Kelebihan Vivo V27 Pro
Kelebihan Vivo V27 Pro

Kelebihan Smartphone vivo V27 Pro – Pada tanggal 1 Maret 2023, vivo secara resmi meluncurkan vivo V27 Pro 5G di pasar India. Ponsel ini diluncurkan bersamaan dengan vivo V27 5G, yang merupakan versi reguler. vivo V27 Pro 5G merupakan generasi terbaru dari vivo V25 Pro 5G yang diluncurkan setahun sebelumnya.

HP ini tergolong dalam kelas harga menengah ke atas atau sering disebut sebagai flagship killer. vivo V27 Pro 5G memiliki fitur yang setara dengan kualitas HP flagship, seperti penggunaan SoC Dimensity 8200 dengan fabrikasi 4 nm, yang umumnya hanya tersedia pada ponsel premium dengan harga di atas Rp10 jutaan.

Selain itu, vivo V27 Pro 5G juga dilengkapi dengan sektor kamera yang berkualitas tinggi, dengan banyak fitur fotografi yang mendukung aktivitas fotografi profesional dan kreativitas konten. Beberapa fitur tersebut meliputi stabilisasi, filter warna yang beragam, pengaturan yang mudah digunakan, dan lain sebagainya.

Baca Juga Artikel Ketahui 4 Kekurangan Smartphone Vivo V27 Pro.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kelebihan smartphone vivo V27 Pro, seperti kualitas layar unggul, menggunakan dimensity 8200, mempunyai kamera yang luar biasa, gaya desain yang elegan dan minimalis, baterai awet dan fast charging, dan sudah ada NFC dan konektifitas mumpuni lainya, Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Smartphone Vivo V27 Pro

Kelebihan Smartphone vivo V27 Pro
Kelebihan Smartphone vivo V27 Pro

Vivo V27 Pro menawarkan pengalaman flagship dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga cocok untuk pengguna yang menginginkan ponsel dengan kualitas terbaik namun tetap hemat biaya. Selain itu, vivo V27 Pro juga cocok bagi pengguna yang menyukai kegiatan gaming dan fotografi, karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung kedua aktivitas tersebut.

Terdapat banyak kelebihan lain yang dimiliki oleh vivo V27 Pro, dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kualitas Layar Unggul

Kualitas Layar Unggul
Kualitas Layar Unggul

Layar pada vivo V27 Pro menawarkan pengalaman visual yang maksimal dan sangat imersif. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, layar pada vivo V27 Pro lebih lebar dengan ukuran panel AMOLED sebesar 6,78 inci, sementara layar pada vivo V25 Pro hanya 6,56 inci. Resolusi layarnya adalah Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan aspek rasio 20:9 dan kerapatan piksel sebesar 388 ppi (pixel per inch). Layar ini juga memiliki bezel yang sangat tipis, sehingga menyisakan rasio bodi ke layar sebesar 90,4%.

Namun, perlu dicatat bahwa layar pada vivo V27 Pro belum memiliki resolusi yang lebih tinggi dari Full HD+, seperti pada sejumlah HP flagship. Hal ini mungkin karena sulit untuk memberikan spesifikasi layar yang lebih tajam pada rentang harga mid-range.

Tingkat kedalaman warnanya “hanya” 8-bit, sehingga dapat menampilkan sebanyak lebih dari 16 juta warna. Meskipun demikian, mode refresh rate pada layar dapat mencapai 120 Hz dan dilengkapi dengan tiga mode yang dapat dipilih, yaitu 60 Hz, 120 Hz, dan smart switch. Mode smart switch akan menyetel 60 Hz pada kondisi layar gambar statis, atau pada saat aktivitas yang tidak membutuhkan laju penyegaran tinggi seperti pemutaran video. Sisanya, layar akan berada pada mode 120 Hz.

Layar pada vivo V27 Pro sudah mendukung sertifikasi Widevine L1, sehingga dapat menikmati konten HD pada Netflix dan aplikasi serupa. Selain itu, standar kualitas HDR10+ juga dapat meningkatkan kualitas konten yang ditampilkan pada layar.

Dalam pengujian tingkat kecerahan, layar pada vivo V27 Pro mampu meraih kecerahan puncak hingga 680 nit pada mode auto dan 479 nit pada mode manual. Dengan hasil ini, layar pada vivo V27 Pro tetap terasa nyaman dilihat bahkan pada siang hari.

2. Menggunakan Dimensity 8200, Hadirkan Performa Mempuni Layaknya HP Flagship

Menggunakan Dimensity 8200, Hadirkan Performa Mempuni Layaknya HP Flagship
Menggunakan Dimensity 8200, Hadirkan Performa Mempuni Layaknya HP Flagship

Jika kamu menginginkan HP gaming dengan performa mumpuni namun dana terbatas, vivo V27 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. HP ini memiliki performa yang dahsyat dan harga yang bersahabat, berkat chipset MediaTek Dimensity 8200 yang menjadi sumber kekuatannya.

Chipset Dimensity 8200 ini dibangun dengan fabrikasi 4 nm, yang membuat efisiensi dayanya setara dengan SoC flagship di luar sana. Dalam sektor CPU, chipset ini memiliki konstruksi octa-core yang terdiri dari satu unit ARM Cortex A78 (3,1 GHz), tiga unit ARM Cortex A78 (3,0 GHz), dan empat inti ARM Cortex A55 (2,0 GHz).

HP vivo V27 Pro adalah salah satu HP pertama yang menggunakan chipset Dimensity 8200. Chipset ini juga didukung oleh Mali G610 MC6 yang dapat memberikan pengalaman visual yang optimal.

Fitur HyperEngine 6.0 dari Dimensity 8200 juga hadir untuk meningkatkan performa saat bermain gim dan menjaga jaringan internet tetap stabil. HP ini juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5X dengan kapasitas 8 GB atau 12 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 dengan kapasitas 128 GB atau 256 GB.

Selain itu, HP ini dilengkapi dengan Ultra Game Mode dan game sidebar yang memungkinkan pengguna memblokir notifikasi dan panggilan telepon saat sedang bermain gim. Game sidebar ini dapat diaktifkan atau tidak sesuka hati dan berisi shortcut yang mengarah pada pengaturan yang berhubungan dengan gim.

HP vivo V27 Pro mendapatkan skor benchmark AnTuTu v9 sebanyak 846.767 poin, yang lebih unggul dibandingkan dengan beberapa HP seperti vivo V25 Pro, POCO X5 Pro, OPPO Reno8 Pro, dan POCO F4. Pada pengujian Geekbench 5, HP ini mencetak skor 996 poin untuk single core dan 3933 poin untuk multi-core.

Meski fokus pada fotografi, HP vivo V27 Pro memiliki performa yang cukup mumpuni untuk bermain gim. Hasil uji CPU Throttling Test selama 60 menit menunjukkan stabilitas sebesar 81 persen, sedangkan performa GPU di HP ini mencapai stabilitas 99,5% pada pengetesan 3D Mark. Dengan performa seperti itu, HP ini dapat menunjang durasi permainan gim yang cukup lama tanpa menurunkan performa.

3. Mempunyai Kamera yang Luar Biasa

Mempunyai Kamera yang Luar Biasa
Mempunyai Kamera yang Luar Biasa

Salah satu keunggulan dari vivo V27 Pro adalah kemampuan kameranya yang luar biasa. Terdapat sensor kamera Sony IMX 766 dengan resolusi 50 MP di belakang ponsel ini. Kamera tersebut dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) untuk menghindari gambar yang buram dan mempertahankan detail gambar dengan baik, terutama pada kondisi pengambilan gambar dengan shutter berdurasi lama seperti pada mode malam.

Kamera utama dengan resolusi 50 MP tersebut memiliki ukuran sensor 1/1.56 inci dengan focal length 23 mm dan aperture f/1.88. Ponsel ini juga menggunakan filter warna quad bayer yang memungkinkan empat piksel untuk digabung menjadi satu piksel raksasa untuk menyerap lebih banyak cahaya sehingga hasil output gambar menjadi 12,5 MP dengan detail dan kualitas yang lebih baik.

Selain itu, kamera utama ini juga dapat menghasilkan gambar pada resolusi tinggi (high res) dengan output gambar 50 MP dan ukuran file yang lebih besar untuk menghindari pecahnya gambar saat di-zoom. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur pembesaran lossless hingga 2x.

Vivo V27 Pro juga dilengkapi dengan dua kamera belakang lainnya yaitu kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Sayangnya, kamera ultrawide di ponsel ini tidak didukung dengan autofokus seperti pada kamera utama.

Kamera depan vivo V27 Pro beresolusi 50 MP (Samsung ISOCELL S5KJN1) dengan desain punch hole yang elegan. Pengguna dapat menghasilkan foto pada filter quad bayer dan opsi untuk menghasilkan foto selfie 50 MP. Namun, menurut GSM Arena, tidak ada perbedaan kualitas yang signifikan antara mode biasa dan mode 50 MP.

Fitur fotografi pada vivo V27 Pro sangat unik dan memudahkan pengguna untuk menghasilkan foto dan video yang berkualitas. Terdapat berbagai filter mode malam seperti Black and Gold, Cyberpunk, dan Blue Ice, serta fitur long exposure untuk memberikan efek lampu kota yang memukau di malam hari.

Pengguna juga dapat memaksimalkan pengalaman kreasi konten dengan menggunakan fitur teleprompter dan mode portrait yang dilengkapi dengan berbagai filter profesional seperti filter wedding. Fitur effect master pada kamera vivo V27 Pro memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat saturasi secara real time dari viewfinder-nya, mulai dari yang hitam-putih menjadi warna yang paling terlihat kontras.

Tidak hanya itu, kamera depan vivo V27 Pro juga mendukung stabilisasi gyro-EIS yang membuat pengalaman vlogging menjadi lebih menyenangkan. Kamera depan ini juga mendukung resolusi recording 4K hingga frame rate 60 FPS, fitur yang cukup jarang ditemukan pada HP mid-range lainnya.

4. Gaya Desain Elegan dan Minimalis

Gaya Desain Elegan dan Minimalis
Gaya Desain Elegan dan Minimalis

Gaya desain bodi smartphone saat ini terlihat serupa satu sama lain, tetapi beberapa merek berusaha tampil berbeda dengan rancangan bodi yang unik, salah satunya adalah vivo. Pada vivo V27 Pro, desain bodi minimalis namun elegan dengan warna bodi belakang yang bisa berubah-ubah berdasarkan pencahayaan sinar ultraviolet telah menghasilkan aura charming yang memikat.

Modul kamera pada ponsel ini terlihat lebih besar dari kebanyakan ponsel lainnya dan mencakup tiga kamera belakang dengan lampu dual LED Flash yang berbentuk cincin. Kamera selfie ponsel ini berada pada desain punch hole yang diletakkan di tengah, meskipun punch hole ini berpotensi memberikan distraksi yang tidak perlu saat melakukan pekerjaan atau menikmati aktivitas multimedia.

Ketebalan bodi vivo V27 Pro telah berkurang drastis dibanding pendahulunya dan bobotnya cukup ringan. Pilihan warna tersedia dalam Magic Blue dan Noble Black, dan bodi belakang ponsel memiliki finishing matte sehingga tidak mudah menjadi sarang noda sidik jari.

5. Mempunyai Baterai Awet, Fast Charging

Mempunyai Baterai Awet, Fast Charging
Mempunyai Baterai Awet, Fast Charging

Vivo V27 Pro dirancang dengan memperhatikan kenyamanan pengguna. Bobotnya sangat ringan, dan ini disebabkan oleh baterai yang lebih kecil daripada banyak ponsel lain. Meskipun “hanya” memiliki baterai 4.600 mA non-removable, kapasitas tidak menjadi satu-satunya faktor dalam menentukan ketahanan masa pakai. vivo V27 Pro dilengkapi dengan chipset yang mempunyai fabrikasi 4 nm, sehingga dapat menekan penggunaan daya lebih baik lagi.

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa vivo V27 Pro mampu bertahan lebih lama daripada vivo V25 Pro yang memiliki baterai yang lebih besar (4.830 mAh). vivo V27 Pro memiliki skor ketahanan baterai 127 jam versi GSM Arena, sedangkan vivo V25 Pro hanya meraih 101 jam.

vivo V27 Pro diklaim mampu bertahan hingga 26 jam durasi panggilan telepon 3G, 18 jam web browsing, serta 21 jam pemutaran video. Selain itu, perangkat juga memiliki sistem penghematan daya yang dapat memperpanjang durasi pemakaian.

Untuk fitur pengisian dayanya, vivo V27 Pro dilengkapi dengan protokol 66 W FlashCharge yang memungkinkan pengisian daya yang cepat. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan kepala charger berdaya 80 W beserta kabelnya. Jika keluarga atau teman memiliki ponsel yang mendukung daya 80 W, charger ini akan sangat berguna.

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 51 menit untuk mengisi baterai vivo V27 Pro dari kosong hingga penuh. Ini lebih cepat dari vivo V25 Pro yang juga mendukung daya 66 W, namun membutuhkan waktu 1 jam 7 menit.

6. Adanya NFC dan Konektivitas Mumpuni Lainnya

Adanya NFC dan Konektivitas Mumpuni Lainnya
Adanya NFC dan Konektivitas Mumpuni Lainnya

Vivo V27 Pro menawarkan konektivitas yang canggih dengan dukungan NFC, yang memungkinkan pengguna untuk mengecek saldo eMoney dan eToll dengan mudah hanya dengan menempelkan kartu ke ponsel.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang cepat dan akurat, Bluetooth 5.3, serta protokol Wi-Fi 6. Dengan ini, pengguna dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil serta pengalaman penggunaan TWS yang minim latensi.

Penutup

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa vivo V27 Pro merupakan salah satu pilihan smartphone yang cukup menarik untuk dipertimbangkan. Kelebihan dari smartphone vivo V27 Pro ini yaitu kualitas layar unggul, menggunakan dimensity 8200, hadirkan performa mempuni layaknya hp flagship, mempunyai kamera yang luar biasa, gaya desain elegan dan minimalis, dan mempunyai baterai awet, fast charging.

Akan tetapi Vivo V27 Pro ini juga mempunyai beberapa kekurangannya. Meskipun begitu, jika kamu mencari smartphone dengan kamera yang mumpuni dan performa yang handal, vivo V27 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat.

Demikianlah artikel ini mengenai kelebihan Vivo V27 Pro, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar