Kena Dampak Tol Semarang-Batang, SMPN 16 di Pindah
Menu
Situs Tentang Belajar Teknologi serta Investasi Lengkap

Kena Dampak Tol Semarang-Batang, SMPN 16 di Pindah

  • Bagikan

Djonews.com, SEMARANG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 16 Kota Semarang harus tergusur. Sebab, bangunan tersebut terkena dampak pembangunan tol Semarang-Batang. Beruntung, pada tahun 2023 ini SMPN 16 baru akan direlokasi ke tempat yang baru.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Suwarto menyebut untuk lokasi yang disediakan untuk pemindahan yakni di sebelah Pizza Hut Ngaliyan.

“Lokasi yang digunakan untuk merelokasi SMPN 16 memang baru didapatkan tahun 2022 lalu. Saat ini masih proses pematangan lahan dan luasannya sekitar dua hektar,” imbuhnya, Rabu (18/01/2023).

Pihaknya menambahkan hingga saat ini dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) belum masuk. Namun ia menyebut jika anggaran yang digunakan untuk membangun sekolahan SMPN  16 berasal dari dua sumber yakni APBD dan APBN.

“Nantinya lelang juga akan dilakukan terpisah karena menggunakan dua sumber anggaran. Sementara itu, sebagian fasilitas sekolah akan dibangun oleh pihak Jasa Marga dengan menggunakan APBN. Sedangkan sebagian lagi akan dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggunakan APBD,” jelasnya.

Ia memastikan bahwa untuk spesifikasi pembangunan akan sama karena mengacu pada detail engineering design (DED) yang memang sudah direncanakan.

Suwarto berharap dengan pembangunan SMPN 16 ini bisa selesai pada tahun ini. Sehingga para siswa bisa segera pindah dan menempati sekolahan yang baru.

“Mudah-mudahan tahun ini selesai. Kalau sudah memenuhi semua ya langsung pindah karena lahan yang lama akan dibuat akses exit tol,” imbuhnya. (Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *