fbpx

Jenis-Jenis Sparepart Motor yang Wajib Diperhatikan

  • Bagikan
Jenis Sparepart motor

Djonews.com, OTOMOTIF – Sparepart motor adalah salah satu komponen penting yang harus diketahui para pengendara motor. Sebab, jika ada masalah pada kerja sepeda motor, maka pengendara bisa tau sparepart mana yang harus diperbaiki.

Jenis-jenis sparepart motor sendiri ada banyak ragamnya. Di sini akan diulas secara singkat dan jelas mengenai jenis sparepart motor yang cukup penting untuk diketahui.

Daftar Isi

Jenis Sparepart Motor yang Harus Diketahui

Jenis-jenis sparepart motor memang banyak macamnya. Ada yang memiliki masa pemakaian panjang, ada juga yang masa pakainya singkat.

Beberapa jenis sparepart lainnya juga perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik supaya saat service rutin tagihan tidak sampai membengkak:

1. Aki Motor

Sparepart pertama yang perlu diperhatikan adalah aki motor. Ini termasuk komponen yang berperan penting untuk bisa membuat motor menyala. Tanpa ada aki maka sepeda motor tidak akan bisa hidup atau menyala. 

Pada intinya fungsi aki motor adalah untuk penyalur daya supaya motor bisa dihidupkan. 

Aki motor juga merupakan komponen yang digunakan sebagai penyedia tenaga cadangan mesin dan semua aksesoris motor yang berhubungan dengan listrik. Jenis aki sendiri ada dua macam, kering dan basah. 

Aki kering biasanya untuk motor matic dengan dimensi yang kecil serta perawatan yang sangat mudah. Sementara aki basah membutuhkan perawatan dimana kalau air aki habis harus diisi ulang kembali jangan sampai kehabisan, jadi harus sering diperiksa. 

2. Oli

Selanjutnya adalah oli yang juga vital karena berfungsi sebagai pelumas sepeda motor. Jika oli rusak maka mesin pun akan ikut terpengaruh kinerjanya.

Baca Juga:  Mandiri Sekuritas Kejar Rencana di Tahun 2022

Oleh karena itu sangat disarankan mengganti oli satu bulan sekali. Jika tidak ingin mesin cepat rusak kondisi oli harus selalu diperhatikan.

3. Busi

Busi juga penting untuk membuat motor bisa dihidupkan. Fungsi busi ini adalah tempat pembakaran bahan bakar sehingga motor bisa dihidupkan. Jika tak ada busi atau busi dalam keadaan kotor, motor tidak akan mau menyala. 

Penting menjaga kebersihan busi ini, terkadang busi motor yang kotor mengakibatkan motor sering mogok. Akan lebih baik jika memiliki busi cadangan yang diletakkan di bagasi motor.

Jadi saat busi lama tidak bisa digunakan, maka masih ada busi cadangan yang siap dipakai.

4. Kampas Rem & Tali Rem

Ini merupakan komponen penting yang fungsinya untuk mengatur laju sepeda motor ataupun kendaraan lain. Sangat disarankan untuk selalu melakukan pengecekan rem sebelum melakukan perjalanan.

Kampas rem dan tali rem inj harus sering dicek minimal saat melakukan servis rutinan.

5. Belt

Belt adalah sebutan rantai pada sepeda motor matic. Rantai atau belt juga termasuk sparepart yang perlu diperhatikan karena tanpa adanya belt atau rantai sepeda tidak bisa dijalankan.

Untuk sepeda motor manual baiknya lakukan pemeriksaan kondisi rantai sebelum menggunakan sepeda motor. Berikan pelumas dan pastikan kondisinya bersih agar rantai tidak mudah putus dan tahan lama.

6. Tali Gas

Tali gas adalah komponen yang menentukan besar kecilnya gas saat motor digunakan. Jika gas disetting besar maka kecepatan sepeda bisa bertambah dari biasanya namun lebih boros bensin. Jika dikecilkan maka sepeda tidak akan bisa memiliki kecepetan ekstra namun hemat bahan bakar. 

Itu dia sedikit ulasan tentang jenis-jenis sparepart yang haru diperhatikan. Jika Anda pengguna motor Honda pastikan untuk membeli sparepart sepeda motor Anda hanya di Honda. Honda Genuine Parts akan selalu siap memberikan suku cadang asli.

Baca Juga:  Musnahkan Barang Bukti Sesuai Peraturan

Hal ini bisa membuat sepeda motor memiliki performa yang prima. Tak hanya itu, menggunakan sparepart Honda bisa membuat kinerja motor bisa tetap terjaga dan awet. 

Karakteristik suku cadang asli dari Honda adalah kemasan berwarna merah dengan logo AHM yang terpampang jelas. Jangan sampai keliru membeli suku cadang untuk sepeda motor kesayangan Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.