Lima Cara Teknologi Terkini Lindungi Aneka Ragam Hayati

oleh -
teknologi terkini lindungi aneka hayati

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Google sebagai raksasa teknologi, memaparkan tentang bagaimana teknologi bisa membantu melindungi aneka ragam hayati, sesuai dengan fokus perayaannya.

Dan inilah Lima Teknologi Terkini yang ikut me-Lindungi Aneka Ragam Hayati lima teknologi rilisan Google yang dapat dimanfaatkan sebagai Cara dalam melindungi berbagai aneka ragam hayati di bumi kita ini.

Cloud Computing yang Melindungi Spesies Laut

72% permukaan bumi ditutupi oleh lautan, dan juga keragaman spesies berbeda nan unik. Selain itu, banyak pula manusia yang menggantungkan mata pencahariannya di laut, terutama di daerah Asia Pasifik.

Pada tahun 2016, bersama dengan Oceana dan SkyTruth, Google meluncurkan besutan Global Fishing Watch, sebuah platform untuk meningkatkan kesadaran akan industri perikanan dan juga mendorong kebijakan yang lebih ramah lingkungan melalui metode transparansi.

Baca Juga :   Kurma Sebagai Penunjang Kecantikan Selama Puasa

Untuk pertama kalinya di dunia, sebuah teknologi yang menyediakan visibilitas global terhadap aktivitas penangkapan ikan komersial, Global Fishing Watch memadukan teknologi cloud computing dengan data satelit.

Inisiatif ini menyajikan sebuah platform online untuk membuat visualisasi, melacak, serta membagikan informasi tentang aktivitas perikanan secara global bagi semua orang. Baik itu perorangan, pemerintahan, industri, maupun para peneliti.

Melindungi Hutan Hujan Tropis

Fenomena penebangan hutan (biasa disebut deforestasi) menyumbang 17% dari emisi karbon global. Hal ini mendorong Rainforest Connection untuk menggunakan TensorFlow, platform machine learning open-source milik Google, untuk mencegah pembalakan liar di berbagai hutan hujan tropis di seluruh dunia.

Rainforest Connection akan menempatkan ponsel model lama di atas pohon untuk merekam suara di hutan, lalu melatih sistem machine learning untuk mengenali suara gergaji mesin dari berbagai suara yang ada di hutan. Dengan cara seperti ini akan membantu para penjaga hutan untuk mendapatkan notifikasi instan saat ada pembalak liar yang berusaha menebang pohon secara ilegal.

Baca Juga :   Mengobati Sakit Gigi dengan Cara Tradisional

Memonitor Habitat Liar

Habitat alami sangatlah penting bagi perlindungan dan keberlangsungan hidup berbagai spesies flora dan fauna di seluruh penjuru dunia. Dan penebangan hutan menyebabkan 17% dari emisi karbon bertingkat global. Itulah alasan mengapa perlu secara ketat memonitor dan pada akhirnya mengurangi risiko penebangan hutan untuk memastikan habitat yang ada tetap lestari.

Oleh karena itu, di tahun 2013 yang lalu, melalui sebuah kerja sama yang dipimpin oleh peneliti di University of Maryland, Google membantu acara peluncuran Global Forest Watch, sebuah peta yang menghitung luas hutan secara global serta perubahannya secara langsung, mulai dengan data dari tahun 2000.

Halaman: 1 | 2

Tentang Penulis: Ramdhan

Gambar Gravatar
Sejak kecil gue belum gede. Terobsesi akan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *