,

Naik, Angka Kemiskinan Akibat Covid-19

oleh -
Naik, Angka Kemiskinan Akibat Covid-19
Naik, Angka Kemiskinan Akibat Covid-19

Djonews.com – Semarang, Akibat menyebarnya Covid-19 di Jawa Tengah angka kemiskinan meningkat seara drastis. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, jumlah penambahan masyarakat miskin sampai Juni 2020 bertambah 301.500 orang.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan 0,83 persen dari total di 2019 lalu yang mencapai 3,68 juta jiwa.

“Penyebab utamanya yaitu adanya pandemi Covid – 19,” ujar Kepala BPS Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono, Kamis (30/7).

Karena kenaikan tersebut menghantarkan Jawa Tengah bertengger di peringkat tiga nasional jumlah penambahan penduduk miskinnya. Peringkat pertama yaitu Jawa Barat yang pertambahannya mencapai 544.300 jiwa.

Sementara jika dilihat dari golongannya, lanjutnya, peningkatan tertinggi kemiskinan tersebut terjadi pada kelompok penduduk sangat miskin. “Ada peningkatan dari penduduk miskin menjadi sangat miskin. Jumlahnya naik sekitar 273 ribu orang,” katanya.

Ia berharap kondisi ini tidak semakin bertambah pada periode survei September 2020 nanti. Sebelumnya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan Pemprov Jateng terus berupaya dalam menekan laju angka kemiskinan.

Salahsatunya yaitu dengan mendongkrak penjualan produk UMKM. Diantaranya dengan memanfaatkan dunia maya. Seperti penggunaan media sosial mulai dari WhatsApp, Facebook, sampai ke Instagram.

Upaya tersebut untuk menggeliatkan kembali UMKM di Jawa Tengah. Seperti diketahui jika Sebagian besar UMKM terdampak di masa pandemi Covid – 19. Khususnya UMKM yang masih mengandalkan pemasaran melalui cara konvensional.lius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *