Kembangkan Pelabuhan Kenda, Pelindo 3 di Minta Berperan

58 sec read

Kendal– Pelindo 3 diharapkan tidak diam saja dalam upaya pengembangan Pelabuhan Kendal. Dimana campur tangan Pelindo 3 itu bisa mendukung perkembangan infrastruktur Kawasan Industri Kendal yang sudah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Peni Rahayu mengatakan dalam hal ini Pelindo 3 bisa menggandeng investor asal Singapura.

“Sehingga, Pelabuhan Kendal bisa menjadi pelabuhan smart port 4.0 dan smart logistic 4.0 di Pulau Jawa,” ujar Peni,

Baca Juga;

Pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Kendal ini sangat diharapkan, bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Jateng. Dikarenakan Pelabuhan Kendal nantinya juga akan memberikan kemudahan bagi industri-industri yang berorientasi pada ekspor.

Selain itu, Pelabuhan Kendal akan menjadi magnet bagi para calon investor untuk berinvestasi di Kawasan Industri Kendal (KIK). Sehingga dengan adanya fasilitas pelabuhan yang terintegrasi dalam kawasan industri bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi pendistribusian barang produksi.

Menurutnya, proyek pengembangan Pelabuhan Kendal ini harus bisa terealisasi untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di Jateng. “Minta dorongan agar Pelindo 3 bisa mengembangkan Pelabuhan Kendal dengan PSA dari Singapura. Hasil studinya sudah lapor ke kami dari PSN, dan menyatakan bahwa itu layak,” katanya.

Baca Juga:  Alami Kecelakaan, Chacha Sherly Eks Trio Macan Meninggal

Sementara lain ada proyek yang sejenis juga akan dibangun di Kawasan Industri Batang. Bahkan, kawasan industri tersebut akan menjadi percontohan kerja sama antara pemerintah dan BUMN. Salah satunya, pembangunan pelabuhan gas yang terintegrasi dengan Kawasan Industri Batang (KIB).

 “Pelabuhan Batang juga akan dikembangkan dengan penambahan pelabuhan gas kerja sama antara Opsico, Waskita Karya dan Jateng Petro Energi,” ujarnya.

Seperti diketahui, Jateng Petro Energi yang merupakan BUMD milik Pemprov Jateng. BUMD tersebut dipastikan akan ikut mengembangkan Pelabuhan Batang di wilayah laut bersama Waskita Karya dan Opsico.

“Upaya-upaya itu terus kita lakukan untuk mendorong perekonomian Jateng di tengah pandemi ini,” katanya.wid

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *