Jembatan Ambrol, Warga Diminta Putar Arah Sejauh 2 KM

  • Bagikan
Kondisi Jembatan Munggur yang ambrol pada Senin kemarin, Selasa (27/9/2022).(dok: Muhammad Aries Nugroho)

Djonews.com, KABUPATEN SEMARANG – Jembatan Munggur yang menghubungkan Kecamatan Bergas dan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (26/9/2022) pagi ambrol dan tak bisa lagi dilintasi pengendara.

Padahal keberadaan jembatan Munggur terbilang vital, yakni untuk menghubungkan arus lalu lintas masyarakat Bergas dan Pringapus Kabupaten Semarang. Karena ambrol, jembatan ditutup sementara untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

Kondisi ini membuat warga di dua kecamatan harus memutar sejauh 1,5 kilometer. Ada beberapa rekayasa arus lalu lintas bagi warga dan pergunakan jalan. Untuk jalur dari Klepu ke Karangjati bisa melalui pertigaan Munggur ke kiri.  Selanjutnya, dapat mengikuti jalur terus didepan Farmasi kanan. Sesampainya, akan bertemu Masjid Ngempon Kidul.

Khusus bagi muatan berat, dapat melintasi bagian kanan dan akan bertemu klinik Umihabibah berlanjut ke Karangjati.  Untuk kendaraan sepeda motor, banyak jalan yang bisa tempuh seperti dari Masjid Ngempon Kidul bisa lurus dan akan bertemu SPBU Ngempon.

Sementara, untuk warga masyarakat yang berasal dari Bawen dapat melalui Masjid Ngempon kemudian berbelok kiri bertemu Ayam Bakar atau teh Botol Sosro.

” Kalau dalam kondisi normal warga di dua kecamatan ini biasanya hanya memakan waktu beberapa menit saja karena jarak tempuh sekitar 500 meter. Namun karena jembatan ditutup, jalur harus memutar cukup jauh hingga 1,5 km,” ujar Nur Hadi warga sekitar, Selasa (27/9/2022).

Nur Hadi menyebutkan jembatan ambrol diduga karena tidak kuat menahan beban akibat dilalui truk karena memang kawasan tersebut merupakan Komplek Industri Kecamatan Pringapus.

“Harapan kami bisa segera diperbaiki Karena memang akses vital, harapannya segera bisa digunakan lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Kasubid Jembatan dan Jalan DPU Kabupaten Semarang Supardi mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari kecamatan dan saat ini tengah dikoordinasikan dengan beberapa pihak tekait agar bisa dicari solusi agar jembatan bisa digunakan lagi.

Baca Juga:  Jalani Tes Urine, Cegah Penyalahgunaan Narkotika

“Kita lihat ini kan jembatan sudah lama sekali. Jadi kita saat ini fokus bagaimana jembatan bisa dilalui kembali. Kita akan koordinasikan dengan berbagai pihak supaya bisa diperbaiki,” ujarnya.(Muhammad Aries Nugroho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising