Mengenal Bagian-Bagian Dari CorelDRAW Beserta Kegunaannya

oleh -
Mengenal Bagian-Bagian Dari CorelDRAW Beserta Kegunaannya
Mengenal Bagian-Bagian Dari CorelDRAW Beserta Kegunaannya

Mengenal Bagian-Bagian Dari CorelDRAW Beserta Kegunaannya – Siapa yang tidak mengenal dengan software CorelDraw ini? Tentu saja seorang editor pasti mengenal software CorelDRAW ini.

CorelDRAW adalah sebuah program komputer yang berfungsi untuk editing pada garis vektor. Program CorelDRAW ini dibuat oleh Corel, yaitu sebuah perusahaan software yangmana berkantor pusat di Ottawa, Kanada.

Corel Draw memanglah mempunyai kegunaan untuk mengolah gambar, oleh sebab itu software ini banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan bahkan pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Software CorelDraw sendiri memanglah mempunyai banyak versinya, seperti CorelDRAW X4,X5,X6,X7 bahkan yang terbaru yait CorelDRAW X8.

Suatu program yang baik pastinya mempunyai berbagai macam keunggulan yang signifikan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari program Corel Draw antara lain adalah sebagai berikut:

  • Di Software CorelDraw ini Gambar yang dihasilkan dengan vektor dapat dipres pada tingkat yang paling rendah, namun untuk hasilnya sendiri tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
  • Penggunaan dari Corel Draw terutama pada tool-tool yang ada di dalam CorelDRAW sendiri sangat mudah untuk dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama kalinya menggunakan software ini.
  • Software multimedia CorelDRAW memanglah sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
  • Banyaknya dari pengguna software multimedia CorelDRAW, membuat adanya berbagai macam komunitas dengan jumlah anggota yang sangatlah besar. Hal ini akan membudahkan kita untuk dapat mempelajari Corel Draw lebih mendalam lagi karena memang banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang dibagikan oleh pengguna CorelDRAW yang lain.

CorelDRAW tentu saja mempunyai lembar kerja atau bagian-bagian menu yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Dalam aritkel ini maka kami akan menjelaskan mengenai Bagian-Bagian Dari CorelDRAW Beserta Kegunaannya.

Menyalinkode AMP

Bagian-Bagian Program CorelDraw Beserta Penjelasnnya

Bagian-Bagian Program CorelDraw Beserta Penjelasnnya
Bagian-Bagian Program Kerja CoreDRAW

Bagian – bagian pada Corel draw tidak terlalu banyak kurang lebih 15 bagian yang ada.

1. Toolbox

ToolboxAdalah panel alat (Tool) yang digunakan untuk membuat, mengolah, dan memodifikasi objek yang kita gambar.

Baca Juga : Macam-Macam Toolbox Pada CorelDRAW dan Fungsinya Beserta Gambar

2. Document Tab

Document Tab Adalah sebuah Tab yang menampilkan dokumen yang sedang kita kerjakan (kita buka) dan dapat mempermudah kita dalam perbindah dari dokumen satu ke dokumen lainnya.

3. Title Bar

Title Bar adalah Area atau tempat yang menampilkan judul dari dokumen yang sedang kita kerjakan.

4. Menu Bar

Menu Bar adalah Area yang menampilkan menu option untuk kebutuhan file Corel kita.

5. Toolbar

Toolbar adalah Bagian yang berisi shortcut dari menu dan beberapa tombol perintah lainnya.

6. Property Bar

Property Bar Berisi tombol perintah dari suatu objek yang sedang aktif, misalnya: kita sedang membuat sebuah tulisan atau text, maka property bar akan menampikan tombol-tombol yang berisi pengaturan tulisan atau teks.

7. Drawing Window

Drawing Window adalah Area diluar Drawing Page ini befungsi untuk dapat mempermudah dalam membuat gambar dalam jumlah tertentu atau dalam ukuran besar, karena bisa kita scroll untuk melihat keseluruhan area lembar kerja kita.

8. Docker

Docker adalah Jendela yang menampilkan informasi pengaturan seputar alat (Tool) yang sedang kita gunakan.

9. Rulers

Rulers adalah Garis pengukur horisontal dan vertikal yang berfungsi untuk mengetahui posisi objek yang sedang kita gambar.

10. Document Palette

Document Palette adalah Area yang menampilkan warna yang kita gunakan dalam dokumen yang sedang aktif.

11. Document Navigator

Document Navigator adalah Panel yang digunakan untuk berpindah jendela kerja dan dapat mengkontrol perpindahan halaman serta menambah halaman dalam satu file CorelDRAW.

12. Drawing Page

Drawing Page adalah Area yang digunakan untuk mengolah objek gambar dan merupakan area untuk pencetakan gambar.

13. Status Bar

Status Bar adalah Area yang menampilkan informasi dari objek yang aktif, seperti informasi ukuran, warna, dan resolusi.

14. Navigator

Navigator adalah tombol yang berfungsi untuk mengkontrol tampilan jendela kerja seperti menggeser kekanan atau kekiri dan juga untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja kita.

15. Color Palette

Color Palette adalah bagian yang menampilkan daftar pilihan warna yang dapat kita gunakan untuk mewarnai objek yang kita buat.

Penutup

Sekian postingan artikel dari kami yang membahas mengenai mengenal lembar kerja CorelDRAW, Bagian-Bagian dari CorelDRAW. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Menyalinkode AMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *