panduan lengkap main harvest moon back to nature

Tips & Trik – Kali ini DjoNews bakalan ngasih tahu panduan lengkap main Harvest Moon Back to Nature, artikel DjoNews ini bertujuan agar para pembaca terbantu dan termudahkan dalam megenal serta bermain game besutan Natsume,Inc. yang satu ini.

Banyak yang mungkin baru mengenal dan memainkan game ini kemudian merasa kesulitan hanya demi melewati tahun pertama saja, yang mana memang tahun pertama dalam game ini merupakan tahun paling sulit yang dilalui sebab banyaknya permasalahan yang perlu dibenahi demi tahun mendatang.

Maka Admin DjoNews ingin sedikit berbagi pengalaman bermain game Harvest Moon: Back to Nature. Semoga tulisan ini dapat membantu dan menjawab kebingungan yang muncul tentang panduan lengkap main Harvest Moon Back to Nature ini.

Yang harus kamu fahami terlebih dahulu ialah detail permainan Harvest Moon: Back to Nature itu sendiri.

Panduan Lengkap Main Harvest Moon Back to Nature

Plot

panduan lengkap main harvest moon back to nature

Panduan Lengkap Main Harvest Moon Back to Nature yang pertama ialah, Game ini menceritakan keadaan anak lelaki yang pergi berlibur ke tempat Kakeknya di sebuah Desa bernama Mineral Town selama musim panasnya.

Dikarenakan kedua orang tua yang terlalu sibuk mengurus pekerjaan masing-masing, ia pun berlibur sendirian di sana. Kakeknya merupakan seorang petani yang memiliki ladang kebun luas dan hewan ternak yang beragam.

Dikarenakan kakeknya yang sibuk mengurus kebun dan juga hewan ternaknya, si anak lelaki ini pun menghabiskan waktunya untuk bermain dengan hewan ternak sang Kakek, mulai dari menjahili ayam, menaiki sapi dan kuda, pergi memancing, dan pergi ke area pegunungan demi berjalanjalan dan bersantai.

panduan lengkap main harvest moon back to nature

Di Desa Mineral Town, sang anak tidak memiliki satu pun teman hingga akhirnya ada seorang anak perempuan yang menghampirinya saat tengah tertidur di kaki gunung.

panduan lengkap main harvest moon back to nature

Anak perempuan itu membangunkannya sembari berkata “Bukankah kau anak yang sedang berkunjung ke kebun Kakeknya?” dan ia juga berkata bahwa dia juga suka berada di tempat itu, lalu mengajak sang anak untuk pergi ke atas gunung, lalu mereka berdua bernyanyi bersama.

panduan lengkap main harvest moon back to nature

Musim panas pun akhirnya pergi dan sang anak pulang kembali ke kotanya.

panduan lengkap main harvest moon back to nature

Sebelum pulang, anak perempuan yang bertemu dengannya di kaki gunung datang dan bertanya kepada sang anak “Apakah kau ingin pergi?”, sang anak pun menganggukkan kepalanya, dan anak permepuan itu berkata kepadanya “Berjanjilah kau akan kembali lagi”, lalu sang anak pun mengganggukkan kepalanya untuk yang kedua kali.

panduan lengkap main harvest moon back to nature

Beberapa tahun telah berlalu, Kakek yang dia sayangi pun telah meninggal, dan sang anak telah menginjak usia dewasa lalu kembali ke desa Mineral Town untuk meneruskan dan merawat kebun sepeninggalan Kakenya yang lama tak terurus.

Tujuan Game

panduan lengkap main harvest moon back to nature tujuan game

Panduan lengkap main harvest moon back to nature yang selanjutnya adalah, Game ini mempunyai tujuan untuk mengembalikan kondisi kebun layaknya sedia kala, kondisi dimana kebun dan hewan ternak terurus serta terawat dengan baik.

Untuk mengembalikan kondisi itu, kamu sebagai pemain akan diberi waktu oleh Mayor Thomas selama 3 tahun sebagai pembuktian atas keseriusan kamu dalam melakukan hal tersebut ataukah tidak.

Jika dalam waktu 3 tahun kondisi kebun serta hewan ternak membaik, maka kamu akan diakui sebagai pemilik sah kebun dan peternakan itu dan juga boleh tinggal di sana.

Sebaliknya, bila dalam kurun 3 tahun perkebunan itu masih saja dalam keadaan terlantar, maka kamu akan diusir dari desa dan permainan akan berakhir, alias Game Over.

panduan lengkap main harvest moon back to nature marriage nikah pernikahan

Serunya lagi, ternyata di dalam game ini kamu bisa menikah dan membangun rumah tangga yang nantinya akan memiliki seorang anak laki-laki.

Di desa Mineral Town terdapat lima gadis cantik, yaitu Ann, Elli, Karen, Mary dan Popuri. Kamu dapat memilih satu dari mereka untuk dilamar dan dinikah nantinya.

Kontrol

  • Start: Membuka menu status
  • Select: Melihat keseluruhan peta desa Mineral Town. Menekan tombol Start di tampilan ini akan menampilkan keseluruhan area perkebunan milikmu.
  • Segitiga: Membuka menu peralatan dan memberikan penjelasan mengenai item dan alat tersebut.
  • Kotak: Menggunakan alat.
  • Lingkaram: Berlari.
  • Silang: Konfirmasi, berbicara dengan penduduk, membuka pintu, dan lain-lain.
  • L1: Bersiul memanggil anjing.
  • L2: Bersiul memanggil Kuda.
  • R1: Mengganti alat yang ingin dipakai.
  • R2: Mengganti dan memasukkan item ke dalam tas.

Musim

Harvest Moon: Back to Nature memiliki 4 musim, yaitu:

  • Spring: Musim Semi.
  • Summer: Musim Panas.
  • Fall: Musim Gugur.
  • Winter: Musim Dingin.

Festival

panduan lengkap main harvest moon back to nature festival

Panduan Lengkap Main Harvest Moon Back to Nature yang berikutnya ialah, dalam game ini terdapat acara yang disebut Festival, yaitu perayaan yang diadakan dalam rangka untuk memperingati peristiwa penting atau bersejarah, atau juga pesta rakyat.

Festival juga identik dengan perlombaan yang mana kamu sebagai pemain dapat ikut berpartisipasi aktif mengikuti perlombaan atau pun tidak mengikutinya.

Saat Festival berlangsung semua kegiatan warga penduduk desa akan berhenti dikarenakan semua orang berkumpul untuk menyaksikan dan ikut berpartisipasi dalam Festival itu.

Berikut ini kumpulan Festival yang ada di game Harvest Moon: Back to Nature:

Spring

1 – New Year

Pukul 06.00 PM – 09.00 PM datanglah ke The Inn (Daug’s Palace) untuk berkumpul dengan orang-orang dewasa, atau datanglah ke Rose Square bila ingin berkumpul dengan para pemuda desa.

8 – Spring Goddes Festival

Kamu tidak dapat ikut berpartisipasi aktif dalam lomba ini, karena acara ini dikhususkan bagi kaum hawa desa Mineral Town saja. Namun, kamu dapat menyaksikan dan bisa mengajak salah satu gadis untuk pergi bersama ke festival itu.

14 – Thanksgiving Festival

Berikan hadiah kesukaan gadis yang kamu dambakan.

18 – Festival Balap Kuda Lokal

Di tahun pertama, kamu hanya akan bisa menyaksikan saja. Namun di tahun selanjutnya kamu bisa ikut serta dalam perlombaan.

22 – Festival Memasak

Tahun pertamamu hanya dapat mengikuti dengan membawa Spa-boiled egg, namun kamu tidak akan bisa memenangkan perlombaan. Di tahun berikutnya, saat rumahmu sudah memiliki dapur, barulah kamu dapat mengikuti perlombaan ini dengan masakan andalanmu demi memenangkan festival.

Summer

1 – Festival Renang

Pukul 10.00 AM datanglah ke Mineral Beach (pantai), lalu berbicaralah dengan Mayor Thomas, maka ia akan memulai perlombaan renangnya.

7 – Festival Adu Ayam

Pukul 10.00 AM kamu bisa mendatangi Rose Square dengan membawa ayammu agar dapat mengikuti lomba (Jangan, kasihan ayamnya. Mending dimakan. Hihihi).

12 – Festival Tomat

Pukul 10.00 AM pergilah menuju Rose Square, lalu bicaralah kepada salah seorang dari penduduk desa disana yang kamu inginkan untuk bergabung dengan timnya.

20 – Festival Sapi

Pukul 10.00 AM pergilah ke Yodel Ranch lalu berbicaralah dengan Barley untuk memulai festival ini. Jika kamu sudah memiliki sapi dewasa, sehari sebelum festival, Barley akan mendatangimu ke rumah dan menanyakan apakah kamu ingin mengikut sertakan sapimu dalam perlombaan besok dan lalu membawanya.

24 – Festival Kembang Api

Pukul 06.00 PM pergilah menuju Mineral Beach (pantai), ajaklah bicara salah satu gadis yang hendak kamu jadikan teman melihat kembang api bersama.

Fall

3 – Festival Musik

Pada pukul 06.00 PM pergilah ke Cruch (gereja), berbincanglah dengan Pastor Carter untuk memulai festivalnya. Sehari sebelum acara festival, Pastor Cartor akan datang ke rumahmu untuk mengajakmu ikut berpartisipasi dalam festival tersebut.

9 – Festival Panen

Pukul 10.00 AM pergilah ke Rose Square dengan membawa beberapa hasil panen kebunmu.

13 – Festival Melihat Bulan

Datanglah ke puncak gunung pada pukul 06.00 PM, maka kamu akan bertemu gadis yang menunggumu disana, berbicanglah dengannya.

21 – Festival Domba

Pada pukul 10.00 AM sempatkanlah untuk pergi ke Yodel Ranch, bicaralah dengan Barley untuk memulai festivalnya. Jika kamu sudah memiliki domba dewasa yang berbulu, maka sehari sebelum acara festival dimulai, Barley akan datang ke rumahmu dan bertanya apakah kamu hendak mengikutkan domba milikmu di acara festival tersebut dan lalu Barley akan membawanya.

Winter

10 – Festival Balap Anjing

Pergilah ke Rose Square pukul 10.00 AM dengan membawa anjingmu, dan berbincanglah dengan Zack untuk memulai acara Festival Balap Anjing.

14 – Winter Thanksgiving Festival

Gadis yang hatinya berwarna biru dan ungu akan datang dan memberikan cokelat untukmu.

24 – Festival Malam Bintang

Pada tanggal 23, bicaralah dengan gadis yang ingin kamu ajak kencan di festival malam bintang. Keesokan harinya di tanggal 24, pergilah ke rumah gadis itu tepat pukul 06.00 PM.

30 – Pesta Tahun Baru

pergilah ke The Inn (Daug’s Palace) saat pukul 06.00 PM.

Event

Selanjutnya, panduan lengkap main harvest moon back to nature adalah Event yang merupakan kejadian – kejadian tertentu yang menghubungkan alur cerita antara kamu sebagai pemain tokoh utama dalam game dengan karakter lainnya. Terdapat banyak event dalam permainan Harvest Moon: Back to Nature. Usahakan untuk dapat mengikuti semua event yang ada, agar kamu dapat menyempurnakan alur cerita dalam game ini.

Tips Panduan Lengkap Main Harvest Moon Back to Nature

panduan lengkap main harvest moon back to nature

Lalu, DjoNews juga memiliki beberapa tips panduan lengkap main harvest moon back to nature.

Spring Season, Year 1:

  • Hari pertama dalam game ini cobalah untuk menemui ke lima gadis yang bisa kamu nikahi nantinya, yaitu: Ann, Elli, Karen, Mary, dan Popuri. untuk selanjutnya memunculkan event perkenalan dengan masing – masing dari mereka.
  • Usahakan sesering mungkin menambang di Mine, yaitu gua yang terdapat di belakang Waterfall (air terjun). Dan jangan lupa untuk mengambil 3 rebung dan 1 tanaman rumput biru yang ada diarea pemandian air panas, lalu 1 tanaman rumput biru diarea Woodcutter’s House (rumah Gotz), dan jual semuanya ke dalam bin. Lakukan hal tersebut berulang setiap harinya, hingga kamu memiliki uang sebanyak 5000G. Lalu pergilah ke supermarket dan beli keranjang. Keranjang ini akan berguna dalam membantumu menyimpan hasil tambang sebanyak 30pcs. Menambanglah hingga keranjang penuh dan kemudian kamu bawa keranjang itu ke depan bin, lalu taruh (jual) semua isi yang ada di dalam keranjang ke dalam bin.
  • Bersihkan kebunmu dari Branch (batang kayu kecil) sedikit demi sedikit setiap harinya menggunakan kapak. 1 Branch yang dikapak akan menghasilkan 1 Lumber (kayu). Jika kamu sudah memiliki uang lebih, silahkan untuk mengupgrade kapak tersebut ke level minimal Silver Ax, maka kapak akan bisa membelah bonggol kayu. 1 bonggol kayu yang di kapak akan menghasilkan 6 Lumber. Kamu bisa membelah bonggol kayu ini di area perkebunan mu dengan jumlah yang terbatas, di area Waterfall terdapat 2 bonggol kayu yang bisa di kapak setiap harinya, di area Woodcutter’s House terdapat 4 bonggol kayu yang bisa di kapak setiap harinya, dan di area Base of Mother’s Hill terdapat 3 bonggol kayu yang bisa di kapak setiap harinya. Dengan begitu, bonggol kayu yang bisa dikapak setiap harinya berjumlah 9, dimana 9 bonggol kayu itu jika di kapak akan menghasilkan 54 Lumber.
  • Dapatkan 2 power berry untuk meningkatkan stamina : kapak lah pohon cedar yang berada di Side of Mother’s Hill, nanti akan ada dua pilihan, pilih lah “jangan tebang”, dan menggali di Mine gua yang terdapat di belakang Waterfall (air terjun).
  • Sempatkanlah melewati Yodel Ranch (peternakan sapi & domba) untuk mendapatkan kuda. Jika sudah memiliki kuda, kumpulkan uang sebanyak 800G untuk membeli Brush (sikat) di Saibara Blacksmith (pandai besi). Sikat disini berguna untuk menyikat kuda agar jumlah hati kuda bertambah.
  • Pada hari sabtu atau minggu pukul 08.00 AM/ PM – 10.00 AM/ PM pergilah ke Mineral Beach (pantai) dengan mengosongkan 1 slot peralatan pada ransel. Setibanya di pantai, temui dan berbicaralah pada Greg, dia berada di ujung pelabuhan yang terdapat kapal besar disana. Maka kamu nanti akan mendapatkan Fishing Rod (pancingan kecil). Setelah mendapatkan pancingan, usahakan untuk memancing setiap hari setidaknya untuk menangkap 1 ikan/hari. Ikan disini untuk dipelihara di kolam, bukan untuk dijual. Berilah makan pada ikan-ikanmu dengan menggunakan rumput liar yang ada di kebunmu. Maka nanti ikan akan berkembang biak dan bertambah banyak.
  • Seusai mendapatkan pancingan, maka pergilah ke Mineral Beach (pantai) untuk mendapatkan 1 power berry berikutnya. Caranya dengan memancing di pantai, berhasil mendapatkannya atau tidak tergantung keberuntungan masing-masing. Tidak perlu memaksakan untuk mendapat power berry yang satu ini, bila dalam sekali pancing kamu mendapatkannya ya bersyukurlah, bila tidak ya pancing saja lagi dihari – hari berikutnya sampai dapat. Tapi jangan terlalu fokus dan menghabiskan banyak waktu cuma karna ingin mendapatkan 1 power berry, dan akhirnya kegiatan menambang dan lainnya terabaikan.
  • Belilah 1pcs bibit mooondrop pada Won, yang berada di The Inn (Daug’s Palace) dari pukul 01.00 PM hingga 03.50 PM. Bibit ini juga dapat kamu peroleh secara cuma-cuma dengan membuat hati Karen berwarna ungu. Dia akan mendatangi kebunmu lalu memberikan bibit moondropnya. Tanam dan siram bibitnya dengan rutin hingga mekar. Bila sudah mekar akan ada lebah yang datang ke kebunmu dan membuat sarang di pohon apelmu, pohon yang berada di dekat kolam ikan. Sarang tersebut akan menghasilkan madu yang dapat kamu ambil satu kali setiap harinya, madu ini bisa kamu makan ataupun kamu jual. Tips dari DjoNews, jual saja madu itu ke dalam bin setiap hari untuk menambah penghasilan. Jangan lupa untuk memberikan satu madu mu itu pada Louis agar dapat meningkatkan harga madu produksimu itu. Louis berada di Woodcutter’s House (rumah Gotz).
  • Belilah 1pcs bibit lobak, tanam dan siram dengan rutin sampai panen untuk nantinya kamu berikan pada Mayor Thomas. Akan ada sebuah event dimana Mayor Thomas meminta lobak kepadamu.
  • Belilah 2pcs bibit mentimun, tanam dan siram dengan rutin sampai panen. DjoNews memilih bibit mentimun karena mentimun dapat panen hingga 3 kali dalam semusim. Jual hasil panenanmu untuk mendapat penghasilan yang lebih.
  • Belilah 3pcs bibit rumput, tanam dan siram dengan rutin sampai tumbuh. Jika rumput sudah tumbuh lebat jangan dipotong, biarkan saja.
  • Dapatkan 2 power berry lagi dengan cara melemparkan 3 hasil panenmu ke bawah Waterfall tepat dibawah air terjunnya. Goddess akan muncul dan memberikanmu power berry. Selanjutnya pergilah ke danau yang berada di Base of Mother’s Hill, lemparkan 3 mentimun ke dalam danau tepat di dekat 2 pohon yang berada di tepi danau. The Kappa akan muncul dan memberikanmu power berry. Jika The Kappa tidak keluar, berarti kamu tidak melemparnya dengan tepat. Kamu tidak bisa bertemu dengan Goddess dan The Kappa saat hari festival.
  • Jika uang yang kamu miliki sudah cukup banyak, belilah Medium Ransel seharga 3000G di Supermarket. 11 hari kemudian kamu akan mendapat pesan di kotak surat rumahmu bahwa Supermarket telah menjual Large Ransel seharga 5000G, belilah jika kamu memiliki uang yang cukup.
  • Akhir musim belilah bibit nanas, tomat, dan jagung masing-masing 1 pcs sebagai persiapan untuk musim selanjutnya, yaitu summer. Jika kamu mempunyai uang lebih, DjoNews sarankan kamu menggunakan uangmu untuk membeli lebih lagi bibit nanasnya sebanyak 3pcs dan jagungnya sebanyak 2pcs, atau nanas dan jagung masing-masingnya sebanyak 2pcs.
  • Usahakan dimusim ini kamu sudah berteman baik dan membuat hati kelima gadis berwarna minimal ungu. Kelima gadis tersebut antara lain: Ann, Elli, Mary, Karen, dan Popuri. Jika kamu bisa berteman baik dan membuat hati mereka berwarna minimal ungu dimusim ini, mereka akan sangat membantu untuk musim-musim berikutnya. Terutama Popuri, ia akan sangat membantu sekali dimusim selanjutnya (Summer) jika hatinya sudah berwarna minimal ungu. Untuk sederhananya begini saja, setiap gadis akan sangat membantu sekali disetiap musimnya dengan pemberiannya. Karen dengan bibit bungan Moondropnya (Spring), Popuri dengan telur ayamnya (Summer), Ann dengan tawaran bisnisnya (Fall), Elli dengan sandwichnya (kapan saja yang penting hatinya sudah berwarna minimal ungu), dan Mary dengan bukunya (kapan saja yang penting hatinya sudah berwarna minimal ungu).

Keterangan: Musim ini kemungkinan besar kamu sudah mengahasilkan uang yang cukup, beberapa kayu (lumber), keranjang, kuda, sikat (brush), beberapa ikan, madu dan 5 power berry.

Summer Season, Year 1 :

Berpartisipasilah dalam festival berenang yang diadakan pada tanggal 1 di Mineral Beach (pantai) pukul 10:00 AM. Usahakan untuk memenangkan perlombaan tersebut agar mendapatkan hadiah berupa 1power berry. Tanam bibit nanas, tomat, dan jagung yang kamu beli diakhir musim spring, siram dengan rutin sampai panen. Jual hasil panen tersebut kedalam bin. Harga nanas sendiri cukup menggiurkan yaitu 500G perbuah, tomat 60G, jagung 100G. Untuk jagungnya sisakan 3 untuk tidak jual, karena nanti akan ada event dimana Kai akan datang kepadamu untuk membeli jagung. Event tersebut akan berlangsung pada tanggal 15. Nanti akan ada 3 pilihan mengenai harganya, pilih yang paling murah. Tidak apa-apa rugi juga, nanti Kai akan senang denganmu dan menjadi temanmu. Jika kamu memilih harga yang paling mahal, dia tidak akan menganggapmu sebagai teman dan tidak jadi membelinya. Pergilah ke area Hot Spring (pemandian air panas) dan Woodcutter’s House (rumah Gotz) untuk mengambil tanaman rumput merah. Jual tanaman tersebut kedalam bin. Lakukan setiap hari. Belilah 3pcs bibit rumput. Tanam bibit tersebut secara merata setiap petaknya (tidak terpisah), siram dengan rutin sampai tumbuh. Jika sudah lebat biarkan saja, jangan dipotong. Kalau Popuri sudah memiliki hati ungu kepadamu, maka nanti dia akan datang dan memberikanmu sebutir telur (jangan dijual, dimakan, apalagi dibuang!), taro telur tersebut diatas indikator yang terdapat didalam kandang ayam. Beberapa hari kemudian telur tersebut akan menetas, berikan nama anak ayan tersebut Popuri, karena ini akan membuat Popuri senang nantinya. Keesokan harinya Popuri akan datang untuk melihat anak ayam tersebut, dia akan sangat senang nantinya karena kamu menetaskan telur tersebut dan memberinya nama Popuri. Karena itu Popuri akan memberikan Ayam tersebut kepadamu. Rawat ayam tersebut dengan baik, beri pakan dan banting dengan rutin setiap harinya. Kalo gak sanggup beli pakan silahkan menggunakan hasil panen jagung mu sebagai pakannya, caranya dengan melemparkan jagung ke arah generator air yang berada disamping kandang ayam. Kalo gak sanggup juga, silahkan taro ayam tersebut di area perkebunanmu dengan memberikannya pagar dari lumber (kayu). Nanti ayam akan otomatis mencari makanannya sendiri, dengan kata lain kamu tidak perlu repot2 memberikannya pakan. Kalau pagar kayu sudah tinggal setengah karena dimakan rayap, segera ganti yang baru. Kenapa harus memberikannya pagar dari kayu, kenapa tidak dari batu saja yang sudah pasti tidak bisa dimakan rayap? Jadi gini, saya menyuruh kamu menggunakan kayu karena ada alasannya. Kalau kamu membuat pagar menggunakan batu, maka anjing liar masih bisa menakuti ayam tersebut. Emang kamu mau nanti ayamnya mati digigit anjing liar kaya ayamnya Rick. Masih soal ayam. Jika ayam sudah mulai bertelur, jangan jual telur ayam tersebut. Taro telur tersebut diatas indikator sampai menetas. Lakukan hal tersebut sampai kamu mempunya lima ekor ayam. Jika sudah mempunya lima ekor ayam, barulah hasil telur ayam-ayam tersebut kamu jual. Jika kamu sudah memiliki cukup kayu dan uang, silahkan pergi ke Woodcutter’s House (rumah Gotz) dan bicaralah kepada Gotz. Mintalah dia untuk mengupgrade kandang ayammu. Usahakan agar kandang ayam sudah terupgrade di musim summer ini.

Keterangan: Musim ini penghasilanmu sudah bertambah lebih banyak dari musim sebelumnya, kamu juga sudah mempunyai beberapa ekor ayam dan kandang ayam sudah terupgrade.

Fall Season, Year 1 :

Ambillah 3 buah apel yang terjatuh dibawah pohon apel milikmu dan tentunya madu juga, jual itu semua kedalam bin. Sambil membawa keranjang, pergilah ke area Hot Spring (pemandian air panas) untuk mengambil 1 tanaman rumput hijau dan 1 jamur, lalu pergi ke Woodcutter’s House (rumah Gotz) untuk mengambil 1 tanaman rumput hijau, 2 jamur, dan 1 jamur beracun. Lalu pergilah ke Base of Mother’s Hill untuk mengambil 2 anggur, 1 trufle, dan 1 jamur. Masukkan semuanya kedalam keranjang dan jual itu semua kedalam bin. Lakukan hal tersebut setiap hari. Dan ini adalah alasan kenapa saya tidak menyuruh kamu sama sekali untuk memotong rumput liar yang ada di area perkebunanmu. Saat fall, jika kamu sudah berteman dengan Gray, dia akan datang kerumahmu dan meminta bantuanmu. Apapun yang dia katakan jawab saya iya/silahkan/boleh (event ini akan terjadi selama 3hari berturut-turut). Ketika event sudah selesai, Gray akan datang dan berkata kalau dia sudah membersihkan semua rumput liar yang ada di area perkebunanmu sebagai ucapan terimakasih atas bantuan yang kamu berikan padanya. Belilah beberapa bibit kentang manis, tanam dan siram sampai panen. Jual hasil panen tersebut kedalam bin. Belilah 3pcs bibit rumput, tanam secara merata dan siram sampai tumbuh. Jika rumput sudah tumbuh lebat, biarkan saja tidak usah dipotong. Sekarang kamu sudah memiliki ladang rumput dengan ukuran 3×3 petak. Berikanlah pagar menggunakan batu disekeliling rumput tersebut. Belilah 1 ekor sapi dan domba, kemudian taro sapi dan domba tersebut diluar kandang, tepatnya di atas ladang rumput yang sudah diberikan pagar batu. Rumput disini berguna sebagai pakan untuk sapi dan domba tersebut. Rawat sapi dan domba dengan benar, caranya adalah dengan mengajaknya berbicara lalu menyikatnya menggunakan brush. Cukur bulu domba menggunakan Clippers (gunting) dan perah susu sapi yang sudah dewasa menggunakan Milker (Pemeras). Kedua alat tersebut bisa kamu beli di Blacksmith (pandai besi). Jual susu dan bulu domba tersebut kedalam bin. Usahakan untuk selalu memperluas area yang ditanami rumput sedikit demi sedikit, agar ladang rumput menjadi cukup luas, sehingga mampu menampung banyak sapi dan domba. Jika kamu sudah berteman baik dengan Rick, kandang ayam sudah diupgrade, dan sudah memiliki 5 ekor ayam, Rick akan datang dan meminta bantuanmu. Dia memintamu untuk merawat ayamnya yang berjumlah 3 ekor selama beberapa hari. Iya kan permintaan tersebut, maka sebagai imbalannya kamu bisa menjual telur-telur yang dihasilkan ayam tersebut selama kamu merawatnya. Jika kamu memiliki uang dan kayu yang cukup, mintalah Gotz untuk mengupgrade kandang sapi dan domba mu. Usahakan juga kamu sudah mengupgrade rumahmu ketahap 2 dimusim ini.

Keterangan: Musim ini penghasilmu sudah lebih banyak dari musim-musim sebelumnya, kamu juga sudah mempunya sapi dan domba, dan mungkin ayam juga sudah bertambah banyak.

Winter Season, Year 1 :

Masukkan semua hewan ternak yang berada diluar kedalam kandangnya masing-masing. Belilah pakan ternak yang cukup selama semusim. Khusus musim ini, pergilah menambang di Winter Mine yang terdapat ditengah-tengah danau yang membeku di Base of Mother’s Hill. Jangan lupa untuk membawa keranjang. Jika kamu mempunyai uang yang cukup, pergilah temui Gotz di Woodcutter’s Hous dan mintalah untuk mengupgrade rumah mu ketahap akhir, dan mintalah untuk membuatkan mu rumah kaca. Upgrade beberapa peralatan yang menurut kamu penting terlebih dahulu. Cangkul, Parang, dan Penyiram. Tanamlah beberapa bibit didalam rumah kaca tersebut, dan beberapa petak untuk bibit rumput. Bibit rumput dapat mencegah rumah kaca hancur dari serangan badai. Cara lain agar rumah kaca tidak hancur ketika ada badai adalah dengan cara menaruh anjing mu kedalam rumah kaca. Jual hasil panen tersebut kedalam bin. Jika rumah sudah terupgrade, maka kamu sudah pasti memiliki lemari. Kumpulkan semua batu yang terdapat di area perkebunanmu dan simpan kedalam lemari. Batu disini bisa digunakan sebagai salah satu bahan resep masakan. Sering-seringlah memancing dan menambang dimusim ini. Hasil pancingan bisa kamu jual atau simpan didalam lemari es. Kamu tidak bisa menaruh ikan didalam kolam dikarenakan kolam membeku. Sempatkan untuk mengambil event Cliff pingsan, badai digunung, dan bunga kebahagiaan dimusim ini.

Catatan: Usahakan untuk menambang dan memancing setiap hari. Jika kamu sudah memiliki 50 ikan didalam kolam, Greg akan datang dan memberikanmu pancingan besar.

Kesimpulan: Panduan Lengkap Main Harvest Moon Back to Nature

Rawat hewan ternak dengan baik. Berikan mereka pakan dan kebutuhan lainnya. Jika hari sedang hujan masukkan hewan ternak kedalam kandang. Hindari menaruh dan meninggalkan hewan diluar kandang jika hari berikutnya akan terjadi badai. Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi pastikan untuk melihat saluran TV Ramalan Cuaca setiap hari.

Bertemanlah dengan semua orang yang ada di desa. Ajak bicara dan berikan mereka hadiah kesukaan terutama pada saat mereka berulang tahun.

Untuk tahun kedua dan seterusnya, saya rasa kamu sudah tahu harus melakukan apa yang menurut kamu lebih baik untuk tahun-tahun berikutnya. Itu saja mungkin tips panduan lengkap main Harvest Moon Back to Nature dari DjoNews, semoga bermanfaat dan selamat bermain!!

DjoNews juga punya banyak tips dan trik lainnya, lho!

Bagikan:

Tinggalkan komentar