, ,

Mulai Beroperasi Daop 4 Semarang

oleh -
pengoperasian KA Daop 4 Semarang

Djonews.com – Semarang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang sudah mengoperasikan kereta api (KA) lokal hari ini Senin (8/6). KA pertama yang akan dijalankan adalah KA Kedungsepur relasi Semarang Poncol – Stasiun Ngrombo.

Sebelumya April lalu, sejumlah KA termasuk KA lokal terpaksa dihentikan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. PT. KAI pun hanya menjalankan kereta luar biasa (KLB) yang sempat diperpanjang sampai Minggu (7/6) kemarin.

“KA Kedungsepur adalah KA lokal PSO yang melayani naik turun penumpang Semarang Poncol, Semarang Tawang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, dan Ngrombo (PP),” kata Manager Humas PT. KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro, Senin (7/6).

Baca Juga :   Lutung Masuk Kampung di Semarang

Kereta Api Semarang di New Normal

KA ini merupakan KA pertama yang dijalankan sesuai protokol new normal. Setiap penumpang yang akan menggunakan KA Kedungsepur pun diwajibkan mematuhi aturan yang diberlakukan. Seperti wajib memakai masker, suhu tubuh maksimal 37,3 derajat dan menjalankan physical distancing di lingkungan stasiun ataupun KA.

“Jika tidak memakai masker ataupun suhu tubuh diatas ketentuan tidak boleh menggunakan transportasi ini,” jelasnya.

Krisbiyantoro menambahkan jika petugas KAI yang melayani pelanggan dan kontak langsung jarak dekat, juga secara disiplin melakukan protokol kesehatanesehatan pencegahan Covid-19 dan assessment sebelum berdinas.

Dengan prosedur yang telah dilakukan tersebut, PT KAI meminta kerjasama kepada calon penumpang untuk cuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk stasiun maupun menggunakan hand sanitizer saat berada di dalam kereta.

Baca Juga :   Sebar Hoax, Warga Semarang Diciduk

PT KAI juga mengharapkan kepada pemerintah daerah atau pemerintah tingkat desa untuk lebih waspada mengelola perlintasan sebidang di wilayahnya agar terciptanya keselamatan perjalanan kereta api dan keselamatan penggunaan jalan. Pasalnya KA Kedungsepur dalam sehari akan jalan 4 kali atau 2 trip PP.

“KA Kedungsepur akan berangkat dari stasiun Semarang Poncol pukul 06.20 Tiba di Stasiun Ngrombo pukul 08.15 dan berangkat Stasiun Ngrombo pukul 10.00 Tiba di Stasiun Poncol pukul 11.43. Untuk keberangkatan siang, dari Stasiun Poncol pukul 14.10 Tiba di Stasiun Ngrombo pukul 15.53 dan berangkat Stasiun Ngrombo pukul 17.00 Tiba di Stasiun Semarang Poncol pukul 18.40,” paparnya.

Rencananya akan beroperasi hari ini sampai 30 Juni mendatang, dengan memberlakukan kapasitas tempat duduk atau okupansi maksimal 50 persen dari 136 tempat duduk yang ada. “Hanya disediakan 68 tempat duduk saja sekali jalan,” ujarnya.andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *