fbpx
Mas Bagong
Digital Printing
970x250

4+ Jenis-Jenis Komik Beserta Penjelasannya Dan Contoh

  • Bagikan
Jenis-jenis Komik
Jenis-jenis Komik

Jenis-Jenis Komik Beserta Penjelasannya Dan Contohnya – Komik saat ini bukan hanya di gemari oleh kalangan anak-anak akan tetapi orang dewasa juga suka dengan komik. Komik memanglah sebuah bacaan yang sangat menarik bagi anak-anak dan usia remaja, selain ceritanya yang asik dan menyenangkan untuk dibaca, di dalam komik juga terdapat gambar-gambar yang menarik perhatian untuk memikat penunjang hati pembaca.

Di era sekarang ini media hiburan sangatlah banyak sekali salah satunya yaitu dengan menggunakan komik. Perkembangan dari komik sendiri sudah sangatlah pesat, yang dulunya hanya lewat media cetak sekarang sudah berkembang ke sosial media.

336x280

Baca Juga Artikel Bahan Dan Media Dalam Karya Seni Rupa 2 Dimensi.

Walaupun hanya berupa gambar dan tulisan komik terbukti menghibur para pembacanya. Dalam perkembangannya komik mempunyai berbagai macam jenis, seperti komik strip, buku komik, komik kompilasi, dan webcomic.

Pada pokok pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang jenis-jenis comic beserta penjelasannya supaya kamu dapat membedakan jenis-jenis komik yang kamu pernah baca. Sebelum ke pokok pembahasan kita akan menjelaskan tentang pengertian komik.

Pengertian Komik

Pengertian Komik
Pengertian Komik

Definisi komik berasal dari bahasa Inggris yaitu comic yang berarti lucu atau menghibur. Komik sendiri merupakan suatu karya seni rupa yang memuat komposisi Huruf dan gambar. Diktutip dari wikipedia komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya.

Baca Juga:  10+ Unsur-Unsur Komik Dalam Pembuatan Komik Yang Harus Kamu Ketahui

Baca Juga Artikel : Perbedaan Menggambar dan Melukis.

Ciri utama komik yaitu bersifat menarik perhatian mata. Fungsi komik sendiri yaitu sebagai media untuk hiburan, pengungkapan ekspresi, dan sarana memberikan informasi dan edukasi. Apa aja sih jenis-jenis komik?

Jenis-jenis komik

Jenis-jenis Komik
Jenis-jenis Komik

Dalam perkembangannya komik mempunyai berbagai macam jenis berikut ini adalah jenis-jenis komik antara lain yaitu:

1. Komik Strip

Komik Strip
Komik Strip

Komik strip adalah komik pendek yang bertema humor atau comic. komik strip biasanya berisikan 4 sampai 8 panel. Karena ruangan yang sempit atau terbatas umumnya komik strip ini berisikan teks yang sangat sedikit.

2. Buku Komik

buku komik
buku komik

Buku komik adalah kumpulan halaman komik yang dijilid secara rapi dan diterbitkan secara continue. Di Indonesia buku komik umumnya hanya memuat atau berisi 1 judul saja, contohnya komik Doraemon, komik One Piece dan lain sebagainya.

3. Komik kompilasi

Komik Kompilasi
Komik Kompilasi

Komik Kompilasi adalah penggabungan beberapa cerita yang dijadikan satu kemudian diterbitkan atau dicetak menjadi 1 buku.

4. Webcomic

webcomic
webcomic

Webcomic adalah komik yang diterbitkan melalui media internet. Kelebihan dari adanya webcomic ini yaitu semua orang dapat membuat komiknya sendiri dengan biaya yang relatif murah dan juga komik yang dibuat dapat diakses oleh semua orang dari berbagai belahan dunia.

Unsur-Unsur Komik

Unsur-Unsur Komik
Unsur-Unsur Komik

1. Panel

Panel - Unsur-Unsur Komik
Panel – Unsur-Unsur Komik

Panel adalah kotak-kotak yang berisikan gambar dan teks pada komik. Panel atau kotak-kotak ini berfungsi sebagai petunjuk umum ruang dan waktu yang berisikan kejadian yang ada di dalam cerita pada komik

2. Sudut Pandang

Sudut Pandang - Unsur-Unsur Komik
Sudut Pandang – Unsur-Unsur Komik

Sudut pandang ini hampir sama dengan storyboard yang ada pada live movie atau film animasi yang menarik mata pembaca untuk melihat kejadian dan objek yang ada pada cerita dalam komik

3. Ilustrasi

Ilustrasi - Unsur-Unsur Komik
Ilustrasi – Unsur-Unsur Komik

Baca Juga Artikel 5+ Teknik Menggambar Ilustrasi.

Ilustrasi adalah gambar yang dibuat untuk memberi penjelasan atau maksud tertentu kepada para pembaca secaraara visual dalam komik. Gambar ilustrasi pada komik memiliki peran yang penting, karena gambar ilustrasi ini akan menarik perhatian para pembaca untuk membaca komik secara keseluruhan.

Baca Juga:  Mengenal Apa itu Jalur Afirmasi

4. Balon Kata

Balon Kata - Unsur-Unsur Komik
Balon Kata – Unsur-Unsur Komik

Balon kata ini digunakan untuk meletakkan teks atau dialog yang ada pada komik.

5. Efek Visual

Efek Visual - Unsur-Unsur Komik
Efek Visual – Unsur-Unsur Komik

Efek visual ini berfungsi untuk mendramatisir gambar-gambar yang ada pada komik.

6. Cerita

Cerita - Unsur-Unsur Komik
Cerita – Unsur-Unsur Komik

Cerita ini disederhanakan menjadi bentuk yaitu gambar-gambar ilustrasi dan juga teks atau dialog yang ada pada komik.

7. Garis Gerak

Garis Gerak - Unsur-Unsur Komik
Garis Gerak – Unsur-Unsur Komik

Garis gerak ini adalah efek yang ditimbulkan dari tokoh atau karakter yang ada pada komik. Gambar garis gerak ini divisualisasikan sebagai dramatisasi dari keadaan atau ekspresi pada karakter atau tokoh yang ada pada komik. Contoh garis gerak pada komik yaitu pada adegan dimana karakter atau tokoh lari sekencang mungkin untuk menciptakan berlari maka dibuatlah garis-garis gerak pada tokoh atau karakter yang ada pada komik.

8. Ukuran Gambar

Ukuran Gambar - Unsur-Unsur Komik
Ukuran Gambar – Unsur-Unsur Komik

Ukuran gambar yang digunakan pada panel pada komik umumnya yaitu Extreme long shot, long shoot ,medium shot, close up dan Extreme close up.

9. Tokoh Cerita

Tokoh Cerita - Unsur-Unsur Komik
Tokoh Cerita – Unsur-Unsur Komik

Tokoh cerita ini merupakan yang memegang peranan penting untuk memerankan sebuah adegan yang ada di dalam cerita pada komik.

10. Splash

Splash - Unsur-Unsur Komik
Splash – Unsur-Unsur Komik

Di dalam komik terbagi menjadi 3 halaman yang pertama ada splash halaman, yang kedua ada splash panel dan splash ganda.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat komik

Menggambar komik dapat dilakukan dengan dua cara yang pertama manual dan yang kedua digital. Media atau alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar komik secara manual hampir sama dengan menggambar atau melukis. Media atau alat dan bahan yang digunakan antara lain:

  1. kertas gambar
  2. pensil
  3. penghapus
  4. penggaris
  5. pewarna

Kamu dapat menggunakan pewarna kering ataupun pewarna basah sesuai dengan media yang kamu gunakan, sedangkan komik yang dibuat secara digital memerlukan komputer atau laptop atau tab atau handphone yang dilengkapi dengan alat bantu yang berupa aplikasi drawing atau painting.

Baca Juga:  Teknik Menggambar Ragam Hias

Prosedur atau langkah-langkah dalam membuat komik

Prosedur atau langkah-langkah dalam membuat komik antara lain yaitu :

  1. Menentukan topik dan tujuan
  2. Menentukan judul
  3. Menentukan isi atau alur cerita
  4. Menentukan tokoh atau karakter
  5. Membuat sketsa
  6. Menyempurnakan sketsa menggunakan media yang kamu pilih.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas jenis-jenis komik, semoga artikel ini dapat memberikan kamu pengetahuan tentang komik. Semoga bermanfaat.

300x250
120x600
  • Bagikan
Setelah Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Footer