memberikan pelatihan kepada karang tarunanya. Kali ini materi yang disampaikan adalah membekali pemuda pemudi karang taruna dengan pelatihan Pelatihan Aplikasi Komputer Microsoft Word, Excel dan Power Point.

pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa, pengabidan masyarakat perserta pemuda karang taruna
Foto bersama dengan peserta pengabdian masyarakat di Desa Delegan RT 04/07, Pabelan Kartasura Sukoharjo

Pengabdian Masyarakat di Banyuanyar RT 03/12, Solo

Di hari yang sama kelompok mahasiswa lainnya juga mengadakan pengabdian di Banyuanyar RT 03/12, Solo. Sasaran masyarakatnya adalah Pemuda Karang Taruna. Materi yang disampaikan adalah Pemanfaatan Smartphone Untuk Kegiatan Bisnis bagi Pemuda Karang taruna Banyuanyar, Surakarta.

Baca Juga :   Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Dosen Dan Mahasiswa Informatika Politeknik Indonusa Surakarta
pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa, pengabdian masyarakat di solo
foto bersama dengan peserta pengabdian masyarakat di banyu anyar Banyuanyar RT 03/12, Solo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *