,

Mengenal UPS: Pengertian, Cara Kerja, Komponen, Jenis-Jenis UPS, Manfaat dan Keuntungan Menggunakan UPS

oleh -
Mengenal UPS: Pengertian, Cara Kerja, Komponen, Jenis-Jenis UPS, Manfaat dan Keuntungan Menggunakan UPS
Mengenal UPS: Pengertian, Cara Kerja, Komponen, Jenis-Jenis UPS, Manfaat dan Keuntungan Menggunakan UPS

Mengenal UPS: Pengertian, Cara Kerja, Komponen, Jenis-Jenis, Manfaat dan Keuntungan Menggunakan UPS – Dalam perkembangan teknologi informasi di era sekarang ini sangatlah cepat termasuk dalam bidang elektronik.

Salah satu perkembangan yang cepat yaitu perkembangan dari perangkat yang berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan daya listrik alternatif yaitu UPS.

Dalam postingan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai definisi dari UPS, cara kerja komponen, jenis-jenis, manfaat dan keuntungan menggunakan UPS.

Pengertian UPS

Pengertian UPS adalah

UPS kepanjangan dari Uninterruptible Power Supply, yangmana kalau dalam bahasa Indonesia disebut dengan suplai daya bebas gangguan.

Pengertian dari UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah suatu perangkat elektronik yang dapat menyimpan dan menyediakan daya listrik cadangan (sementara) pada saat peralatan elektronik yang terhubung dengan UPS tersebut kehilangan daya listrik dari sumber utamanya secara tiba-tiba.

Perangkat UPS ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengatur arus listrik yang diterima oleh perangkat elektronik menjadi lebih stabil. Dengan adanya perangkat UPS maka peralatan elektronik yang terhubung dengannya akan menjadi lebih aman dari kerusakan akibat dari arus listrik yang tidak stabil atau tiba-tiba terputus.

Akan tetapi, perangkat dari penggunaan UPS ini hanya dapat menyediakan daya listrik dalam jangka waktu yang memanglah relatif singkat. Sebuah perangkat Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan daya 600 watt saja pada umumnya bisa memberikan daya listrik pada sebuah perangkat elektronik dengan kebutuhan daya 400 watt hanya sekitar 10 sampai 17 menit saja.

Fungsi UPS Pada Instalasi Listrik

Dari penjelasan definisinya dapat kita pahami bahwa UPS memiliki fungsi yang sangat penting bagi perangkat elektronik. Adapun beberapa fungsi UPS adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Cadangan Listrik Sementara

Fungsi utama dari sebuah UPS adalah untuk memberikan daya listrik cadangan pada peralatan elektronik (misalnya komputer, kulkas, TV, dan lainnya) ketika sumber listrik utama padam.

Sebuah UPS mampu untuk dapat menyimpan daya listrik dengan kapasitas daya listrik tertentu sehingga dapat digunakan sebagai penyuplai daya listrik sementara pada peralatan elektronik yang terhubung dengannya. Dengan keadaan demikian, maka peralatan elektronik tersebut tidak akan langsung mati ketika listrik terputus secara tiba-tiba.

Halaman: Awal |1 | 2 | 3 | . | | Akhir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *