Pemilu 2024, Mulai Petakan TPS Lokasi Khusus

Pemilu 2024, Mulai Petakan TPS Lokasi Khusus

  • Bagikan

Djonews.com, SEMARANG – Meski pemilihan umum masih dihelat pada 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang mulai melakukan pemetakan potensi tempat pemungutan suara (TPS) lokasi khusus.

Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Ketua Bawaslu RI Nomor 4 Tahun 2022 tentang Identifikasi lokasi khusus dalam pengawasan penyususnan daftar pemilih di lokasi khusus pada pemilu 2024.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi masyarakat dan Humas Bawaslu kota Semarang, Nining Susanti mengungkapkan berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu Kota Semarang, setidaknya terdapat beberapa potensi di kota Semarang di antaranya panti sosial/lansia, lembaga pemasyarakatan, rumah sakit, dan pondok pesantren.

“Beberapa pengelola menyatakan minimnya keterbatasan penghuni panti dalam menyalurkan hak suaranyanya karena tidak masuk dalam daftar pemilih tetap, keterbatasan fisik menuju lokasi TPS, dan tidak ada petugas KPPS yang mendatangi dan melayani di panti pada hari pencoblosan,” terang Nining

Sebelumnya, bawaslu telah melakukan pemetaan pada 13 dan 16 Januari 2023 ke 12 panti wredha tersebut dengan mendatangi secara langsung.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *