, ,

Komponen Penting Pada Smartphone Yang Perlu Diketahui

oleh -
komponen penting pada smartphone
komponen penting pada smartphone

Penggunaan smartphone dewasa ini semakin gencar. Tidak hanya generasi milenial saja yang memanfaatkan gawai untuk berkomunikasi antar sesamanya. Sekarang barang teknologi ini sudah menjadi hal biasa dan sudah lama menguasai berbagai bidang kehidupan masyarakat kita.

Smartphone memiliki beragam komponen yang ada di dalamnya. Tanpa komponen-komponen tersebut smartphone menjadi tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Hal ini tentu saja sangat perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin mengetahui beragam komponen penting yang membuat Anda bisa berinteraksi antara satu dengan yang lain.

komponen penting pada smartphone

Komponen elektronik yang ada di dalam smartphone tentu memiliki bagian input, output dan pemrosesan data. Data-data hasil pemrosesan di visualisasi agar Anda atau pengguna dapat menerima beragam bentuk visualisasi baik berupa suara, angka, kata maupun gambar.

Baca Juga :   4 Spesifikasi Hp Android Yang Cocok Untuk Vlogger

Mungkin saat ini anda mempunyai sebuah perangkat smartphone yang canggih. Tetapi, apakah kamu tahu isi dalamnya atau komponen dari smartphone yang kamu miliki?

Oleh karena itu, melalui artikel ini djonews akan memberikan informasi seputar komponen penting apa saja yang ada di sebuah smartphone yang sering kamu gunakan.

Daftar Isi

Komponen Penting Yang Ada Di Smartphone

Chipset

Komponen penting ini memegang peranan penting dalam kualitas dan performa fitur yang ada di dalam smartphone. Setiap jenis chipset memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Beberapa chipset yang dapat dijadikan pilihan meliputi, Qualcomm, Mediatek, Exynoss dan lain sebagainya. Apakah Chipset smartphone yang kamu gunakan?  

Baca Juga :   Daftar Harga & Spesifikasi Lengkap Rekomendasi 10 HP Harga 1 Jutaan Terbaik (Juni 2020)

RAM

Selain komponen chipset, komponen yang sangat penting untuk diketahui yaitu, RAM. Kapasitas smartphone dengan banderol harga satu juta rupiah memiliki RAM berkisar biasanya 2 GB. Smartphone dengan level menengah memiliki RAM berkisar 3-4 GB. Akan tetapi, kapsitas RAM tidak terlalu memiliki pengaruh besar sehingga penggunaan chipset dinilai lebih penting.  Lantas berapakah RAM dari smartphone yang kamu gunakan?

Jaringan

Konektivitas jaringan yang ada di modem smartphone dinilai sangat penting untuk diketahui. Kesesuaian jaringan telekomunikasi di Indonesia dengan smartphone yang ingin Anda miliki harus dicek terlebih dahulu. Hal ini mengingat penggunaan smartphone dengan jaringan yang berbeda dapat menyebabkan gangguan komunikasi. Saat ini yang terbaru sudah ada jaringan 6G? Apakah benar? Lantas apa jaringan dari smartphone yang kamu gunakan? Biasanya yang paling sering digunakan di era sekarang yaitu 4G.

Baca Juga :   Cara Untuk Membeli voucher Wifi id Dengan Menggunakan Pulsa

Baterai

Daya baterai sangat mempengaruhi performa smartphone Anda. sebelum memilih Handphone (telepon genggam) Anda perlu meninjau jenis dan kapasitas baterai yang berada di smartphone tersebut. Jangan mudah tergiur dengan keunggulan handphone semata namun daya baterai juga perlu anda diperhatikan. Semakin besar mAh dari baterai maka daya tahan baterai semakin besar. Akan tetapi, tetap saja komponen lain juga ikut mempengaruhi seperti chipset, RAM. Lantas berapakah daya smartphone yang anda gunakan saat ini?

Itulah beberapa komponen penting yang perlu Anda cermati ketika membeli smartphone. Sebenarnya smartphone itu tergantung dari kebutuhan yang anda akan gunakan. Komponen penting lainnya yang turut diperhatikan yaitu, GPU atau Pengolah Grafis. Nah, hal ini penting diketahui karena dapat mempengaruhi performa smartphone agar tahan lama, tidak mudah panas dan tidak cepat rusak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *