Jurusan Kuliah IPS
Jurusan Kuliah IPS

Jurusan Kuliah IPS – Pemilihan jurusan kuliah adalah langkah penting bagi siswa SMA, MA, dan SMK dalam mempersiapkan masa depan karier mereka. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti minat dan bakat, prospek karier, dan kebutuhan pasar kerja.

Dengan memilih jurusan yang tepat siswa SMA, MA, dan SMK dapat mempersiapkan diri untuk karier yang menantang dan menggairahkan, serta memiliki pemahaman tentang dunia sosial yang komprehensif dan berguna untuk terlibat dalam masyarakat.

Beberapa pilihan jurusan yang kami rekomendasikan ini ternyata masuk jurusan favorit yang memang untuk persaingannya sangat ketat. Beberapa lagi dikenal sebagai jurusan dengan peminat masih minim, akan tetapi tetap menjanjikan masa depan yang cerah, karena memiliki prospek karir yang sangat bagus.

Baca Juga Artikel Bingung Cara Memilih Jurusan Kuliah? Bigini Tipsnya

Dalam postingan kali ini kami akan memberikan penjelasan tetang jurusan kuliah ips bagi siswa SMA, MA, dan SMK untuk mempersiapkan masa depan. Rekomendasi tentang Unversitas bisa kamu simak di seputaruniv.com.

Daftar Rekomendasi Jurusan Kuliah IPS Beserta Prospek Kerja

Daftar Rekomendasi Jurusan Kuliah IPS Beserta Prospek Kerja
Daftar Rekomendasi Jurusan Kuliah IPS Beserta Prospek Kerja

Berikut ini merupakan daftar rekomendasi jurusan kuliah IPS untuk Anak SMA, MA dan SMK yang mempunyai prospek karir yang cerah, dan bisa menjadi salah pilihan jurusan yang cocok dengan bakat maupun minat Anda.

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah jurusan yang mempelajari tentang hubungan antar negara dan interaksi antar negara di seluruh dunia. Ini meliputi berbagai aspek, seperti politik, ekonomi, militer, dan budaya. Jurusan ini memberikan mahasiswa pemahaman tentang bagaimana negara-negara bekerja sama dan berkomunikasi satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka.

Mahasiswa HI akan mempelajari tentang perjanjian internasional, organisasi internasional, diplomasi, dan sejarah hubungan internasional. Mereka juga akan mempelajari isu-isu global seperti perdagangan, lingkungan, dan hak asasi manusia. Jurusan ini memfokuskan pada analisis kritis dan pemikiran kreatif untuk memecahkan masalah internasional dan memahami bagaimana hubungan antar negara mempengaruhi hidup orang.

Setelah lulus dari jurusan HI, mahasiswa memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan yang populer bagi lulusan HI adalah diplomat, analis politik, pengamat hubungan internasional, dan konsultan global. Beberapa lulusan HI juga bekerja untuk organisasi internasional seperti PBB, badan bantuan, dan lembaga internasional lainnya.

Lulusan HI juga dapat memilih karier dalam bidang keamanan nasional, seperti bekerja untuk intelijen atau militer. Mereka juga dapat memilih karier dalam perusahaan multinasional dan perusahaan konsultan. Dalam perusahaan, lulusan HI dapat membantu perusahaan memahami dan berinteraksi dengan pasar internasional dan membantu perusahaan mengatasi isu-isu global.

Prospek kerja untuk lulusan HI sangat baik karena demand untuk profesional yang memahami hubungan internasional dan isu-isu global terus meningkat. Lulusan HI dapat bekerja di seluruh dunia dan memiliki peluang untuk bekerja pada posisi yang menantang dan menguntungkan. Jurusan HI memberikan mahasiswa keterampilan penting seperti analisis, komunikasi, dan pemikiran kritis, yang berguna dalam berbagai bidang karier.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang mempelajari bagaimana individu dan kelompok saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Ini meliputi berbagai aspek, seperti verbal, nonverbal, dan media. Jurusan ini memfokuskan pada bagaimana komunikasi mempengaruhi individu dan masyarakat, dan bagaimana komunikasi membantu memecahkan masalah dan membangun hubungan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi akan mempelajari tentang teori komunikasi, sejarah komunikasi, dan bagaimana komunikasi berlangsung di berbagai situasi, seperti organisasi, masyarakat, dan bisnis. Mereka juga akan mempelajari bagaimana media mempengaruhi pemikiran dan perilaku orang, dan bagaimana membuat konten untuk media.

Setelah lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi, mahasiswa memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan yang populer bagi lulusan Ilmu Komunikasi adalah public relations, advertising, media, dan jurnalisme. Lulusan Ilmu Komunikasi juga dapat bekerja di sektor bisnis dan organisasi non-profit sebagai konsultan komunikasi atau perencana strategi komunikasi.

Lulusan Ilmu Komunikasi juga dapat memilih karier dalam produksi media, seperti film atau televisi, atau dalam industri hiburan sebagai pemasar atau manajer pemasaran. Mereka juga dapat bekerja dalam bidang penelitian, seperti menjalankan survei dan analisis perilaku pemirsa.

Prospek kerja untuk lulusan Ilmu Komunikasi sangat baik karena komunikasi memegang peran penting dalam berbagai sektor. Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki keterampilan penting seperti komunikasi efectif, analisis, dan pemikiran kritis, yang berguna dalam berbagai bidang karier. Mereka memiliki peluang untuk bekerja dalam lingkup nasional dan internasional dan memiliki banyak pilihan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis adalah jurusan yang mempelajari tentang manajemen dan operasi bisnis, termasuk strategi, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Jurusan ini juga memfokuskan pada bagaimana memimpin dan mengelola sumber daya manusia, seperti pegawai dan karyawan.

Mahasiswa Administrasi Bisnis akan mempelajari tentang berbagai aspek bisnis, seperti akuntansi, pemasaran, dan manajemen produksi. Mereka juga akan mempelajari tentang bagaimana membuat keputusan bisnis yang efektif dan bagaimana memimpin dan mengelola organisasi.

Setelah lulus dari jurusan Administrasi Bisnis, mahasiswa memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan yang populer bagi lulusan Administrasi Bisnis adalah manajer, analis bisnis, dan konsultan bisnis. Lulusan Administrasi Bisnis juga dapat bekerja dalam sektor publik atau swasta sebagai perencana strategi bisnis, manajer operasi, atau manajer produksi.

Lulusan Administrasi Bisnis juga dapat memilih karier dalam bidang pemasaran, seperti menjalankan analisis pasar dan mengembangkan strategi pemasaran. Mereka juga dapat bekerja dalam bidang keuangan, seperti analis keuangan atau manajer keuangan.

Prospek kerja untuk lulusan Administrasi Bisnis sangat baik karena setiap bisnis membutuhkan profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen bisnis. Lulusan Administrasi Bisnis memiliki keterampilan penting seperti analisis, perencanaan, dan pemecahan masalah, yang berguna dalam berbagai bidang karier. Mereka memiliki peluang untuk bekerja dalam lingkup nasional dan internasional dan memiliki banyak pilihan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Psikologi

Psikologi adalah jurusan yang mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Jurusan ini melibatkan studi tentang bagaimana manusia berpikir, merasa, dan bertindak. Mahasiswa Psikologi mempelajari teori dan metodologi untuk menganalisis dan memahami perilaku manusia, serta menggunakan pengetahuan ini untuk membantu orang yang membutuhkan.

Mahasiswa Psikologi akan mempelajari tentang bagaimana perilaku manusia dipengaruhi oleh faktor biologis, lingkungan, dan kultur. Mereka juga akan mempelajari tentang berbagai teori perilaku dan pengembangan, seperti teori perkembangan psikologis, perkembangan sosial dan emosional, dan perkembangan kognitif.

Setelah lulus dari jurusan Psikologi, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan yang populer bagi lulusan Psikologi adalah psikolog klinis, psikolog pendidikan, dan psikolog organisasi. Lulusan Psikologi juga dapat bekerja sebagai terapis, konselor, atau mediator.

Lulusan Psikologi juga dapat memilih karier dalam bidang penelitian, seperti menjalankan penelitian dan menganalisis data untuk memahami perilaku manusia. Mereka juga dapat bekerja dalam bidang forensik, seperti berkontribusi dalam pemeriksaan kepribadian dan menyelidiki tindak kejahatan.

Prospek kerja untuk lulusan Psikologi sangat baik, karena seiring dengan meningkatnya kesadaran tentang kesehatan mental dan pentingnya perawatan mental, permintaan akan profesional dalam bidang Psikologi semakin meningkat. Lulusan Psikologi memiliki keterampilan penting seperti analisis, komunikasi, dan pemecahan masalah, yang sangat berguna dalam berbagai bidang karier. Mereka memiliki peluang untuk bekerja dalam lingkup nasional dan internasional dan memiliki banyak pilihan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana perekonomian sebuah negara dapat berkembang dan memperbaiki kualitas hidup penduduknya. Mahasiswa Ekonomi Pembangunan mempelajari teori dan praktik ekonomi dan pembangunan, termasuk bagaimana pemerintah, sektor swasta, dan organisasi internasional berkontribusi dalam membangun perekonomian.

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan akan mempelajari tentang bagaimana perekonomian negara berkembang dan bagaimana mengatasi masalah ekonomi, seperti kemiskinan, ketidakadilan, dan ketidakstabilan perekonomian. Mereka juga akan mempelajari tentang bagaimana pembangunan berkelanjutan dapat menjadi prioritas dalam perencanaan pembangunan ekonomi.

Setelah lulus dari jurusan Ekonomi Pembangunan, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan yang populer bagi lulusan Ekonomi Pembangunan adalah analis pembangunan, perencana pembangunan, dan peneliti pembangunan. Lulusan Ekonomi Pembangunan juga dapat bekerja sebagai konsultan pembangunan, perencana proyek, atau pejabat pemerintah dalam bidang pembangunan.

Lulusan Ekonomi Pembangunan juga dapat memilih karier dalam bidang internasional, seperti bekerja untuk organisasi pembangunan seperti Bank Dunia atau PBB. Mereka juga dapat bekerja sebagai perwakilan dari negara mereka dalam negosiasi pembangunan internasional.

Prospek kerja untuk lulusan Ekonomi Pembangunan sangat baik, karena permintaan akan profesional dalam bidang pembangunan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan semakin meningkat. Lulusan Ekonomi Pembangunan memiliki keterampilan penting seperti analisis, perencanaan, dan komunikasi, yang sangat berguna dalam berbagai bidang karier. Mereka memiliki peluang untuk bekerja dalam lingkup nasional dan internasional dan memiliki banyak pilihan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Administrasi Fiskal

Administrasi Fiskal adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kebijakan fiskal yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai tujuannya dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Mahasiswa Administrasi Fiskal mempelajari teori dan praktik pengelolaan keuangan publik, termasuk bagaimana pemerintah mengumpulkan, mengelola, dan mengeluarkan dana untuk membiayai program dan kebijakan publik.

Mahasiswa Administrasi Fiskal akan mempelajari bagaimana pemerintah menentukan prioritas pengeluaran, mengendalikan pengeluaran dan penerimaan, dan mengatasi masalah fiskal, seperti defisit dan hutang publik. Mereka juga akan mempelajari tentang bagaimana pemerintah membuat kebijakan fiskal yang berkesinambungan dan memenuhi tujuan pembangunan ekonomi dan sosial.

Setelah lulus dari jurusan Administrasi Fiskal, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan yang populer bagi lulusan Administrasi Fiskal adalah analis fiskal, perencana keuangan publik, dan auditor pemerintah. Lulusan Administrasi Fiskal juga dapat bekerja sebagai pegawai pemerintah dalam bidang keuangan publik atau bekerja dalam sektor swasta sebagai konsultan fiskal.

Prospek kerja bagi lulusan Administrasi Fiskal sangat baik, karena permintaan akan profesional dalam bidang keuangan publik dan pengelolaan dana publik semakin meningkat. Lulusan Administrasi Fiskal memiliki keterampilan penting seperti analisis, perencanaan, dan komunikasi, yang sangat berguna dalam berbagai bidang karier. Mereka memiliki peluang untuk bekerja dalam lingkup nasional dan internasional dan memiliki banyak pilihan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Akuntansi

Akuntansi adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana mencatat, mengelola, dan menganalisis informasi keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Mahasiswa Akuntansi akan mempelajari bagaimana menyiapkan laporan keuangan, mengevaluasi kinerja finansial perusahaan, dan memberikan saran untuk pengambilan keputusan bisnis yang bijaksana.

Mahasiswa Akuntansi juga akan mempelajari bagaimana mematuhi peraturan dan standar akuntansi yang berlaku, serta memahami proses pemeriksaan dan audit laporan keuangan. Mereka akan belajar tentang perencanaan keuangan, pengendalian biaya, dan analisis investasi, sehingga mereka dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya dan membuat keputusan yang bijaksana dalam hal pengelolaan keuangan.

Setelah lulus dari jurusan Akuntansi, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan populer bagi lulusan Akuntansi adalah akuntan, auditor, analis keuangan, dan konsultan keuangan. Lulusan Akuntansi juga dapat bekerja di departemen akuntansi dalam perusahaan atau bekerja sebagai akuntan independen.

Prospek kerja bagi lulusan Akuntansi sangat baik, karena setiap perusahaan membutuhkan profesional yang dapat menangani laporan keuangan dan memastikan keteraturan dalam pengelolaan keuangan. Lulusan Akuntansi memiliki keterampilan yang berguna dan diterima luas seperti analisis, komunikasi, dan problem solving, yang membuat mereka dapat berkarier dalam berbagai industri. Mereka juga memiliki kesempatan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Manajemen Perhotelan

Manajemen Perhotelan adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana mengelola dan memanajemen bisnis perhotelan dan pariwisata. Mahasiswa Manajemen Perhotelan akan mempelajari tentang bagaimana menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi tamu, memastikan kenyamanan dan keamanan mereka, serta memastikan bisnis perhotelan berjalan lancar.

Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengelola operasi perhotelan seperti pemesanan kamar, makan, dan layanan lainnya, memastikan bahwa layanan yang diberikan memenuhi harapan tamu. Mereka juga akan belajar bagaimana mengelola staf dan memastikan bahwa setiap anggota staf memahami tugas dan tanggung jawab mereka.

Setelah lulus dari jurusan Manajemen Perhotelan, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan populer bagi lulusan Manajemen Perhotelan adalah manajer hotel, manajer departemen, spesialis pemasaran perhotelan, dan manajer operasi. Lulusan juga dapat bekerja untuk perusahaan pariwisata dan industri hiburan lainnya.

Prospek kerja bagi lulusan Manajemen Perhotelan sangat baik, karena setiap perusahaan di industri perhotelan dan pariwisata membutuhkan profesional yang dapat memastikan bisnis berjalan dengan baik dan memenuhi harapan tamu. Lulusan Manajemen Perhotelan memiliki keterampilan yang berguna seperti manajemen, komunikasi, dan pemecahan masalah, yang membuat mereka dapat berkarier dalam berbagai posisi dalam industri perhotelan dan pariwisata. Mereka juga memiliki kesempatan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Perpajakan

Perpajakan adalah jurusan yang mempelajari tentang peraturan pajak, prosedur pemungutan pajak, dan bagaimana memastikan perusahaan dan individu mematuhi undang-undang pajak. Mahasiswa Perpajakan akan mempelajari tentang bagaimana membuat laporan pajak, mengelola laporan pajak perusahaan, dan menjelaskan peraturan pajak kepada klien.

Mahasiswa akan mempelajari tentang pajak penghasilan, pajak perusahaan, dan pajak properti. Mereka juga akan belajar bagaimana mengelola dan memastikan bahwa laporan pajak perusahaan dan individu memenuhi peraturan pajak yang berlaku.

Setelah lulus dari jurusan Perpajakan, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan populer bagi lulusan Perpajakan adalah akuntan pajak, spesialis pajak, dan konsultan pajak. Lulusan juga dapat bekerja untuk perusahaan besar, kantor akuntan publik, atau menjalankan bisnis sendiri sebagai konsultan pajak independen.

Prospek kerja bagi lulusan Perpajakan sangat baik, karena setiap perusahaan dan individu membutuhkan profesional yang dapat membantu mereka memenuhi kewajiban pajak mereka dan memastikan bahwa laporan pajak mereka memenuhi peraturan pajak yang berlaku. Lulusan Perpajakan memiliki keterampilan yang berguna seperti analisis, pemecahan masalah, dan komunikasi, yang membuat mereka dapat berkarier dalam berbagai posisi dalam industri akuntansi dan perpajakan. Mereka juga memiliki kesempatan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Manajemen Perbankan

Manajemen Perbankan adalah jurusan yang mempelajari tentang cara kerja perbankan dan bagaimana memastikan keberlangsungan dan kesuksesan perbankan. Mahasiswa Manajemen Perbankan akan mempelajari tentang produk dan layanan perbankan, operasi perbankan, manajemen risiko, dan regulasi perbankan. Mereka juga akan mempelajari tentang bagaimana mengelola aktivitas perbankan dan bagaimana memastikan bahwa keputusan bisnis perbankan memenuhi tuntutan pelanggan dan regulator.

Mahasiswa akan mempelajari tentang produk perbankan seperti deposito, pinjaman, dan kartu kredit, serta layanan seperti remitansi dan pembayaran. Mereka juga akan belajar bagaimana mengelola risiko perbankan dan memastikan bahwa perbankan memenuhi peraturan yang berlaku.

Setelah lulus dari jurusan Manajemen Perbankan, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan populer bagi lulusan Manajemen Perbankan adalah manajer perbankan, analis perbankan, dan spesialis layanan keuangan. Lulusan juga dapat bekerja di perusahaan perbankan besar, lembaga keuangan non-bank, atau regulator perbankan.

Prospek kerja bagi lulusan Manajemen Perbankan sangat baik, karena perbankan dan lembaga keuangan lainnya selalu membutuhkan profesional yang dapat membantu mereka memastikan bahwa operasi dan produk perbankan memenuhi regulasi yang berlaku. Lulusan Manajemen Perbankan memiliki keterampilan seperti analisis, pemecahan masalah, dan komunikasi yang sangat berguna dalam industri perbankan. Mereka juga memiliki kesempatan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Manajemen Pariwisata

Manajemen Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana membangun, mengelola, dan meningkatkan bisnis pariwisata. Mahasiswa Manajemen Pariwisata akan mempelajari tentang produk pariwisata, seperti paket wisata, akomodasi, dan transportasi, serta bagaimana mempromosikan destinasi pariwisata. Mereka juga akan mempelajari tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia dan memastikan bahwa pengalaman pelanggan memenuhi atau melebihi harapan.

Mahasiswa akan mempelajari tentang produk pariwisata, seperti paket wisata, akomodasi, dan transportasi, serta bagaimana mempromosikan destinasi pariwisata. Mereka juga akan belajar bagaimana mengelola sumber daya manusia dan memastikan bahwa pengalaman pelanggan memenuhi atau melebihi harapan.

Setelah lulus dari jurusan Manajemen Pariwisata, lulusan memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan populer bagi lulusan Manajemen Pariwisata adalah manajer pariwisata, spesialis pemasaran pariwisata, dan analis pariwisata. Lulusan juga dapat bekerja di perusahaan pariwisata, biro wisata, hotel, atau maskapai penerbangan.

Prospek kerja bagi lulusan Manajemen Pariwisata sangat baik, karena industri pariwisata selalu membutuhkan profesional yang memiliki pengetahuan tentang produk pariwisata dan bagaimana memastikan pengalaman pelanggan yang memuaskan. Lulusan Manajemen Pariwisata memiliki keterampilan seperti komunikasi, manajemen proyek, dan pemecahan masalah yang sangat berguna dalam industri pariwisata. Mereka juga memiliki kesempatan untuk mengejar karier yang menantang dan menguntungkan.

Jurusan Fashion Bisnis

Jurusan Fashion Bisnis merupakan salah satu program studi yang mempelajari tentang manajemen dan bisnis dalam industri mode. Program ini menekankan pada pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen produksi, pemasaran, dan bisnis mode, serta memahami perkembangan dan tren dalam dunia mode.

Lulusan dari jurusan Fashion Bisnis memiliki banyak prospek kerja di berbagai bidang, seperti retail fashion, perusahaan fashion, perusahaan e-commerce, perusahaan produksi pakaian, dan perusahaan konsultasi mode. Mereka juga dapat bekerja sebagai manajer produksi, manajer pemasaran, dan bisnis development manager dalam industri mode.

Lulusan dari jurusan Fashion Bisnis juga memiliki peluang untuk memulai bisnis sendiri dalam bidang mode, seperti membuka toko pakaian, label pakaian, dan e-commerce fashion.

Kemampuan dan pengetahuan dalam manajemen dan bisnis, serta minat dan passion dalam dunia mode akan membantu lulusan jurusan Fashion Bisnis untuk sukses dalam karier mereka. Namun, mereka juga harus terus belajar dan memperbarui diri untuk mengikuti perkembangan dan tren dalam dunia mode yang selalu berubah dan berkembang.

Jurusan Ekonomi Syariah

Program studi Ekonomi Syariah adalah program studi yang mempelajari tentang sistem ekonomi berdasarkan prinsip-prinsip syariah (hukum Islam). Program ini mencakup topik-topik seperti teori dan praktik ekonomi syariah, perbankan syariah, keuangan syariah, pembiayaan syariah, pajak syariah, dan ekonomi internasional syariah.

Prospek kerja lulusan Ekonomi Syariah cukup bagus, karena banyak perusahaan dan lembaga yang membutuhkan profesional dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang ekonomi syariah. Beberapa bidang kerja yang dapat diambil oleh lulusan Ekonomi Syariah antara lain sebagai analis keuangan syariah, manajer perbankan syariah, konsultan pajak syariah, dan konsultan keuangan syariah. Lulusan juga dapat bekerja pada lembaga pemerintah seperti Badan Wakaf Nasional atau Otoritas Jasa Keuangan.

Namun, perlu diingat bahwa pasar kerja Ekonomi Syariah masih relatif terbatas dan kompetisi untuk memperoleh pekerjaan dalam bidang ini cukup ketat. Oleh karena itu, lulusan Ekonomi Syariah harus memiliki skill dan kemampuan yang baik untuk dapat bersaing dan sukses dalam bidang ini.

Jurusan Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia adalah program studi yang mempelajari tentang kebudayaan dan kebahasaan Indonesia. Mahasiswa akan mempelajari tentang sastra, teori sastra, sejarah sastra, dan budaya Indonesia. Mereka juga akan mempelajari tentang teori dan praktik menulis, membaca, dan menganalisis teks sastra, serta memahami dan mengevaluasi warisan sastra Indonesia.

Prospek kerja untuk lulusan jurusan Sastra Indonesia meliputi bidang pendidikan, jurnalistik, pertelevisian, perfilman, pariwisata, dan industri kreatif. Mereka dapat menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia, penulis, penterjemah, penyunting, pengajar, atau pekerja di lembaga pemerintah yang berhubungan dengan kebudayaan dan pariwisata. Mereka juga dapat bekerja sebagai jurnalis, pewarta, atau penyiar, atau bekerja di industri perfilman sebagai penulis skenario, produser, atau pemerhati film. Beberapa lulusan juga dapat menjadi pemasar pariwisata, yang mempromosikan destinasi wisata Indonesia kepada wisatawan asing.

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris merupakan program studi yang mempelajari tentang bahasa, literatur, dan budaya Inggris. Program ini menekankan pada pemahaman tentang bahasa Inggris secara mendalam, serta mempelajari berbagai jenis teks, seperti novel, puisi, drama, dan lainnya.

Lulusan dari jurusan         Inggris memiliki banyak prospek kerja, seperti dalam bidang pendidikan, bahasa, dan pariwisata. Mereka dapat bekerja sebagai guru bahasa Inggris, translator, dan pemandu wisata. Selain itu, lulusan dari jurusan Sastra Inggris juga dapat bekerja di perusahaan multinasional, baik sebagai pemasar atau pekerja di bidang customer service yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Lulusan dari jurusan Sastra Inggris juga memiliki peluang untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti magister atau doktor dalam bidang bahasa, literatur, atau budaya Inggris.

Untuk mencapai karier yang sukses dalam bidang Sastra Inggris, lulusan harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Mereka juga harus memahami perkembangan dan tren dalam dunia bahasa dan literatur, serta terus belajar dan berkembang demi meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Jurusan Kesejahteraan Sosial

Kuliah jurusan Kesejahteraan Sosial merupakan salah satu program studi yang mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan yang berorientasi pada kesejahteraan sosial. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang masalah-masalah sosial, perilaku manusia dan kelompok, serta pengembangan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Prospek kerja bagi lulusan jurusan Kesejahteraan Sosial cukup luas, karena banyak perusahaan dan organisasi baik pemerintah maupun swasta yang membutuhkan profesional dalam bidang ini. Beberapa contohnya adalah bekerja sebagai staf perencanaan dan evaluasi program kesejahteraan sosial, staf pembinaan dan pelatihan masyarakat, staf pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, konsultan pembangunan masyarakat, dan lainnya.

Selain itu, lulusan jurusan Kesejahteraan Sosial juga bisa membuka praktek mandiri sebagai konsultan pembangunan masyarakat atau berkiprah dalam lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang pembangunan sosial, seperti Yayasan, LSM, atau perusahaan sosial.

Dengan demikian, kuliah jurusan Kesejahteraan Sosial menawarkan banyak prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusannya, serta memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Jurusan Tata Rias dan Kecantikan merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang cara merawat dan mempercantik diri. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik riasan, pemijatan, pembuatan skincare, dan perawatan rambut. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang trend fashion, warna, dan tata rias yang sesuai dengan bentuk wajah.

Setelah lulus dari jurusan Tata Rias dan Kecantikan, para lulusan dapat bekerja di berbagai bidang, seperti:

  1. Salon Kecantikan: Lulusan dapat bekerja sebagai tata rias atau perawat rambut di salon kecantikan.
  2. Industri Kecantikan dan Perawatan Diri: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan produk kecantikan atau perawatan diri, seperti skincare dan make up.
  3. Industri Fashion: Lulusan dapat bekerja sebagai tata rias atau stylist untuk photoshoot, pemotretan, atau acara-acara tertentu.
  4. Perusahaan Kecantikan: Lulusan dapat bekerja sebagai peneliti produk kecantikan atau perawatan diri.
  5. Pendidikan: Lulusan dapat menjadi guru atau instruktur di sekolah tata rias atau kecantikan.

Dengan semakin berkembangnya industri kecantikan dan perawatan diri, prospek kerja bagi lulusan jurusan Tata Rias dan Kecantikan sangat baik. Selain itu, bidang ini juga membutuhkan profesional yang memahami teknik dan trend terbaru dalam tata rias dan kecantikan, sehingga para lulusan dapat menjadi pemimpin dalam industri ini.

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu program studi yang mempelajari tentang desain grafis, animasi, ilustrasi, dan pembuatan produk visual lainnya. Mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari tentang teori dan praktik dalam bidang visual dan kreatif, serta diajarkan cara untuk mengkomunikasikan ide dan pesan melalui medium visual seperti poster, logo, brosur, dan lain-lain.

Prospek kerja untuk lulusan DKV cukup baik, karena banyak perusahaan dan industri yang membutuhkan jasa mereka dalam membuat produk visual yang efektif dan memikat. Beberapa posisi yang dapat diambil oleh lulusan DKV adalah sebagai desainer grafis, animator, ilustrator, visual merchandiser, art director, dan masih banyak lagi. Mereka juga dapat membuka bisnis sendiri dalam bidang desain kreatif, atau bekerja sebagai freelancer.

Dengan memiliki kemampuan dalam berkreasi dan mengkomunikasikan ide melalui media visual, lulusan DKV dapat menemukan peluang kerja yang menyenangkan dan menghasilkan. Mereka juga dapat menemukan karier yang berkembang dan memiliki potensi kenaikan gaji yang baik dalam industri yang berkembang dan selalu membutuhkan inovasi visual yang menarik.

Jurusan Penyiaran

Jurusan Penyiaran adalah salah satu program studi yang mempelajari bagaimana memproduksi dan menyampaikan pesan melalui media elektronik seperti radio dan televisi. Mahasiswa akan belajar tentang teknik produksi, pembuatan program acara, teknik pembicaraan, dan pembuatan skrip. Mereka juga akan mempelajari tentang regulasi dan etika dalam industri penyiaran.

Setelah lulus dari jurusan Penyiaran, lulusan dapat bekerja di industri penyiaran seperti stasiun televisi atau radio, perusahaan produksi, atau bahkan memulai usaha sendiri. Mereka dapat bekerja sebagai produser, presenter, pembawa acara, penulis skrip, atau pembuat program.

Prospek kerja lulusan Penyiaran juga cukup baik karena industri penyiaran membutuhkan profesional yang memahami teknik dan regulasi dalam penyiaran. Dengan kemampuan yang diterima selama kuliah, lulusan Penyiaran dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Namun, seperti industri lain, persaingan untuk menemukan pekerjaan di industri penyiaran cukup ketat. Oleh karena itu, lulusan harus memiliki kemampuan yang baik dan jaringan yang kuat untuk meningkatkan peluang kerjanya.

Jurusan Ilmu Hukum

Ilmu Hukum adalah salah satu jurusan yang menjadi pilihan banyak mahasiswa saat ini. Ilmu Hukum mempelajari tentang hukum dan sistem hukum yang ada di sebuah negara, termasuk bagaimana hukum tersebut diterapkan dan bagaimana hukum dapat berubah dan berkembang. Dalam kuliah Ilmu Hukum, mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai aspek hukum, seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum bisnis, hukum internasional, dan lain-lain.

Setelah lulus dari jurusan Ilmu Hukum, ada banyak prospek kerja yang dapat dipilih. Beberapa di antaranya adalah sebagai pengacara, hakim, jaksa, notaris, konsultan hukum, dan lain-lain. Selain itu, banyak juga perusahaan dan organisasi yang membutuhkan profesional hukum untuk membantu mereka dalam hal hukum dan memastikan bahwa mereka beroperasi sesuai dengan hukum yang berlaku.

Dengan pemahaman yang kuat tentang hukum dan sistem hukum, lulusan Ilmu Hukum memiliki keterampilan yang berguna dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang pekerjaan. Beberapa di antaranya memiliki prospek karir yang bagus dan memungkinkan mereka untuk berkontribusi secara signifikan bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu, jurusan Ilmu Hukum sangat cocok bagi mereka yang ingin memilih karir dalam bidang hukum dan memiliki passion terhadap hal-hal yang berbau hukum.

Jurusan Kriminologi

Kriminologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang tindak kejahatan, penyebab terjadinya kejahatan, dan upaya untuk mencegah dan memeranginya. Dalam kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai konsep-konsep penting dalam kriminologi, seperti teori kejahatan, profil pelaku kejahatan, dan pencegahan kejahatan.

Setelah lulus dari jurusan kriminologi, ada banyak peluang kerja yang tersedia bagi lulusan. Beberapa contohnya adalah sebagai investigasi kejahatan, analis keamanan, konsultan kriminal, dan penasehat hukum. Lulusan juga bisa bekerja di lembaga-lembaga publik seperti kepolisian, departemen keamanan, dan kejaksaan.

Di luar profesi terkait keamanan dan hukum, lulusan kriminologi juga bisa bekerja dalam bidang yang berhubungan dengan sosial, seperti program-program pencegahan kejahatan dan rehabilitasi bagi pelaku kejahatan. Ada juga kesempatan untuk berkarier dalam bidang penelitian dan akademis, seperti menjadi peneliti atau dosen di universitas.

Namun, prospek kerja seorang lulusan kriminologi juga tergantung pada kualifikasi dan pengalaman yang dimilikinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi lulusan untuk mengasah kemampuannya dan membangun portofolio yang kuat untuk meningkatkan peluang kerjanya.

Jurusan Sosiologi

Jurusan Sosiologi adalah salah satu program studi yang mempelajari tentang perilaku dan hubungan sosial dalam masyarakat. Sosiolog mempelajari bagaimana individu dan kelompok-kelompok berinteraksi satu sama lain dan bagaimana peraturan sosial, budaya, dan ekonomi mempengaruhi perilaku mereka. Studi Sosiologi memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai isu sosial, seperti kebijakan publik, diskriminasi, perubahan sosial, dan kemiskinan.

Setelah lulus dari program studi Sosiologi, lulusan dapat bekerja di berbagai bidang, seperti sektor publik, seperti pemerintah, lembaga-lembaga swasta, organisasi nirlaba, dan perusahaan. Beberapa pekerjaan yang biasanya diambil oleh lulusan Sosiologi meliputi peneliti sosial, konsultan sosial, analis data, penasihat kebijakan publik, dan pelatih organisasi. Lulusan Sosiologi juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti magister dan doktor, dan memasuki bidang akademis.

Prospek kerja untuk lulusan Sosiologi sangat baik, karena bidang ini membutuhkan profesional yang memahami perubahan sosial dan bagaimana memecahkan masalah sosial. Lulusan Sosiologi dapat bekerja dengan berbagai organisasi dan lembaga, seperti pemerintah, lembaga-lembaga swasta, dan organisasi-organisasi nirlaba, untuk membantu memahami dan memecahkan masalah sosial yang ada. Selain itu, Sosiologi merupakan bidang yang selalu berkembang, sehingga membutuhkan profesional yang terus-menerus mempelajari dan memahami perubahan sosial. Oleh karena itu, prospek kerja untuk lulusan Sosiologi sangat baik dan banyak tersedia kesempatan kerja yang menjanjikan.

Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan Manajemen Pemasaran adalah bidang studi yang mempelajari tentang strategi dan taktik untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari berbagai aspek dari manajemen pemasaran, seperti pemasaran produk, pemasaran jasa, pemasaran digital, analisis pasar, dan perencanaan strategis.

Prospek kerja bagi lulusan jurusan Manajemen Pemasaran sangat baik, karena mereka dapat bekerja di berbagai jenis industri dan perusahaan. Lulusan jurusan ini bisa menjadi konsultan pemasaran, analis pemasaran, manajer produk, manajer pemasaran digital, atau pekerja di bidang pemasaran dan hubungan masyarakat. Selain itu, mereka juga dapat memulai bisnis sendiri dalam bidang pemasaran dan manajemen produk.

Lulusan jurusan Manajemen Pemasaran memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pasar, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, dan mempromosikan produk atau jasa dengan cara yang efisien dan menguntungkan. Mereka juga memahami bagaimana menggunakan teknologi digital dan data untuk mempromosikan produk dan jasa, serta memahami cara menjalankan riset pasar dan melakukan analisis untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Jurusan lmu Politik

Ilmu Politik adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari interaksi antar individu dan kelompok dalam pengambilan keputusan politik dan pemerintahan. Jurusan Ilmu Politik mengkaji bagaimana teori politik dan praktik politik bekerja, termasuk aspek-aspek seperti pemilihan umum, partai politik, pemerintahan, hukum, dan politik internasional.

Prospek kerja untuk lulusan Ilmu Politik cukup luas, karena bidang ini terkait dengan banyak sektor industri dan pemerintahan. Banyak lulusan Ilmu Politik bekerja sebagai analis politik, konsultan politik, pengacara, pemerhati politik, dan staf pemerintah. Ada juga beberapa lulusan Ilmu Politik yang memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti doktor atau pascasarjana dalam bidang politik.

Beberapa pekerjaan lain yang dapat ditempuh oleh lulusan Ilmu Politik antara lain: penulis atau wartawan politik, pegiat lingkungan, pengacara lingkungan, dan staf legislatif. Lulusan juga dapat bekerja di sektor swasta, seperti perusahaan konsultan pemerintah atau sebagai wakil perusahaan dalam hubungan dengan pemerintah. Dalam industri politik, lulusan Ilmu Politik sering bekerja sebagai strateg politik atau kampanye elektoral.

Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan Manajemen Pemasaran adalah salah satu jurusan yang mempelajari bagaimana mempromosikan, menjual, dan memasarkan produk atau jasa dengan cara yang efektif dan efisien. Jurusan ini membahas berbagai hal seperti strategi pemasaran, pengembangan produk, segmentasi pasar, targeting, posisioning, analisis bisnis, dan manajemen branding.

Prospek kerja jurusan Manajemen Pemasaran sangat baik karena banyak perusahaan yang membutuhkan profesional yang mampu memasarkan produk dan jasa mereka dengan baik. Setelah lulus, para lulusan dapat mencari pekerjaan di berbagai bidang seperti perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, perusahaan retail, perusahaan teknologi, dan banyak lagi. Mereka bisa bekerja sebagai analis pemasaran, manajer produk, manajer pemasaran, atau spesialis branding.

Pekerjaan dalam bidang pemasaran juga memiliki tingkat pembayaran yang baik dan ada banyak peluang untuk berkarir dan berkembang dalam industri. Para lulusan dapat memasuki bidang ini dengan berbagai tingkatan posisi, mulai dari posisi staf hingga manajemen atas.

Jurusan Manajemen Pendidikan

Ilmu Manajemen Pendidikan adalah salah satu jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan dan perencanaan sistem pendidikan. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari berbagai hal seperti perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan program pendidikan. Mereka juga akan mempelajari tentang strategi mengelola dan meningkatkan mutu pendidikan, serta memahami peran dan tugas pemimpin pendidikan.

Prospek kerja bagi lulusan Manajemen Pendidikan sangat luas, mulai dari bekerja di sekolah, institusi pendidikan, sampai di perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan. Beberapa posisi yang dapat diambil oleh lulusan ini antara lain sebagai kepala sekolah, administrator pendidikan, konsultan pendidikan, perencana pendidikan, dan banyak lagi.

lulusan Manajemen Pendidikan juga dapat membuka usaha sendiri dibidang pendidikan, misalnya sebagai pendidik, pengelola lembaga pendidikan, atau bahkan membangun lembaga pendidikan sendiri.

Jurusan Filsafat

Filsafat adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang aspek-aspek metodologis dan filosofis tentang realitas dan keberadaan. Filsafat juga mempelajari berbagai hal seperti etika, epistemologi, logika, dan estetika. Jurusan Filsafat dalam pendidikan tinggi menyediakan pemahaman yang mendalam tentang berbagai pandangan filosofis dan memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari teori-teori dan ide-ide filosofis secara detail dan kritis.

Prospek kerja bagi lulusan jurusan Filsafat sangat bervariasi. Lulusan dari jurusan ini bisa memasuki berbagai bidang seperti akademis, pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, dan bisnis. Mereka juga bisa menjadi konsultan filosofis, pengajar filosofi, dan penulis. Beberapa profesi lain yang dapat dicapai oleh lulusan jurusan Filsafat antara lain sebagai konsultan etika, pemikir politik, analis media, dan peneliti.

Namun, harus diingat bahwa prospek kerja bagi lulusan jurusan Filsafat tidak selalu terkait langsung dengan bidang filosofi. Banyak lulusan yang menggunakan latar belakang dan keterampilan yang didapatkan dari jurusan ini untuk memasuki berbagai bidang lain seperti perbankan, periklanan, dan manajemen. Karena Filsafat memiliki keterampilan berpikir kritis dan analitis yang sangat berguna, lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik dalam berbagai bidang.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Program studi Ilmu Perpustakaan adalah program studi yang mempelajari tentang pengelolaan, pemeliharaan, dan pengembangan perpustakaan. Lulusan dari program studi ini akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal pengelolaan perpustakaan seperti katalogisasi, dokumentasi, dan digitalisasi bahan pustaka.

Prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan cukup baik, karena perpustakaan selalu dibutuhkan dalam masyarakat. Lulusan dari program studi ini bisa bekerja di perpustakaan pemerintah, perpustakaan swasta, universitas, sekolah, atau bahkan perpustakaan milik organisasi non-profit. Selain itu, lulusan juga bisa menjadi konsultan perpustakaan atau memulai usaha sendiri dalam bidang jasa pengelolaan perpustakaan.

Lulusan Ilmu Perpustakaan juga dapat memilih untuk melanjutkan studi pascasarjana dalam bidang ilmu perpustakaan atau bidang lain yang terkait, seperti ilmu informasi, manajemen informasi, atau teknologi informasi. Dengan pengalaman dan pendidikan tinggi, mereka dapat memasuki posisi yang lebih senior dan bertanggung jawab dalam bidang perpustakaan.

Jurusan Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah adalah suatu studi tentang peristiwa dan proses-proses masa lampau, serta implikasi dan pengaruhnya terhadap masa sekarang dan masa depan. Dalam kuliah jurusan Ilmu Sejarah, para mahasiswa akan belajar mengenai berbagai hal seperti sejarah nasional, sejarah dunia, metodologi penelitian sejarah, dan analisis sejarah.

Setelah lulus dari jurusan Ilmu Sejarah, para lulusan dapat bekerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, media, pemerintahan, dan sektor swasta. Beberapa profesi yang bisa diambil oleh lulusan Ilmu Sejarah antara lain sebagai guru sejarah, peneliti sejarah, pengelola museum, analis sejarah, dan konsultan sejarah. Beberapa lulusan Ilmu Sejarah juga bisa bekerja sebagai penulis sejarah, jurnalis, atau pembuat film dokumenter.

Secara umum, prospek kerja lulusan Ilmu Sejarah sangat baik, karena mereka memiliki kemampuan analitis dan interpretatif yang tinggi, serta memahami konteks dan dinamika peristiwa dan proses masa lampau. Keahlian mereka dalam menganalisis dan memahami sejarah akan sangat berguna dalam berbagai bidang profesi yang terkait dengan sejarah dan budaya.

Jurusan Arkeologi

Arkeologi adalah cabang ilmu social dan humaniora yang mempelajari sejarah manusia melalui analisis material dan artefak budaya yang ditemukan dalam konteks lingkungan alam dan sosial. Mahasiswa jurusan Arkeologi akan mempelajari tentang metodologi dan teknik penelitian arkeologi, sejarah peradaban, teknologi dan proses produksi peralatan, dan berbagai aspek lain dari sejarah manusia.

Setelah lulus, para lulusan jurusan Arkeologi dapat bekerja sebagai arkeolog, kurator, konservator, pengelola situs, peneliti, atau dalam bidang yang terkait dengan budaya dan warisan. Beberapa lulusan juga memilih untuk melanjutkan studi pada bidang yang lebih spesifik, seperti arkeologi maritim atau arkeologi konservasi. Ada juga kesempatan kerja di institusi pemerintah, museum, lembaga penelitian, atau perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pengembangan situs dan sumber daya budaya. Prospek kerja untuk lulusan Arkeologi sangat tergantung pada tingkat kompetensi dan spesialisasi, serta situasi pasar kerja saat ini. Namun, peningkatan minat terhadap warisan budaya dan kegiatan pengembangan situs membuat prospek kerja untuk lulusan Arkeologi cukup baik.

Rekomendasi Universitas Terbaik Kuliah Jurusan IPS

Universitas Terbaik Kuliah Jurusan IPS
Universitas Terbaik Kuliah Jurusan IPS

Mencari tempat belajar yang menawarkan kualitas pendidikan tinggi dan membekali Anda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di masa depan? Jangan Cemas. Universitas Duta Bangsa menawarkan kuliah jurusan IPS.

Di Universitas Duta Bangsa, kami memahami bahwa setiap mahasiswa memiliki minat dan bakat yang berbeda. Oleh karena itu, kami menawarkan berbagai program studi yang memenuhi kebutuhan setiap mahasiswa.

Universitas Duta Bangsa memiliki beberapa Fakultas dan beberapa program studi, yaitu:

1. Fakultas Hukum dan Bisnis terdiri dari 4 Program Studi yaitu :

  • S1 Hukum
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Komunikasi Bahasa Inggris Dan Bisnis Internasional

2. Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari 4 Program Studi yaitu :

  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Komputer
  • D3 Manajemen Informatika

2. Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari 7 Program Studi yaitu :

  • D3 REKAM MEDIS
  • D3 KEBIDANAN
  • D3 KEPERAWATAN
  • S1 KEPERAWATAN
  • PROFESI NERS
  • S1 FARMASI
  • S1 ADM RUMAH SAKIT

Waktu Pendaftaran :

  • Daftar Offline (Datang ke Kampus)
  • Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB
  • Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB
  • Daftar Online (24 Jam)

Untuk info pendaftaran Online ada di link spmb.udb.ac.id

Penutup

Demikianlah artikel pembahasan mengenai jurusan kuliah IPS beserta prospek kerjanya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dalam memilihjurusan kuliah IPS sehingga kamu bisa mempersiapkan masa depanmu dengan baik. Terimakasih.

Bagikan:

Tinggalkan komentar