Miliki Darah AB, Dilarang Donor

  • Bagikan
Seorang pendonor memberikan darahnya kepada petugas PMI Kendal, Selasa (27/9/2022).(dok:Fauzi Rohmat)

Djonews.com, KENDAL – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal menggelar bakti sosial berupa donor darah di Aula Kecamatan Gemuh pada Selasa (27/9/2022). Hal tersebut merupakan rangkaian acara dari HUT PMI Ke- 77 tahun 2022.

Petugas pelayanan donor darah dr Agus Suwondo mengungkapkan, saat ini pihaknya tidak menerima donor darah dari golongan AB. Sebab golongan dara ini termasuk susah dicari.

“Untuk saat ini memang kami melayani donor darah untuk warga yang mau menyumbangkan darahnya. Kecuali untuk golongan darah AB,” katanya.

Dikatakan saat ini jumlah pasokan darah AB di PMI Kendal sebanyak 38 kantong dan jumlah ini terlalu banyak sebagai persediaan.

“Angka normalnya paling 20-25 kantong saja, sekarang ini sudah ada 38 kantong jadi sudah terlalu banyak menurut hitungan kami,” imbuhnya.

Kondisi seperti ini diakibatkan pasien dengan golongan darah AB memang sangat jarang dan khawatir jika dilayani donor darah justru akan mubadzir mengingat ada batas waktu penyimpanan kantong darah.

“Jadi kita sarankan untuk disimpan dulu didalam tubuh yang lebih awet, dibandingkan diambil saat donor darah jika tidak terpakai jadi kadaluarsa dan sia-sia,” terang dr Agus.

Nantinya warga yang mempunyai golongan darah AB bisa mendonorkan darahnya saat dibutuhkan saja atau ada bencana yang membutuhkan pasokan darah AB dalam jumlah besar.

Saat ini pasokan darah di PMI Kendal cukup banyak, golongan darah A ada 75 kantong, golongan darah B sebanyak 41 kantong, darah O paling banyak hingga 221 kantong dan darah AB sudah ada 38 kantong.

“Untuk jadwal donor darah diluar kantor PMI selalu rutin dilaksanakan dan seminggu bisa 4-6 kali dilokasi berbeda. Bahkan hari minggu ini ada dua lokasi donor darah,”imbuhnya.(Fauzi Rohmat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising