Panduan Lengkap 2 Cara menggunakan Discord di hp & pc

5 min read

cara menggunakan discord di hp & pc

Cara menggunakan discord sangat perlu untuk diketahui oleh khalayak umum, apalagi sebagai seorang gamer! Tentu gamer tau bahwa discord adalah merupakan aplikasi layanan VoIP yang dirancang untuk komunitas gamer secara khusus dalam komunikasi secara mudah dan gratis.

Meskipun secara umum setiap aplikasi game hampir menyediakan fitur voice chat-nya masing-masing, namun pada kenyataannya banyak dari aplikasi tersebut memiliki kualitas yang tidak mendukung bahkan dapat dikatakan tidak bagus.

Baca Juga;

Sebab itulah komunitas gamer lebih memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk komunikasi ke sesama gamer layaknya Discord.

Kamu juga tertarik untuk menggunakan Discord? Coba simak dulu cara menggunakan discord di hp & pc yang bakalan DjoNews bahas berikut ini:

Cara menggunakan Discord di hp & pc

Bagi kamu yang ingin tahu dengan fitur apa saja yang ditawarkan oleh Discord namun belum memahami cara menggunakan Discord, kamu bisa mengikuti tutorial ini dengan mudah!

Sebab, artikel ini akan membahas sedetil mungkin tentang cara menggunakan discord dari awal pendaftaran sampai menggunakan fitur yang disediakan.

Pada dasarnya cara menggunakan discord baik di hp maupun di pc adalah sama, sebab tampilan yang tak tertaut akan perbedaan yang jauh.

Cara Daftar Discord

Tentu sebelum dapat menikmati fitur yang tersedia, kamu perlu untuk mendaftar akun discord terlebih dahulu.

Dan cara mendaftar akun discord bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Download Discord di hp atau pc kamu.
  2. Buka aplikasi setelah selesai.
  3. Pilih tombol register untuk mendaftar akun discord milikmu.
  4. Isi kolom username dengan nama, email serta password yang kamu miliki dan hafal.
  5. Tekan tombol ‘Create an account’.
  6. Bila proses pendaftaran discord berhasil, kamu akan dibawa menuju halaman utama aplikasi Discord.

Cara Membuat Grup Server Discord

Seperti aplikasi chatting pada umumnya, aplikasi Discord juga dapat membuat grup yang biasa disebut sebagai server untuk komunikasi intens bersama tim mabar kamu.

Cara menggunakan discord dalam game selayaknya PUBG Mobile dan game lain yang memerlukan komunikasi intens, dapat kamu mulai dengan membuat server discord seperti langkah berikut:

Baca Juga:  Fakta Mengejutkan Tentang PUBG

1. Klik ikon ‘tambah’ (+)

Dalam aplikasi Discord, pilih ikon ‘tambah’ (+) untuk membuat server.

2. Pilih opsi ‘create server’.

Setelah kamu klik ikon tambah, kamu perlu memberikan nama dan foto profil. Kemudian klik ‘Create Server’.

3. ‘Share Link’

Klik tombol ‘Share Link’ untuk membagikan link server Discord yang telah kamu buat ke teman mabar kamu via SMS, medsos dan yang lainnya.

5. Tampilan server Discord

Setelah itu, kamu dapat melihat tampilan server discord.

Cara Gabung Server Discord

Setelah kamu bisa membuat server discord, maka kamu juga perlu tahu cara gabung server yang dibuat oleh orang lain, kan?

Di Aplikasi Discord ini kamu pun dapat bergabung dengan server Discord milik mantan, ehh teman, YouTuber Gaming, bahkan server Official layaknya PUBG, lho.

Namun, kamu harus memiliki link server Discord tersebut sebelum dapat bergabung ke dalamnya. Dan bila sudah punya, maka ikutilah langkah berikut ini:

1.Klik ikon ‘tambah’ (+)

Klik ikon tambah lalu pilih opsi ‘Join a server’.

2.Masukkan Link Server

Setelah itu kamu perlu memasukkan link server discord yang kamu miliki ke dalam kolom yang disediakan. Lalu pilih ‘Join server’

3.Tampilan Nama Server Discord

Langkah terakhir kamu hanya perlu menekan tombol ‘Accept Invite’, dalam tampilan layar yang menyuguhkan nama server Discord yang akan kamu ikuti.

Cara Melakukan Voice Discord

Saat mabar dengan teman, apalagi game yang memerlukan ketangkasan waktu seperti PUBG, misal. Tantu diperlukan komunikasi yang lancar agar tim kamu dapat memenangkan pertandingan.

Fitur voice chat dalam aplikasi Discord dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan tim mabar kamu untuk berkomunikasi via suara.

Cara menggunakan Discord untuk bermain game dengan fasilitas voice chat dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut:

1.Pilih Server Discord

Ini agar kamu dapat menggunakan fitur voice chat yang disuguhkan Discord.

2. Pilih General

Pada bagian voice channels, pilih opsi general. Dan user lain yang juga terhubung ke server yang sama akan muncul di bagian bawahnya.

3.’Connect to Voice’

Setelah melakukan tahapan di atas, kamu sudah dapat berkomunikasi bersama anggota server Discord yang kamu ikuti dengan tampilan seperti di atas.

Cara Video Call di Discord

Adapun untuk menggunakan video call di aplikasi Discord, kamu hanya perlu mengetuk ikon ‘Video” di pojok bawah sebelah kiri.

Dan bila kamu menggunakan discord di PC, maka kamu dapat pula mengaktifkan fitur ‘Noise Supression powered by Krisp’ agar suara lebih jernih.

Cara Chatting di Discord

Selain voice chat, Discord juga menyediakan media chat baik di Android, iPhone maupun PC sekalipun. Sehingga memungkinkan kamu untuk dapat berkirim pesan ke anggota lainnya, selayaknya grup aplikasi WhatsApp yang sempat dirumorkan akan berbayar.

Baca Juga:  Penjelasan Macam-Macam Tipe Hero di Game Mobile legends

Cara untuk membalas chat di Discord pun hampir serupa dengan fitur voice chat. Hanya saja pada langkah kedua, kamu perlu memilih opsi ‘#general’ di menu text channel dan kamu pun bisa memulai percakapan dalam chat.

Nama #general pun dapat kamu ubah sesuka hati, menambah bahkan menghapusnya. Baik nama text channel ataupun voice channel yang ada di dalam server milikmu.

Cara Menggunakan Discord Overlay

Dalam menjalankan 2 aplikasi sekaligus, tentu banyak yang perlu diatur agar berjalan dengan normal. Dan akan jadi sangat menyulitkan bila kamu harus berpindah-pindah aplikasi secara terus-terusan.

Beruntungnya bagi para pengguna Discord, ada fitur bernama Overlay yang memungkinkan aplikasi untuk menampilkan kotak dialog chat Discord saat sedang bermain game, baik PUBG, FreeFire, Mobile Legends: Bang Bang, dan yang lain.

Kotak dialog yang ditawarkan Discord ini juga tidak menghalangi pandangan kamu sama sekali, disebut overlay pun karena tampilannya menggunakan transparansi rendah.

Agar kamu dapat menikmati fitur Overlay ini, mari ikuti langkah yang DjoNews jabarkan berikut ini:

1.Klik ikon gear

Di halaman Settings Discord, kamu dapat menemukan ikon Gear di sebelah nama profil.

2. Pilih menu ‘Overlay’

Cari dan pilih Overlay di menu, lalu aktifkan ‘Enable in-game overlay’.

Ingat pula hotkey overlay yang ada di kolom Toggle Overlay Lock. Fungsinya adalah untuk jalan pintas keyboard dalam menampilkan overlay Discord ketika permainan sedang berlangsung.

3. Toggle Setiap Game

Dan jangan lupa untuk mengaktifkan fitur overlay di setiap game yang kamu miliki dengan membuka menu ‘Game Activity’. Lalu, klik ikon toggle overlay pada game yang akan kamu mainkan nantinya hingga status berubah menjadi ON.

Cara Menggunakan Discord dengan Musik

Tak hanya menyuguhkan fitur untuk bisa berkomunikasi saja, ternyata kamu pun bisa menambahkan musik kesukaanmu ke dalam server Discord.

Untuk cara menambahkan musik di Discord ini, kamu memerlukan akses ke situs Hydra Bot dan kamu tidak perlu repot, hanya dengan mengikuti langkah berikut server kamu tidak akan sunyi:

  1. Buka akses situs Hydra Bot, baik melalui browser di hp atau pc.
  2. Setelah terbuka linknya, tekan invite.
  3. Masuk ke akun Discord milikmu.
  4. Akan terbuka tab Add Bot to, maka pilihlah server yang akan kamu beri musik.
  5. Bila berhasil, maka akan tampil tanda checklist (centang).
  6. Buka server Discord yang kamu pilih di langkah awal tadi, maka akan terlihat pesan Hydra Bot yang menunjukkan bahwa penambahan Bot berhasil.
  7. Untuk memulai musik, kamu cukup mengetik pesan “.play Judul_Lagu Nama_Penyanyi”. Diawali dengan titik, kemudian tiap poin dipisah dengan spasi.
  8. Tekan Enter dan tunggu konfirmasi, maka musik akan diputar secara otomatis.
Baca Juga:  Mau Beli Handphone Bekas? Ini 4 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan.

Perlu kamu ketahui bahwa Discord ini bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Namun, kamu pun bisa melakukan upgrade ke Discord Nitro atau lebih biasa terdengar ditelinga sebagai akun premium.

Dengan Discord Nitro kamu akan mendapatkan kelebihan seperti emoji yang lebih beragam, tag username yang bisa kamu ubah semaumu, dan kamu juga bisa bermain game di aplikasi ini.

Cara Share Screen di Discord

Tak mau kalah dengan aplikasi video conference lain seperti Zoom, Free Conference Call, dan lainnya. Discord juga menyuguhkan fitur share screen kepada para usernya melalui server mereka masing-masing.

Dengan ini, akan mempermudah bagi kamu yang medapatkan masalah dalam menangani dengan pembelajaran berupa visual yang tentu mudah dimengerti.

Lalu, bagaimana cara share screen di Discord? Mari ikuti langkah ini:

  1. Buka server Discord milikmu.
  2. Klik ‘Voice Channels’. Pilih tombol ‘Join Voice’.
  3. Pilih menu ikon share screen Discord, lalu pindah ke tampilan atau aplikasi yang ingin kamu bagikan tampilannya.

Bagi pengguna Discord PC, ikon Share Screen berada di bagian bawah tanpa perlu menekan ‘Join Voice’

Kamu sudah berhasil melakukan share screen di Discord. Dan bagi user lain yang ingin melihat, perlu untuk mengikuti langkah berikut:

  1. Buka server Discord yang sama.
  2. Di bagian Voice Channels, klik user yang melakukan share screen (ditandai dengan tulisan LIVE).
  3. Pilih ‘Join Stream’

Macam Perintah Discord

Dibalik banyaknya fitur yang menarik, ternyata Discord pun mempunyai kode-kode perintah khusus yang mempermudah kamu dalam mengakses fitur dengan lebih praktis.

Sepintas kode ini akan terlihat seperti perintah CMD. Namun, apa saja itu? Mari kita simak!

  • @username : Mention user dengan nama panggilan yang telah disetting, sehingga orang itu akan mendapatkan notifikasi pesan.
  • @here / @ everyone : Memberi tahukan kepada setiap user untuk memperhatikan yang kamu anggap penting.
  • /giphy [kata kunci pencarian] : Untuk mencari dan menyisipkan animasi GIF ke dalam server obrolan.
  • /nick [nickname baru] : Untuk merubah nickname kamu yang muncuk dalam server tertentu.
  • /TTS [pesan] : Memberi perintah agar pesan ke server dibaca menggunakan text-to-speech.
  • /spoiler [pesan] : Membuat tabir agar user lain tidak langsung dapat membaca apa yang kamu kirim ke server.
  • /tableflip, /unflip dan /shrug : Untuk menambahkan emoji tertentu ke obrolan.

Kesimpulan : Cara Menggunakan Discord

Dan itulah beberapa cara menggunakan discord di hp maupun di pc. Tentu ini akan membantu kamu yang doyan nge-game, dan memerlukan ruang khusus untuk obrolan khusus.

Tidak hanya karena fitur yang spesial saja yang akan membantu para pecinta game, namun juga karena di Discord terdapat server Official beberapa game, diantaranya ialah PUBG.

Bagikan artikel ini, agar teman-teman kamu juga mendaoatkan manfaatnya. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *