Mengenal Fitur, Fungsi, Keunggulan serta Cara Menggunakan Google Classroom!

oleh -
Ilustrasi Google Classroom

DjoNews.com – Sejak pandemi COVID-19 melanda dan hampir melumpuhkan kegiatan seluruh negara di dunia dan setiap kegiatan sosial serta aktivitas ekonominya.

Kini Indonesia pun tengah memberlakukan peringatan dan pelarangan untuk keluar, bekerja maupun bersekolah secara sembarangan dengan tanpa menjalankan protokol kesehatan.

Sehingga muncullah banyak istilah layaknya work from home atau learning at home.

Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, sebagian besar pelajar di seluruh Indonesia masih harus belajar dari rumah. Sebab, pandemi Covid-19 tak kunjung mereda.

Tentunya bagi siswa, peraturan ini akan mempengaruhi proses belajar mereka terlebih lagi bagi siswa yang berada di tahun akhir sekolah, yang tentunya lebih memerlukan banyak waktu belajar.

Namun demikian pemerintah Indonesia telah benar-benar meniadakan ujian nasional, dan tetap meminta masyarakat agar tetap berada dirumah untuk memutus dan membantu memperpendek rantai penyebaran COVID-19.

Beberapa sekolah pun memanfaatkan berbagai platform untuk menunjang aktivitas belajar mengajar di rumah. Sebab ini menjadi tuntutan para guru dan juga dosen untuk tetap mengasuh anak didik mereka.

Salah satu cara yang banyak digunakan ialah dengan menggunakan platform media online layaknya Google Classroom.

Platform ini mulai populer di kalangan pendidik dan peserta didik sejak awal tahun 2020, tepatnya sejak imbauan untuk belajar dari rumah karena pandemi.

Namun, jika kamu termasuk dari bagian orang baru dalam teknologi daring yang mungkin belum familiar dengan Google Classroom.

Mari simak ulasan DjoNews tentang panduan singkat bagaimana cara menggunakan Google Classroom serta mengenal fitur, fungsi, dan keunggulan yang tersedia di dalamnya.

Mengenal Apa itu Google Classroom

Google Classroom sebuah aplikasi untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara online yang dapat kamu gunakan secara gratis.

Tenaga pendidik dapat membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas atau mengundang para siswanya.

Google Classroom ini bertujuan guna membantu setiap ruang lingkup pendidikan yang akan menunjang siswa dalam mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran serta membuat tugas tanpa perlu menghadiri kelas.

Tujuan utama dari Google Classroom sendiri, ialah untuk memudahkan proses dalam berbagi file antara guru dan murid, dengan cara Google Classroom menggandeng Google Drive untuk proses dalam pembuatan dan pendistribusian tugas, layaknya Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan.

Siswa dapat diundang agar bergabung dengan kelas melalui kode pribadi yang terbuat saat tenaga pendidik membuat kelas, atau secara otomatis dapat ter-import dari domain sekolah.

Baca Juga :   Tips Merawat Smartphone Supaya Awet dan Tahan Lama

Setiap kelas dapat membuat folder secara terpisah di Drive-nya masing-masing, dengan begitu murid dapat mengirimkan tugas kerja-nya untuk dinilai oleh tenaga pendidik.

Aplikasi ini pun tersedia untuk para pengguna perangkat iOS maupun Android yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan melampirkan tugasnya, berbagi file dari aplikasi lain dan mengakses informasi secara online.

Tenaga Pendidik pun dapat memantau kemajuan dari setiap muridnya, dan setelah dinilai, para tenaga pendidik dapat kembali bekerja bersama dengan menggunakan fitur komentar.

Cara Akses Menggunakan Google Classroom

Pertama-tama, siswa harus log-in lebih dulu menggunakan akun Gmail. Kemudian, klik ikon menu aplikasi Google yang ada di sebelah kiri foto profil.

Gulir ke bawah sampai menemukan aplikasi “Classroom”. Setelah laman Clasroom terbuka, klik tombol “tambah” yang ada di sebelah kiri menu aplikasi Google. Lalu, pilih gabung kelas.

Klik tambah untuk gabung ke kelas baru. Riwayat kelas akan tersimpan otomatis.

Setelahnya, masukan kode yang telah dibagikan guru. Guru juga bisa membagikan tautan atau link Google Classroom di mana siswa bisa langsung mengklik tautan tersebut untuk gabung ke kelas. Nantinya, riwayat kelas akan tersimpan otomatis.

Apa Saja Fitur dalam Google Classroom?

Google Classroom menghadirkan kemudahan layaknya aplikasi Google lainnya, seperti G Drive, G Docs, Sheets dan Slides. Meski begitu, hadirnya Google Classroom memberikan berbagai fitur yang akan menunjang proses pembelajaran secara online dengan cara menggunakan yang mudah.

Fitur Tugas

Tugas yang diunduh akan tersimpan lalu kemudian dapat dinilai dengan sinkronisasi yang telah Google buat dengan memberi akses ke Google Drive.

Cara ini akan memberikan kemudahan, sebab file Drive milik Pendidik dapat dijadikan sebagai template (format baku) tugas, dengan begitu para murid atau siswa dapat mengedit dan mengerjakan tugas tanpa perlu repot membuat format yang serupa. Dan setelah selesai, para murid dapat mengirim tugas kemudian akan diberikan nilai.

Fitur Penilaian

Google Classroom mendukung berbagai macam cara untuk memberikan penilaian. Pendidik memiliki opsi untuk memantau kemajuan setiap siswa dengan tugasnya menggunakan komentar serta mengeditnya.

Tugas yang telah murid ubah sebagai bentuk pengerjaannya dapat dinilai oleh pendidik lalu dikembalikan beserta komentar agar murid dapat merevisi tugasnya dan dikembalikan lagi kepada pendidik.

Perlu untuk diketahui bahwa setelah mendapatkan nilai, tugas hanya dapat diedit oleh pendidik kecuali beliau mengembalikan tugas untuk diedit murid kembali.

Fitur Komunikasi

Pendidik dapat membuat pengumuman yang bisa dilihat serta dikomentari oleh para murid, dengan begitu kemungkinan komunikasi dua arah antara murid dan pendidik akan terbangun.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Main Ome TV di Android dan Laptop

Murid pun juga bisa membuat posting di kelas, namun prioritasnya tak seperti postingan dari pendidik.

Berbagai jenis media dari anakkan Google layaknya YouTube dan Google Drive bisa juga dilampirkan ke dalam pengumuman dan post demi kemudahan dan kenyaman dalam proses pembelajaran.

Gmail juga menyediakan opsi email bagi pendidik untuk mengirim email ke satu atau lebih murid di antarmuka Google Classroom. Kelas pun bisa dengan mudah diakses melalui web ataupun aplikasi seluler Android dan iOS.

Fitur Laporan

Fitur Laporan orisinalitas ini diperkenalkan pada bulan Januari 2020, fitur ini memungkinkan pendidik dan murid untuk mengkoreksi bagian dari karya tulis yang diajukan yang berisi kata-kata yang persis atau mirip dengan karya dari sumber lain.

Bagi murid, fitur ini akan memberikan sorotan bahan dari sumber dan juga tanda kutip yang hilang untuk membantu murid dalam meningkatkan kualitas karya tulis mereka.

Pendidik juga dapat melihat laporan orisinalitas, memungkinkan kemudahan bagi para pendidik dalam memverifikasi integritas akademik dari karya tulis murid yang disampaikan.

Fitur Arsip Materi

Ruang Kelas memungkinkan pendidik untuk mengarsipkan materi pada akhir semester atau akhir tahun. Ketika sebuah materi diarsipkan, maka materi tersebut akan dihapus dari beranda lalu ditempatkan di menu Arsip Kelas, demi membantu para pendidik mengatur kelas mereka.

Saat sebuah materi diarsipkan, pendidik dan murid dapat melihatnya, namun mereka tidak akan bisa mengubah sampai materi itu dikembalikan terlebih dahulu.

Aplikasi seluler

Aplikasi seluler Google Classroom, diperkenalkan pada Januari 2015, Google menyediakan untuk perangkat iOS dan juga Android.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan melampirkannya ke dalam tugas, berbagi file dari aplikasi lain, dan juga mendukung akses secara offline.

Keamanan Pribadi

Berbeda dengan layanan konsumen Google, Google Classroom, sebagai bagian dari G Suite for Education, tidak menampilkan iklan apa pun dalam antarmuka untuk murid, dosen, guru, dan para pengguna.

Data pengguna pun tidak dipindai layaknya layanan Google yang lainnya untuk digunakan sebagai acuan target periklanan.

Kesimpulan dan Penutup

Setelah mengenal fitur, fungsi, dan keunggulan dari GoogleClassroom serta mengetahui cara menggunakan fungsi fitur Google Classroom diatas.

Menggunakan aplikasi dari salah satu layanan Google ini menjadi pilihan bagi banyak sekolah, universitas dan lembaga pendidikan lainnya di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Karena para peserta kelas tidak lagi perlu untuk keluar dari rumah untuk beraktivitas belajar ke kelas.

Selain itu, Google Classroom masih memiliki banyak fitur yang praktis, efisien dan terjamin keamanannya.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Rumah-Rumahan Kardus

Kelas pembelajaran akan tetap tersimpan meski berjalan secara online, dan interaksi pendidik serta murid juga dapat terjalin dengan baik. Pembelajaran akan jauh lebih mudah, mengingat Google Classroom juga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Pembagian materi pembelajaran juga akan lebih ringkas, rapih dan tertata. Tugas kerja siswa dan penilaian pun akan lebih transparan.

Para siswa juga dapat menyapa dan bekerja sama dalam mengerjakan tugas dengan teman sekelas mereka, layaknya saat berada di kelas yang sebenarnya.

Setelah bergabung, akan muncul tampilan halaman kelas serta mata pelajaran. Di sini, siswa dapat melihat materi, tugas, atau informasi lain dari guru. Halaman tersebut akan menampilkan judul mata pelajaran yang sedang diikuti dan nama guru pengampu.

Di sisi kiri terdapat kolom tugas yang akan datang dan tigas apa yang sudah masuk batas pengumpulan hari ini (deadline). Di atas header atau judul mata pelajaran, ada tiga menu utama yakni forum (stream), tugas (classwork), dan anggota (people).

Tampilan muka Google Classroom setelah berhasil bergabung dalam kelas mata pelajar tertentu.

Menu forum bisa digunakan sebagai wadah diskusi antara guru dan murid. Guru juga bisa melempar suatu topik dan para siswa bisa melempar pendapatnya melalui kolom komentar. Di menu ini, murid juga bisa mengunduh materi yang dibagikan guru.

Lalu di menu classwork, siswa bisa melihat tugas-tugas apa saja yang diberikan guru. Seperti menjawab kuis yang diberikan atau mengumpulkan tugas.

Apabila ingin mengirim tugas, klik opsi “tambah atau buat” yang ada di sisi kanan layar. Kemudian pilih opsi sesuai format file tugas yang akan dikirim, apakah berbentuk tautan, atau lampiran file atau membagikannya via Google Drive.

Sebelum tugas diunggah, siswa bisa mengecek lebih dulu tugasnya dengan mengklik lampiran. Jika sudah yakin, klik hand in atau “serahkan” untuk mengirimkan tugas.

Siswa bisa membatalkan kiriman tugas apabila mendadak ragu atau file yang diunggah keliru. Apabila ada yang kurang jelas terkait tugas, siswa bisa bertanya di kolom komentar kelas. Jika malu-malu, bisa bertanya kepada guru di kolom komentar privat.

Terakhir adalah menu people. Di sini, siswa bisa melihat siapa saja teman-teman kelas dan guru yang bergabung.

Dengan cara ini siswa dapat menggunakan segenap fitur yang disuguhkan oleh Google melalui platformnya yang diberi judul Classroom ini.

Siswa bisa mengirimkan e-mail ke salah satu anggota dengan mengklik logo amplop putih di sisi kanan. Logo tersebut akan mengarah ke laman Gmail, di mana siswa bisa mengirim e-mail pribadi ke teman atau guru.

Mudah bukan? Selamat belajar di rumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *