5+ Makanan yang Menyebabkan Keguguran, Wajib Tahu!

oleh
makanan penyebab keguguran, Nanas !
makanan penyebab keguguran, Nanas !

DjoNews.Com – Makanan yang Menyebabkan Keguguran. Saat tengah hamil, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman seenaknya sendiri, karena akibat yang mungkin saja membahayakan kesehatan ibu dan janinnya, bahkan bisa jadi menyebabkan keguguran.

Oleh karena itu, mari ketahui apa saja makanan dan minuman yang dapat menyebabkan keguguran, supaya kamu sendiri dapat menghindarinya dan memperingatkan orang yang kamu cintai.

Untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati yang tengah berada dalam kandungan, serta mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi tubuh, kamu sebagai ibu yang hamil sangat dianjurkan mengonsumsi makanan dan juga minuman yang sehat dan bergizi seimbang.

Selain itu juga, perlu diketahui pula bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang perlu untuk dihindari bagi para ibu yang tengah hamil, sebab akan berdampak buruk. Beberapa diantaranya bahkan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan keguguran.

Makanan yang Menyebabkan Keguguran

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan keguguran, supaya kamu bisa menghindari:

1. Telur Mentah

Telur yang dikunsumsi mentah atau setengah matang saja sangat beresiko mengandung bakteri, seperti Salmonella, yang dapat meningkatkan resiko keguguran. Hal ini juga berlaku bagi makanan yang mengandung telur mentah, layaknya saus salad maupun mayonaise.

Baca Juga:  Manfaat Blueberry bagi Ibu Hamil

2. Daging Mentah

Konsumsi daging mentah maupun setengah matang dapat meningkatkan resiko parasit Toxoplasma gondii(Toksoplasmosis), bakteri Salmonella, Listeria, dan E.Colli. Hal ini dapat menyebabkan keguguran dan komplikasi serius bagi si buah hati.

3. Seafood Mentah

Ibu yang sedang hamil akan sangat tidak dianjurkan mengonsumsi seafood mentah, misalnya saja Sushi dan Sashimi.

Mengonsumsi kerang akan menyebabkan infeksi virus, bakteri, bahkan parasit sepeti Norovirus, Salmonella, dan Listeria.

Sedangkan memakan kepiting dapat megakibatkan penyusutan rahim, pendarahan bahkan keguguran.

Selain itu pula, ibu hamil akan disarankan dalam memenuhi asupan ikan yang mengandung merkuri.

Memakan makanan seafood mentah juga bisa menyebabkan masalah kesehatan serius pada kehamilan, seperti persalinan prematur, kecacatan janin, keguguran, bayi lahir dalam kondisi meninggal.

4. Deli Meat

Deli meat adalah lembaran daging olahan yang sering dijumpai dalam sandwich atau hamburger rumahan. Bila tidak diproses dengan benar, makanan ini bisa saja mengandung bakteri Listeria yang kuat untuk masuk ke dalam plasenta, menginfeksi janin, dan menyebabkan keguguran.

Bila kamu ingin mengonsumsi deli meat, pastikanlah bahwa makanan ini telah kamu masak hingga matang. Begitu pula dengan daging olahan lain, seperti: salmon asap, susu mentah atau susu yang tidak di-pasteurisasi serta produk olahan susu lainnya.

5. Nanas

Enzim protease bromelain yang terkandung dalam buah nanas dapat menyebabkan leher rahim menjadi lunak dan memicu kontraksi bila dimakan secara berlebihan. Sebab efek inilah, nanas sering dimomokkan sebagai makanan yang menyebabkan keguguran.

Baca Juga:  5+ Cara Teknologi Terkini Lindungi Aneka Ragam Hayati

Meski begitu, klaim ini masih perlu bukti dan penelitian lebih lanjut dan belum ada bukti otentik bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran.

Jadi, makanlah nanas dengan batasan wajar saja, seperti menghilangkan rindu akan rasanya saja tak perlu banyak.

6. Pepaya Mentah

Pepaya mentah alias masih muda, tidak aman untuk dikonsumsi olehibu hamil. Sebab, kandugnan getah atau lateks yang mungkin saja menyebabkan kontraksi.

Namun, klaim tersebut juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

7. Delima

Konsumsi berlebih akan buah delima dapat menyebabkan kontraksi rahim, dan keadaan ini sangat berpotensi menyebabkan keguguran.

8. Durian

Konsumsi dalam jumlah sedikit tidaklah menjadi masalah bagi kmau yang tengah hamil. Namun, konsumsi berlebih dapat memicu keguguran bagi ibu hamil, karena kandungan asam arachidonat serta alkoholnya yang akan membahayakan buah hati dan bisa menyebabkan keguguran.

Minuman yang Menyebabkan Keguguran

1. Minuman Keras

Konsumsi minuman keras atau beralkohol disaat hamil bisa menyebabkan resiko keguguran dan bayi lahir dalam kondisi meninggal meningkat. Alkohol juga dapat mengganggu perkembangan otak si buah hati, menghambat perkembangan janin setelah kelahirannya, dan menyebabkan cacat bawaan lahir.

2. Kafein

Kopi, Coklat, Teh merupakan minuman berkandungan kafein yang perlu kamu hindari saat sedang hamil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur (bayi lahir dengan berat dibawah normal).

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Menjelang Menstruasi

Kamu bisa mengonsumsi kafein dengan batasan tak lebih dari 1 cangkir per harinya.

3. Olahan Susu

Seperti keju lembut yang terbuat dari susu tanpa proses pasteurisasi (proses sterilisasi kuman). Sebab olahan susu yang tidak disterilisasi terlebuh dahulu juga bisa menjadi faktor masuknya bakteri dan menyebabkan keguguran.

Mitos Penyebab Keguguran

1. Olahraga

Fakta yang ada, berolahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, senam, berenang yang dilakukan secara teratur dengan porsi yang disesuaikan selama hamil justrumengambil peran serta dalam menjaga kebugaran dan kesehatan.

2. Komputer

Banyak anggapan bahwa ibu hamil yang bekerja di depan komputer menjadi salah satu penyebab keguguran. Padahal kenyataanya tidaklah seperti demikian, sebab radiasi komputer tidaklah besar yang kemudian dapat memicu keguguran pada janin dalam kandungan.

Kesimpulan

Peristiwa keguguran akan menyebabkan tekanan emosional bagi keluarga, terutama bagi sang ibu sendiri. maka perlu adanya dukungan positif dari pasangan dan anggota keluarga yang lain.

Oleh karena itu pula akan lebih bijak, bila kamu berkonsultasi pada dokter kandungan yang terpercaya. Kamu bisa bertanya tentang makanan dan minuman apa saja yang dapat menyebabkan keguguran dan perlu dihindari saat sedang mengandung buah hati.

Jangan lupa pula untuk rutin memeriksa kesehatan selama kehamilan berlangsung.

Demikian artikel 5+ Makanan yang Menyebabkan Keguguran, Wajib Tahu! yang akan menambah wawasan kamu. Cari info menarik lainnya di DjoNews.com, Semoga bermanfaaat!