Peminat Pengawas TPS, Lampaui Batas Kuota

43 sec read

Semarang – Banyaknya masyarakat yang ingin menjadi Pengawas TPS Pilkada 2020 di Jawa Tengah sangat tinggi. Menurut data dari Bawaslu Jateng terdapat 82.707 yang tersebar di 21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada 2020.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Jateng Sri Sumanta mengatakan, panwaslu masing-masing kecamatan telah melakukan seleksi pendaftar Pengawas TPS. Dari jumlah pendaftar sebanyak 82.707 orang telah dipilih sebanyak 44.077 orang. Jumlah ini sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Jawa Tengah.

Baca Juga;

 “Setiap TPS akan diawasi satu orang Pengawas TPS,” ujarnya.

Ia menambahkan, panwaslu Kecamatan telah mengumumkan nama-nama Pengawas TPS terpilih. Nama-nama Pengawas TPS terpilih bisa dilihat di website Bawaslu kabupaten/kota atau Kantor Panwaslu kecamatan.

 “Yang lolos ini nanti akan menjadi Pengawas TPS serta akan dilantik pada 14 hingga 16 November 2020,” ujarnya.

Sementara itu,Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Jateng Gugus Risdaryanto menambahkan, 28 Oktober lalu, Panwaslu kecamatan sudah mengumumkan nama-nama calon pengawas TPS. Publik/masyarakat bisa menyampaikan tanggapan dan masukan atas calon tersebut.

Baca Juga:  Jaring 44 ribu Pengawas TPS Se Jawa Tengah

“Masa kerja Pengawas terhitung sejak 23 tiga hari sebelum pemungutan suara dan berakhir 7 hari setelah pemungutan suara,” tambahnya.

Ia menambahkan, karena situasi masih pandemi, maka pelantikan Pengawas TPS dapat dilakukan menggunakan media daring atau tatap muka secara langsung. Misalnya, ada pemeriksaan suhu tubuh terhadap Petugas dan calon Pengawas TPS terpilih.wid

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *