Smartphone sudah menjadi barang penting ketika Anda ingin memotret maupun berkomunikasi dengan rekan kerja. Produk teknologi ini sangat mempengaruhi perkembangan hidup seseorang terutama pada anak-anak. Pengaruh terhadap tumbuh kembang anak sangat besar baik dari segi positif maupun negatif. Hal ini sangat penting diketahui mengingat si anak perlu pengawalan ketika menggunakan gadget.

kelebihan dan kerugian pengguaan gadget pada anak

Media telekomunikasi menyediakan beragam konten baik dari sisi positif hingga negatif. Tentu saja selaku orang yang lebih tua maupun orang tua, selalu peka dan perhatian ketika si anak memegang smartphone. Tidak selamanya smartphone dianggap buruk. Banyak manfaat bagi perkembangan kemampuan otaknya maupun skill dalam berkreativitas.

Beberapa manfaat dan kerugian gadget bagi tumbuh kembang anak

Manfaat Gadget

Meningkatkan perkembangan motorik

Kemampuan motorik berkaitan dengan kemampuan gerak-gerik anak ketika memainkan beragam tools yang ada di smartphone. hal itu dapat diketahui dari gerakan otot mata dan kemampuan tangan anak ketika memainkan game edukasi yang sudah terinstal di smartphone.

Melatih cara berpikir

Kemampuan berpikir anak dapat berkembang dengan pesat karena adanya unsur pemecahan masalah cukup ringan yang tersaji pada game edukasi. Selain itu, sang anak dapat menentukan solusi terbaik ketika dihadapkan dengan beragam tantangan yang harus dipecahkan ketika memainkan permainan.

Menumbuhkan kreativitas

Kreativitas anak akan tumbuh sejalan dengan perkembangan usianya. Hal ini tentu saja mendapat perhatian bagi orang tua untuk lebih jeli dan perhatian. Kreativitas anak dapat tumbuh ketika dihadapkan pada gambar maupun pensil warna. Namun, hal itu dapat dikembangkan dengan adanya game edukasi yang terinstal pada gadget.

Kekurangan gadget

Penglihatan terganggu

Banyak manfaat yang dapat diambil jika mengambil sisi positif dari gadget. Selain itu, terdapat kekurangan penggunaan gadget terutama pada kesehatan. Salah satunya adalah terganggunya penglihatan. Hal ini diakibatkan karena mata secara terus-menerus menatap layar gadget tanpa istirahat. Namun, hal ini dapat dikurangi dengan menggunakan Bluelight Filter untuk mengurangi pengaruh buruknya.

Sakit kepala

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala ketika menggunakan smartphone secara terus-menerus? Hal ini disebabkan adanya pola tidur yang tidak teratur akibat berkurangnya jam biologis. Hal ini disebabkan penggunaan smartphone secara terus-menerus hingga berjam-jam lamanya.

Penggunaan smartphone tentu perlu jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan. Produk inovasi ini memiliki dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Perlu kehati-hatian dan perhatian bagi orang tua ketika si anak memanfaatkan gadget untuk hiburan semata yang edukatif.

Bagikan:

Tinggalkan komentar