Djonews.com, SEMARANG – Perayaan Imlek di Kota Semarang makin terlihat meriah karena adanya gelaran Tuk Panjang (Makan Bersama di meja panjang), di Pasar Imlek Semawis, di Sepanjang Jalan Gang Baru sampai Jalan Gang Warung Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah, Jumat (20/1/2023).

Tuk Panjang 2023 ini mengangkat tema “Hanebu Sauyun (Tebu Serumpun). Unsur Forkopimda Kota Semarang dan Ratusan warga tumpah ruah dalam kegiatan ini.

Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata Harjanto Halim mengungkapkan jika kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana dalam bentuk makan bersama di atas meja panjang (tuk panjang) yang memiliki arti banyaknya keberagaman masyarakat namun tetap bersatu.

“Sementara, Kenapa Pasar Imlek Semawis diadakan di gang Baru? Karena hal tersebut atas usulan dari warga Kelurahan Kranggan yang menganggap asal muasal Imlek,” kata Harjanto Halim.

Ditempat yang sama, Ketua Harian Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa Yoga Pamamanan menambahkan pihaknya sangat bangga bahwa di Kota Semarang toleransinya sangat tinggi.

“Bahkan karena kebersamaannya, tidak ada konflik yang timbul,” kata Yoga.

Bagikan:

Tinggalkan komentar