Macam-Macam Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

oleh
Macam-Macam Sumber Energi
Macam-Macam Sumber Energi

Macam-Macam Sumber Energi – Manusia hidup tumbuh berkembang tentu saja pasti membutuhkan energi, misalnya saja manusia untuk bergerak pasti membutuhkan energi otot dan untuk menggunakan alat elektronik seperti smartphone, komputer dan lain sebagainya tentu saja pasti membutuhkan energi listrik.

Oleh karena itu keberadaan dari energi tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kalau tidak ada energi maka manusia akan kesusahan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apakah kamu pernah mendengar mengenai energi? Apa itu energi? Apa yang dimaksud energi? Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak dan sulut untuk dibuktikan, akan tetapi dapat kita rasakan keberadannya. Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, akan tetapi hanya bisa di ubah/dikonversikan menjadi bentuk yang lain, yaitu sesuai dengan hukum kekekalan energi.

Macam-macam sumber energi tersebut terbagi atas dengan fungsinya yang berkaitan dengan berbagai macam kehidupan sehari-hari. Seperti yang dapat kita rasakan yaitu air panas, penggunaan listrik, benda-benda yang bergerak yaitu diantaranya mobil, motor, bus, sepeda dan lain sebagainya.

Untuk dapat lebih mudah memahami tentang macam-macam sumber energi, dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai macam-macam sumber energi dan contoh penerapannya.

Sebelum kita membahas tentang jenis-jenis dari energi kita akan membahas mengenai pengertian lebih lengkap dari energi.

Pengertian Energi

Pengertian Energi
Pengertian Energi

Energi adalah suatu besaran yang kekal, hal tersebut berdasarkan bunyi Hukum dari Termodinamika I yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan energi tidak dapat dimusnahkan. Secara ringkasnya energi adalah suatu kemampuan untuk dapat melaksanakan suatu usaha atau suatu kerja, misalnya air yang mengalir, angin yang berhembus ataupun mobil pada saat melaju, benda yang berputar-putar, petir yang menyambar ataupun usaha atau kerja yang lainnya.

Dikutip dari wikipedia pengertian energi dalam fisika adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah satuan SI untuk energi, diambil dari jumlah yang diberikan pada suatu objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkannya sejauh 1 meter dengan gaya 1 newton.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari).

Sebelum membahas mengenai macam-macam sumber energi, kita akan membahas mengenai hukum kekekalan energi.

Hukum Kekekalan Energi

Energi yang ada disekitar kita ini itu tidak bisa dibuat ataupun dihilangkan, karena sejatinya, energi itu hanya berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Demikianlah Hukum kekekalan dari energi.

Selanjutnya kita akan membahas tentang pokok pembahasan yaitu mengenai macam-macam energi dan contohnya. Berikut penjelasannya.

Baca Juga:  5 Gambar Flora Yang Mudah Untuk Di Gambar

Macam-Macam Sumber Energi

Macam-Macam Sumber Energi
Macam-Macam Sumber Energi

Macam-macam sumber energi sangatlah banyak mulai dari Energi Matahari, Energi Biomassa, Energi Panas Bumi, Energi Nuklir, Energi Air, Energi Angin, Energi Bahan Bakar Fosil, Energi Sumber Makanan, dan lain sebagainya.

Penjelasan dibawah ini mengenai macam-macam sumber energi sangat detail beserta contoh penggunaannya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Energi Matahari

Panel Surya - Energi Matahari
Energi Matahari – Panel Surya

Matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi, bahkan hampir semmua energi yang ada di bumi itu berasal dari matahari. Kita bisa mendapatkan energi matahari dengan gratis. Penggunaan energi matahari bisa digunakan menjadi sumber energi panas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan berbagai macam hal.

Penggunaan dari energi matahari seperti:

  • Mengeringkan pakaian
  • Membantu pertumbuhan tanaman
  • Mengeringkan bahan makanan secara alami
  • Sumber sebagai listrik tenaga surya
  • Untuk transportasi, yaitu untuk transportasi yang tenaga surya sebagai penggeraknya. Dan Masih banyak lagi penggunaan dari energi matahari.

2. Energi Sumber Makanan

Energi Sumber Makanan Sehat
Energi Sumber Makanan

Energi dari bahan makanan adalah sumber energi untuk manusia, dan semua makhluk hidup yang ada di seluruh penjuru dunia. Dengan memiliki energi dari sumber bahan makanan manusia bisa melakukan aktivitas dengan semangat, giat dan juga tidak lemas, karena manusia mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat atau gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Pengkonsumsian bahan makanan untuk energi manusia yang baik sebaiknya mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti :

  • Mineral
  • Vitamin
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Air
  • Lemak

Vitamin mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit dalam tubuh, serta memperkuat tulang dan gigi. Ada 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, supaya tubuh kita bisa sehat yaitu Mulai dari Vitamin A, D, E, K, B1, B12, B6, B2, B5, B3, B9, B7, dan C.

Tubuh juga memerlukan mineral, paling tidak Anda membutuhkan mineral seperti Magnesium, Kalsium, Sulfur, fosfor, Sodium, Potassium, Zinc, Zat Besi dan Yodium. Manfaat dari mineral sendiri yaitu berfungsi menyeimbangkan jumlah kandungan air, menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut, serta meningkatkan kekuatan tulang.

Tubuh juga memerlukan protein, yang berfungsi h untuk memastikan pertumbuhan otot, tulang, rambut, dan kulit dengan sempurna. Selain itu juga sebagai energi untuk sel dan jaringan dalam tubuh.

Tubuh juga memerlukan lemak, walaupun terkadang lemak dihindari, tetapi lemak penting untuk pembentukan sel baru. Pengkonsumsian lemak sehat dan juga tepat berfungsi untuk dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Bahan energi dari makanan selanjutnya adalah karbohidrat, fungsi dari mengkonsumsi karbohidrat sendiri untuk dapat mendukung seperti kinerja kerja otak, dan sistem pencernaan.

Energi dalam tubuh juga memerlukan air, yangmana air tersebut berguna untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh, transportasi nutrisi, dan juga mencegah dehidrasi, konstipasi serta banyak lagi manfaat dari air untuk tubuh kita.

3. Energi Bahan Bakar Fosil

Energi Bahan Bakar Fosil BBM
Energi Bahan Bakar Fosil

Energi bahan bakar fosil yaitu seperti batu bara, gas, dan minyak bumi memanglah merupakan 3 elemen yang utama sebagai sumber energi yang ada untuk keberlangsungan hidup manusia saat ini. Bahkan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa energi tersebut tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, akan tetapi sangat disayangkan bahan bakar fosil termasuk dalam kategori energi yang tidak dapat terbarukan.

Baca Juga:  Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme Dalam Karya Seni

Upaya yang dilakukan saat ini, terutama negara Indonesia yaitu dengan cara mengembangkan sumber energi alternatif. Energi Alternatif merupakan solusi energi yang dapat digunakan untuk dapat menggantikan bahan bakar konvensional. Energi ini juga dikembangkan karena sebagai bentuk salah satu upaya untuk dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan, yangmana disebabkan oleh penggunaan dari bahan bakar hidrokarbon pada energi konvensional.

4. Energi Angin

Pembangkit Listrik Tenaga Angin - Energi Angin
Energi Angin

Energi angin merupakan sumber energi yang berasal dari alam, yangmana dari hembusan angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi suatu energi yang sangatlah besar.

Untuk menghasilkan energi dari angin memerlukan kincir angin, yangmana cara kerja dari kincir angin ini memanglah seringkali terlihat gerakan yang lambat, walaupun demikian kincir angin tersebut mampu menghasilkan jumlah energi yang sangat besar.

Energi angin tersebut digunakan sebagai energi listrik, setelah disambungkan dengan generator. Energi listrik ini dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari, untuk penggunaan energi dengan kekuatan angin ini lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan limbah.

Selain dimanfaatkan sebagai tenaga listrik, energi angin juga digunakan untuk menggerakan perahu layar, dengan demikian perahu layar bisa bergerak dengan memanfaatkan energi angin.

5. Energi Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air - Energi Air
Energi Air

Energi Air juga termasuk energi dari alam yang gratis, yangmana kita bisa memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari. Energi air juga disebut dengan hydropower, yangmana energi ini merupakan sumber energi yang dihasilkan dari air.

Untuk dapat menghasilkan energi dari air ini biasanya dibuat bendungan sungai. Air yang berada dalam bendungan tersebut nantinya akan digabungkan dengan pipa air yang nantinya di arahkan menuju turbin, oleh karena itu energi yang dihasilkan akan besar.

Berhubung air sebagai sumber energi utamanya tentu saja bisa terjadi masalah kalau debit air berkurang. Jika terjadi musim kemarau, maka debit air akan jauh berkurang. Dengan terjadinya debit air berkurang, maka listrik yang dihasilkan juga akan berkurang. Hal ini bisa berdampak pada krisis listrik pada daerah yang menggunakan PLTA.

6. Energi Nuklir

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir - Energi Nuklir
Energi Nuklir

Energi Nuklir adalah sumber energi yang saat ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Yangmana cara kerja dari pembangkit listrik tenaga nuklir ini adalah dengan cara memecah atom di dalam reaktor, setelah dipecah kemudian atom dimasukan kedalam air yang panas setelah itu turbin diputar dan ahirnya menghasilkan energi listrik.

Memang seperti halnya kita ketahui bahwa radiasi yang ditimbulkan akibat bocornya pembangkit tenaga listrik, yangmana bencana ini sudah pernah terjadi yaitu pada tahun 2011 lalu di Fukushima Jepang.

Pembangkit listrik tenaga nuklir ini dihasilkan dari reaksi fiksi nuklir yang terkendali di dalam reaktor nuklir. Instalasi penggunaan energi listrik semacam ini kita kenal yang disebut dengan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Baca Juga:  Peringatan Hari Kartini, Wujudkan Unnes Gemilang Untuk Indonesia Maju

7. Energi Panas Bumi

Energi Panas Bumi
Energi Panas Bumi

Energi panas bumi yangmana pada umumnya dikenal dengan sebutan geothermal pada bahasa yunani. Arti dari geo adalah bumi, sedangkan thermal adalah panas, jadi bisa disimpulkan bahwa kata geothermal diartikan panas bumi.

Energi panas bumi sendiri dihasilkan dan disimpan pada inti bumi, kalau kita membandingkan dengan sumber energi fosil, energi dari panas bumi merupakan sumber energi yang bersih dan hanya sedikit melepaskan gas rumah kaca.

Pemanfaatan dari energi panas bumi ini salah satunya yaitu sebagai penghasil listrik. Pemanfaatan ini dilakukan dengan cara melihat resource dari panas bumi, apabila suatu wilayah mempunyai panas bumi yang mengeluarkan uap air (steam), maka uap air tersebut langsung bisa digunakan. Steam tersebut langsung diarahkan menuju turbin pembangkit listrik untuk dapat menghasilkan energi listrik.

8. Energi Biomassa

Energi Biogas Biomassa
Energi Biomassa

Energi Biomassa adalah suatu energi yang dihasilkan dari sumber alamai yang dapat diperbarui, yangmana energi ini digunakan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu energi biomassa ini merupakan solusi sebagai energi alternatif, dan juga tidak mencemari lingkungan hidup.

Bahan-bahan pembuatan dari energi biomassa ini berasal dari dua jenis, yaitu dari hewwan yang bisa berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme, dan juga berasal dari tumbuhan seperti tanaman sisa pengolahan ataupun hasil panen secara langsung.

Bahan-bahan untuk biomassa yang berasal dari tumbuhan nantinya akan dilakukan proses pembakaran, yangmana nantinya dapat menghasilkan bahan bakar nabati atau sering disebut dengan BBN. Sedangkan untuk biomassa ang dihasilkan dari gas kotoran hewan dan manusia itu disebut sebagai energi biogas.

Kedua jenis dari energi biomassa ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sebagai bahan bakar pengganti energi fosil. Penggunaan dari energi biomassa ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan karena dapat terus diperbarui. Akan tetapi biomassa ini mempunyai kelemahan yaitu pada bahan bakar nabati belum bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan yang membutuhkan daya dan kecepatan yang tinggi.

Jenis energi biomassa ini adalah adalah tipe sumber energi yang melepaskan banyak karbondioksida ke udara. Sehingga, apabila digunakan di ruangan yang tertutup, maka mengakibatkan pencemaran udara di lingkungan tersebut. Walaupun demikian tidak akan seberbahaya gas alam.

Biasanya masyarakat yang menggunakangas jenis ini itu menyimpannya tidak dalam tabung LPG, akan tetapi mereka menggunakan plastik besar dan tebal atau disalurkan melalui pipa-pipa dari tempat penampungan biomassa ke rumah-rumah warga. Pada umumnya Biomassa sendiri dibuat secara berkelompok karena waktu untuk menunggu fermentasi yang cukup lama dan juga perlu adanya penampungan.

Sebenarnya pembahasan mengenai macam-macam sumber energi sangatlah banyak, akan tetapi cukup demikian saja yang kami sampaikan.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai macam-macam sumber energi untuk kehidupan sehari-hari. Semoga postingan ini bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.