Cara Mengurangi Kecanduan Smartphone – Banyak orang mencari tahu tentang cara mengurangi kecanduan smartphone karena telah merasakan sendiri dampak buruk akibat terlalu sering bermain smartphone.

Memang segala sesuatu yang sifatnya berlebihan tidak baik dilakukan. Khususnya dalam hal penggunaan perangkat teknologi. Para ahli telah menemukan fakta bahwa terlalu lama menggunakan smatphone berakibat buruk bagi mental dan kesehatan seserorang.

Berlebihan menggunakan smartphone dapat mengakibatkan ganguan safar dan mental. Jika dibiarkan terus menerus hal ini juga berakibat buruk pada kesehatan fisik, seperti kebutaan, nyeri sendi, sakit kepala, dan yang lainnya.

Oleh karena itu sangat penting untuk membiasakan diri mengurangi penggunaan smartphone. Beberapa cara berikut yang ini bisa kamu terapkan.

Cara ini juga bisa untuk mengatasi kecanduan gadget pada remaja, mengatasi penggunaan hp yang berlebihan, dan bahkan bisa menghilangkan kecanduan hp pada anak.

Dalam postingan kali ini kami akan membagikan tips cara mengurangi kecanduan smartphone, berikut penjelasannya.

Cara Mengurangi Kecanduan Smartphone

Cara Mengurangi Kecanduan Smartphone
Cara Mengurangi Kecanduan Smartphone

Terdapat beberapa tips dan cara untuk mengurangi kecanduan smartphone dirumah baik untuk si anak maupun orang dewasa.

1. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Ketagihan

Salah satu cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketergantungan kamu terhadap smartphone adalah menghapus aplikasi yang sering membuat kamu ketagihan.

Misalnya seperti aplikasi game, aplikasi media sosial dan aplikasi lainnya. Jika aplkasi tersebut sudah tidak ada maka kamu tidak akan lagi betah berlama lama menggunakan smartphone. Selain itu kamu jangan mudah tergoda untuk menginstal aplikasi tersebut di esok hari.

Karena jika kamu instal lagi, maka kamu akan semakin sulit lepas dari smartphone. Usahakan untuk tidak mengakses aplikasi yang kamu sukai selama 3 bulan. Dengan demikian kemungkinan kamu tidak akan lagi kecanduan.

2. Aktifkan Fitur Pengingat Pada Smartphone

Pada umumnya setiap smartphone telah dilengkapi fitur yang bisa menjadi pengingat untuk kamu. Lakukan pengaturan pada fitur tersebut agar kamu bisa mengatasi kecanduan kamu terhadap smartphone.

Misalnya kamu mengatur pengingat untuk memberikan pemberitahuan jika penggunaan smartphone telah terlalu lama. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengurangi kecanduan terhadap smartphone.

Jika smartphone kamu tidak dilengkapi fitur tersebut, kamu bisa mendownload aplikasi serupa di play store. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa fitur tersebut hanya efektif jika kamu menurutinya. Jika kamu mengabaikannya maka tetap saja kamu akan kecanduan dengan smartphone.

3. Perbanyak Aktivitas Luar Ruangan

Jika kamu merasa sulit mengendalikan diri saat menggenggam smartphone maka cara mengatasinya adalah memperbanyak aktivitas sehingga kamu tidak punya waktu lagi bermain smartphone.

Sebisa mungkin perbanyak aktivitas di luar ruangan, misalnya seperti berolahraga, berinteraksi dengan teman teman, bercocok tanam, atau kegiatan apa pun yang bisa menjauhkan kamu dari smartphone.

Melakukan berbagai aktivitas juga akan membuat pikiran dan tubuh kamu lebih sehat. Biasanya kebanyakan orang bermain smartphone untuk membunuh rasa bosan. Jadi di saat kamu dilanda rasa bosan jangan gunakan waktu untuk bermain smartphone, melainkan lakukan aktivitas yang lebih bermanfaat.

4. Jauhkan Smartphone saat Bangun atau Menjelang Tidur

Biasanya saat paling nikmat bermain smartphone adalah saat baru bangun tidur atau juga menjelang tidur. Smartphone dengan rebahan merupakan perpaduan yang sangat komplit. Hal ini lah yang menyebabkan banyak orang kencanduan.

Jika kamu memang berniat melepaskan diri dari cengkeraman smartphone maka kamu harus menjauhkan smartphone sesaat hendak tidur ataupun saat baru bangun tidur. Matikan smartphone menjelang tidur, dan jangan pernah tergoda untuk menggunakannya.

Cara ini akan membuat pikiran kamu lebih tenang dan kualitas tidur kamu juga lebih baik. Menghilangkan candu terhadap smartphone memang sulit dilakukan. Tetapi jika memiliki tekad kuat dan memegang teguh disiplin dalam menjalankannya, maka hal ini bukanlah mustahil.

Semoga artikel cara mengurangi kecanduan smartphone dapat bermanfaat dan membantu anda mengatasi kecanduan menggunakan smartphone. Terima kasih telah mengunjugi artikel ini dan Lihat juga Artikel teknologi lainya di Blog : Aguro.net.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar