Musim Penghujan Turun Pada Januari Hingga Februari

oleh

Semarang – Pucak musim penghujan di wilayah Indonesia akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2021. Hal tersebut di prediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang yang melakukan pengecekkan pada wilayah Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko mengatakan, ada beberapa hal yang memengaruhi puncak musim hujan saat ini. Salah satunya adalah fenomena La Nina.

“Saat ini selain puncak musim hujan yang disertai La Nina, ada beberapa kondisi yg menambah potensi pembentukan hujan. Seperti gelombang atmosfer ekuatorial tropis Madden Julian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby yang saat ini aktif di wilayah Indonesia, lalu ada Belokan Angin dan Pusat Tekanan Udara Rendah,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (20/1/2021).

Berita Semarang Cuaca - Hujan deras mengakibatkan wilayah Kaligawe banjir setinggi kurang lebih 30 cm.
Hujan deras mengakibatkan wilayah Kaligawe banjir setinggi kurang lebih 30 cm

Sedangkan menurutnya, untuk puncak musim di wilayah Jawa Tengah terjadi di wilayah Jawa bagian tengah yang memiliki kontur dataran tinggi. Setelah wilayah tengah, lalu merambat ke seluruh wilayah Jateng. Biasanya begitu mas karena daerah tengah banyak yang dataran tinggi. Sehingga prediksinya, puncak musim hujan akan terjadi hingga bulan Februari besok.afm

Baca Juga:  Pasar Karangayu Semarang Di Tutup