,

Mengenal Bagian-Bagian Adaptor Dan Jenis-Jenis Adaptor

oleh -
Bagian-Bagian Adaptor Dan Jenis-Jenis Adaptor
Bagian-Bagian Adaptor Dan Jenis-Jenis Adaptor

Mengenal Bagian-Bagian Adaptor Dan Jenis-Jenis Adaptor – Dunia sudah begitu berkembang sangat cepat, termasuk dalam bidang elektronik yang disebut yaitu sebagai pengubah arus AC menjadi DC yaitu adaptor.

Dalam postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pengertian Adaptor Beserta Fungsi dan Kegunaannya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas Bagian-Bagian Adaptor Dan Jenis-Jenis Adaptor.

Bagian-bagian adaptor

Perlu Anda ketahi bahwa pada sebuah adaptor mempunyai beberapa bagian atau blok yaitu trafo (transformator), rectifier (penyearah) dan juga filter. Nah pada blok-blok itulah yang menjadi bagian-bagian dari adaptor.

Berikut ini adalah penjelasan dari bagian-bagian Adaptor:

1. Trafo ( Transformator )

Bagian adaptor Trafo step down pada adaptor
Trafo step down oada adaptor

Trafo Adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menurunkan atau menaikan tegangan  AC sesuai kebutuhan. Pada sebuah perangkat adaptor, trafo yang digunakan adalah trafo yang berjenis step down atau trafo penurun tegangan.

Trafo tediri dari 2 bagian yaitu bagian primer dan bagian sekunder, pada masing-masing bagian terdapat lilitan kawat email yang jumlahnya berbeda. Untuk trafo step-down, jumlah lilitan primer akan lebih banyak daripada jumlah lilitan sekunder.

Baca Juga :   Cara Mengambil Gambar Dari File PDF Dengan Menggunakan Adobe Photoshop

Lilitan Primer pada trafo merupakan input dari pada Transformator sedangkan untuk Output-nya sendiri adalah pada lilitan sekunder. Walapun tegangan sudah diturunkan, output dari Transformator masih akan tetap berbentuk arus bolak-balik (arus AC) yang nantinya harus diproses selanjutnya.

2. Rectifier (Penyearah)

bagian adaptor rectifier (pengarah) pada adaptor
rectifier (pengarah) pada adaptor

Dalam rangkaian adaptor atau catu daya, tegangan yang sudah di turunkan oleh trafo, arusnya masih berupa arus bolak-balik atau AC. Sebab arus yang diperlukan oleh rangkaian elektronika adalah arus DC sehingga arus haruslah disearahkan terlebih dahulu.

Bagian-bagian dari adaptor yang berfungsi untuk dapat menyearahkan arus AC menjadi DC pada adaptor disebut dengan istilah rectifier atau penyearah gelombang . Rangkaian dari komponen Rectifier biasanya terdiri dari komponen Dioda. Pada rangkaian adaptor rangkaian rectifier ini terdiri dari 2 jenis komponen yaitu:

a. Half Wave Rectifier

Half Wave Rectifier ini menggunakan 1 perangkat dioda penyearah.

bagian adaptor Half Wave Rectifier 1 dioda penyearah
image source :electronics-tutorials.ws

b. Full Wave Rectifier

Full Wave Rectifier menggunakan 2 perangkat atau 4 perangkat dioda penyearah.

Baca Juga :   Perbedaan Dari Video Kualitas HD dan SD
bagian adaptor Full Wave Rectifier 4 dioda penyearah
image source: electronics-tutorials.ws
bagian adaptor Full Wave Rectifier 2 dioda penyearah
image source: electronics-tutorials.ws

3. Filter (Penyaring)

bagian adaptor filter pada adaptor

Bagian dari adaptor ketiga yaitu Filter, Filter sendiri adalah bagian yang berfungsi untuk dapat menyaring atau meratakan sinyal arus yang keluar dari bagian rectifier. Filter pada bagian ini umumnya terdiri dari komponen Kapasitor (Kondensator) yang berjenis Elektrolit atau ELCO ( Electrolyte Capacitor ).

4. Voltage Regulator ( Pengatur Tegangan )

bagian adaptor voltage regulator pada adaptor

Bagian yang keempat dari adaptor adalah Voltage Regulator yangmana bagian ini berfungsi untuk menghasilkan tegangan dan Arus DC yang tetap dan stabil , diperlukan bagian Voltage Regulator yang berfungsi untuk mengontrol tegangan sehingga tegangan dari Output tidak dipengaruhi oleh suhu, arus beban dan juga tegangan input yang berasal Output Filter. Voltage Regulator pada umumnya terdiri dari komonen Dioda Zener, Transistor atau IC .

Perlu kamu ketahui pada arus DC Power Supply yang merupakan komponen yang canggih, biasanya bagian Voltage Regulator memanglah juga dilengkapi dengan Current Limiting ( Pembatas Arus ) ataupun Over Voltage Protection ( perlindungan atas kelebihan tegangan ) dan Short Circuit Protection ( perlindungan atas hubung singkat ).

Jenis-jenis Adaptor

Pada umumnya, adaptor dibagi menjadi 2 macam yakni adaptor konvensional dan adaptor menggunakan sistem switching atau SMPS.

Baca Juga :   Bekali Konsumen Dengan Asuransi

1. Adaptor Konvensional

Adaptor atau catu daya konvensional merupakan jenis adaptor yang dijelaskan pada penjelasan di atas. Pada adaptor Konvensional ini tegangan arus AC-nya terlebih dahulu diturunkan melalui transformator step-down dan selanjutnya disearahkan dengan rectifier  atau dioda serta diratakan dengan kapasitor elektrolit.

Prinsip adaptor atau catu daya konvensiolan menerapkaan mode pengubahan tegangan AC ke Dc menggunakan komponen transformator step-down sebagai penurun tegangan. Pada adaptor Konvensional ini besar arus yang dihasilkan tergantung pada arus yang dihasilkan oleh trafo penurun tegangan.

Beberapa perangkat elektronika yang saat ini masih menggunakan adaptor konvensional adalah radio, amplifier, dan lain lain.

2. Adaptor Switching

Adaptor jenis switching merupakan adaptor yang dikembangkan dari jenis adaptor konvensional yang masih memiliki banyak kelemahan. Adaptor jenis ini tidak menggunakan trafo step down, sistem rangkaiannya pun tidak sama dengan adaptor konensional.

Beberapa perangkat elektronika yang menggunakan adaptor jenis switching adalah televisi  supply PC, adaptor laptop dan peralatan canggih lainnya.

Skema Rangkaian Adaptor Sederhana

Berikut ini adalah Skema dari rangkaian adaptor sederhana:

Skema Rangkaian Adaptor Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *