,

Macam-Macam Kerusakan Tv Plasma Samsung Beserta Perbaikannya

oleh -
Macam-Macam Kerusakan Tv Plasma Samsung Beserta Perbaikannya
Macam-Macam Kerusakan Tv Plasma Samsung Beserta Perbaikannya

Macam-Macam Kerusakan Tv Plasma Samsung Beserta Perbaikannya – Perkembangan teknologi informasi sangatlah cepat sehingga perkembangan barang elektronikpun juga semakin cepat pula.

Terlebih biasnya terjadi kerusakan pada peralatan elektronik tersebut yangmana kita tentu saja harus mengetahui macam-macam kerusakannya beserta cara memperbaikinya.

Dalam artikel postingan kali ini kami akan membagikan mengenai berbagai macam kerusakan TV Plasma Samsung dan juga cara memperbaikinya.

TV Plasma Samsung dioda dalam lingkaran merah mat
dioda dalam lingkaran merah mat

Kerusakan pada TV plasma Samsung terjadi apabila ketika dinyalakan maka lampu indikator standby merah kemudian lampu tersebut kedip-kedip dan setelah beberapa saat terdengarlah bunyi cetak-cetek,dan tv tidak mau menyala.

Berbagai Macam-Macam Kerusakan Tv Plasma Samsung Dan Cara Perbaikannya

1. Kerusakan Tv Plasma Samsung

Plasma TV yang datang di reparasi kami kali ini adalah dari Eropa, saya sempat berfikir jangan-jangan nanti akan menimbulkan permasalahan, karena sepengalaman saya sistem siaran yang digunakan Eropa dan Asia tidak sama, untuk sistem warna juga berlainan (PAL dan NTSC).

Tapi keburu ada orang order jadi langsung hajar saja, dan kebetulan kerusakan-kerusakan yang ditemui hanya seputar power saja. Sepertihalnya dengan plasma TV merk Samsung 42 inch yangmana kerusakan tidak ada gambar ternyata penyebanya hanya dioda 12 volt-nya yang mati.

Cara mengatasinya ganti dioda dan TV pun langsung menyala. Pada permasalahan TV-TV yang lain kebanyakan juga mengnalami begitu, tidak jauh dari power dan converter.

Mesin plasma TV Samsung yang rusak
Mesin plasma TV Samsung yang rusak

Akan tetapi ada salah satu plasma TV yang memang kerusakannya mulai membuat saya kesulitan, TV Samsung 42 inch dengan kerusakannya yaitu gambar seperti ada garis-garis dari atas kebawah dan juga barwarna hitam putih.

Kerusakan tersebut mulai bikin pusing kepala nih, pertama penyelidikan langsung mengarah kebagian osilator, setelah semua diteliti ternyata osilator tidak bermasalah Hmm.. berpikir lagi, setelah dianalisa bagian selanjutnya yang dicurigai adalah blok tuner, kenapa demikian? karena selain gambar tidak stabil ditambah warna juga masih hitam-putih, jadi kemungkinan penangkapan frekuensi masih belum sempurna.

Baca Juga :   Cara Mengetahui Tier Dari Teman dan Musuh Dengan Bingkai Di Game Mobile Legends

Setelah bagian tuner dibuka, ternyata tiung.. tiung.. dies, ketemu deh, banyak open solder disana-sini, langsung saja solder bergerilya menghajar bagian-bagian yang sudah pada retak. Penyolderan selesai, dicoba TV dinyalakan, langsung normal, tidak gambar garis-garis lagi, tapi warnanya masih hitam-putih.

Untuk mengatasi masalah warna hitam-putih tersebut ternyata ada perbedaan PAL dan NTSC, apakah kira-kira masih ada kemungkinan berhasil atau tidak. Ternyata tetap blank, penyelesaian tidak ada, hmm.. akhirnya divonis mati sajalah.. daripada pusing-pusing, vonis mati dengan alasan sistem warna tidak sama hihi.. selesai dah.

2. Samsung Plasma Display Gambarnya Bergaris Berbayang-bayang Merah

Kerusakan

Plasma samsung dengan kerusakan gambar bergaris-garis, akan tapi agak samar-samar berwarna merah dari atas sampai tengah-tengah layar, garis tidak sampai bawah,pertama saya kira panelnya rusak,tapi kalau ini garisnya cuma sampai tengah.

Perbaikan

Kerusakan seperti ini jelas bukan dari power suply,atau pun mainboard,kalau bagian ticon atau logic bisa jadi karna adanya Resistor putus,tapi kalau garisnya setengah saya kira kerusakan bagian bumper,”block penghubung fleksibel panel ke logic/ticon”

Samsung Plasma Display Gambarnya Bergaris Berbayang-bayang Merah

Lihat gambar bumper di atas,ini adalah gambar bumper bagian atas panel yang bergaris,saya simpulkan sebaliknya,bumper juga ada di bagian bawah,bisa jadi kalau gambar bergaris dari bawah ke atas kerusakan dari jumper bawahnya.

Bumper atas itu sama dengan bumper bawah ,hanya saja ada beberapa komponen,dari praktek-praktek yang saya pelajari kebanyakan kerusakan pada putusnya resistor-resistor di bagian bumper tersebut.

Coba Anda lihat gambar di atas, ada IC di bagian bumper, di sampingnya ada resistor- resistor sebagai input juga output IC, input tersebut terhubung dari logic dan Output menghubungkan ke panel layar.

Setelah saya selidiki ternyata memang benar ada resistor berukuran 47 ohm yang memang putus, setelah saya ganti dengan resistor berukuran yang sama alhasil memang dari situ kerusakannya.

Artinya kerusakan tersebut berasal dari resistor yang putus.

Samsung TV Plasma Display Gambarnya Bergaris

Akan tetapi saya masih penasaran, kenapa kalau putus resistor satu gambar garisnya bewarna merah? Disamping memang resistornya yang putus ternyata masih ada 2 biji resisitor lagi yang berukuran sama, ternyata ada 3 resistor ini sebagai RGB-nya yangmana kalau diantaranya putus, maka satu gambar akan bergaris dalam bentuk warna Red, Gren, Blue. Berarti kalau dua resistor putus misalnya Red dan Gren bisa jadi gambar tersebut akan bergaris berwarna kuning dan seterusnya.

Baca Juga :   Mengenal UPS: Pengertian, Cara Kerja, Komponen, Jenis-Jenis UPS, Manfaat dan Keuntungan Menggunakan UPS

3. Samsung plasma display PS-42P4H1 Elco atau Capasitor Lemah

Spesifikasi:

Plasma Samsung dengan modul name PS-42P4H1 dengan tipenya yaitu NP42P4 ,PDP modul; S42AX-XD02 , panel: S42AX-XB01, dengan tegangan : VS: 170 volt ,VA: 70 volt ,VSCAN: -55 volt ,VE: 155 volt ,VSET: 157 volt ,VG: 14 volt dan VM: 5 volt.

Sedikit dari saya keterangan berbagai macam kerusakan & cara perbaikan yang pernah saya praktekkan , diantaranya yaitu:

Gambar tv normal akan tetapi suara mengalami gresek terkadang ada terkadang tidak sepertihalnya tuner rusak, kemudian saya coba buat AV gambar juga bagus tapi suara ga ada, saya kira terjadi kerusakan bukan dari tuner apalagi dari power amply.

Kemudian saya langsung selidiki permasalahannya lagi pada bagian nicam dengan IC micronas 4450, tegangannya ternyata normal b+: 9 & 5 Volt, clock data juga normal, ahirnya saya penasaran setelah itu saya coba ganti IC nya, selesai pasang langsung hidupin TV, ternyata sama saja tidak menyala.

Alat pengukur capasitor tanpa mencabut atau dalam keadaan terpasang di mainboard langsung bisa di ukur masih bagus apa tidaknya, tanpa basa-basi saya akui canggihnya alat ini, dalam hitungan menit kerusakan memang langsung terdeteksi

Ternyata kerusakan tersebut terjadi pada Elco input nicam banyak yang terjadi kerusakan, sekitar 25 biji elco dengan ukuran 16 volt 4,7 & 10 micro saya babat habis, alhasil jadilah tv ini bersuara lagi.

4. Penyakit turunan Samsung plasma display PS-42D4S

Kerusakan:

Penyakit turunan dari plasma samsung tipe PS-42D4S, TV menyala, Display blue back normal, kerusakan dari mainboardnya.

gambar mainboard PS-42D4S
ini adalah gambar bentuk dari mainboard PS-42D4S sebelum di perbaiki.

Kerusakan turunannya adalah untuk TV ada bintik-bintik, akan tapi no chanel, di auto atau di manual search tidak mau menangkap chanel siaran, untuk av juga no signal, apanya ayo? Kalau menurut praktek yang sudah-sudah pernah ganti IC swit video akan tetapi sama saja.

Perbaikan:

gambar mainboard PS-42D4S Normal
ini adalah gambar mainboard setelah normal

Apa ya perbedaannya denganmainboard saat masih rusak?

Coba amati lebih teliti lagi, hususnya bagian input video di samping tuner tersebut.

Penyakit mainboard samsung PS-42D4S ternyata adalah Elco nya banyak yang rusak,sebelumnya saya cek dengan mnggunakan alat yang disebut ESR, terlihat dengan jelas banyak Elco yang memang sudah rusak.

Baca Juga :   Background Story, Emblem, Battle Spell, Build Item yang sesuai Dan Tips Cara Bermain Hero Kagura Mobile Legend

Setelah saya copot semuanya kira-kira ada kurang lebih 30 Elco dengan ukuran 4,7 dan 10 micro kemudian saya ganti,alhasil alhamdulilah Tuner tv kembali bekerja seperti sediakala.

Ketika Di auto search langsung OK berhasil,

Selanjutnya saya coba untuk input AV,RGB ternyata juga normal, akan tapi sayang permasalahan belum selesai, ketika saya pasang jek speker dan volume saya kerasakan, ternyata tidak ada suaranya.

Saya cek speker tidak terjadi masalah, ampli juga baik-baik saja. Vcc clock data IC nicam juga terlihat normal dengan seri nomor MSP 4410. Ahirnya saya kurang puas untuk mencopot elco, selanjutnya saya cek lagi dengan ESR cek Elco pada bagian samping IC nicam.

5. Samsung plasma PS43D450 restart

Kerusakan:

Kerusakan pada TV Plasma Samsung terjadi apabila dinyalakan lampu indikator standby merah setelah itu kedip-kedip, dan ahirnya setelah beberapa saat terdengar bunyi cetak-cetek, dan tv tidak mau menyala.

Perbaikan:

Gejala yang terjadi akibat kerusakan tersebut yaitu terdeteksi di bagian power supply, relay power supply restart.

Lepaskanlah power supply untuk dapat melakukan pengecekan tanpa mainboard (Stand alone), untuk memastikan kerusakan tersebut memang berasal dari PSU atau dari boad yang lain.

Setelah kita lepaskanlah PSU ,kita coba cek tegangan standby,dan memastikan tegangannya normal 5volt,dan kita coba untuk start tegangan yang lain dengan cara menjumper pin Ps on disocket CN801 ke GND.

Psu plasma samsung

Cek semua tegangan B5v dan 15V,dan pastikan semua tegangannya normal.

Kemudian coba lakukan start tegangan VA (-/+ 58V) dan VS (209V), dengan cara yaitu jumper pin vson di socket CN802 dengan B5V menggunakan R100 ohm.

Kerusakan Power supply plasma Samsung

Perhatikan dan ukur tegangan di PI VA dan VS, apakah tegangan masih normal?, dan apakah relay masih berbunyi. Apabila tegangan tidak mau keluar dan relay tetap masih berbunyi, berarti mengindikasikan bahwa PSU memanglah mengalami kerusakan.

Biasanya terjadi kerusakan tersebut disebabkan karena tegangan AC detect di micom PSU tidak mau bekerja dengan normal.

MCU plasma samsung

AC detect dicontrol oleh optocoupler PCM802 dan PCQ801s.

Ac control detect

Cek optocoupler, dan juga cek R detect seri RM818 – RM827, gantilah dengan yang baru. Biasanya kerusakan terjadi disekitar daerah sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *