Pantau Pertumbuhan Anak di Masa Pandemi

oleh -
Ketua pengabdian masyarakat pada Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang (Unisula), Dr dr Sri Priyantini , menyampaikan beberapa point dalam acara talkshow di TVRI Jawa Tengah

Semarang – Pentingnya memperhatikan kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan anak pada 1000 hari pertama kehidupan, khususnya di masa pandemi covid-19. Ketua pengabdian masyarakat pada Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang (Unisula), Dr dr Sri Priyantini , menyampaikan beberapa point dalam acara talkshow di TVRI Jawa Tengah.

BACA JUGA

“Masa pandemi memang menghambat beberapa aktifitas untuk memantau tumbuh kembang anak Tentu dengan media menjadi sarana penting memberikan informasi penting dalam pantauan tumbuh kembang anak secara mandiri di rumah,” terangnya, Kamis (19/11/2020).

Dalam penjelasannya, dr Citra, mengatakan, hari pertama kehidupan berkaitan erat dengan pemenuhan gizi di awal kehidupan buah hati. Pada masa itu, tentu sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati sekaligus berpengaruh terhadap kesehatannya. 

Maka diusahakan pada 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak pertama kali terjadinya pembuahan, atau  terbentuknya janin dalam kandungan, hingga buah hati berusia 2 tahun. Menurutnya, momen itu merupakan waktu tepat untuk membangun fondasi kesehatan jangka panjang.

“Maka perlu membentuk gaya hidup sehat dan memenuhi asupan nutrisi seimbang yang sebaiknya mulai di terapkan sejak awal masa kehamilan. Dalam jangka panjang, hal ini dapat bisa mencegah buah hati mengalami kekurangan gizi, tubuh pendek, diabetes, dan obesitas,”tambahnya.hud

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *