fbpx

Jangkau 16 Juta Audiens Melalui Program FinanSiap

  • Bagikan
Jangkau 16 Juta Audiens Melalui Program FinanSiap

Djonews.com, KEUANGAN – Tiga lini bisnis dari Group GoTo, yakni GoPay, Gojek dan Tokopedia melanjutkan komitmen jangka panjangnya dalam menyediakan program literasi keuangan melalui program FinanSiap. Salah satu tonggak penting ialah kolaborasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengadakan edukasi keuangan dan investasi yang telah berlangsung sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022.

Melalui kolaborasi ini, FinanSiap menjangkau lebih dari 16 juta audiens melalui seluruh kanal publikasi FinanSiap dan BEI. Termasuk melalui situs FinanSiap, Tokopedia Play, GoPlay, kanal media sosial, iklan digital, serta berbagai sarana lainnya. Pencapaian ini memperluas cakupan masyarakat yang mendapat akses edukasi literasi keuangan dan melengkapi berbagai program serta inisiatif yang telah dilakukan oleh BEI.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, pada akhir 2021, BEI mencatat ada hampir 7,5 juta investor pasar modal. Angka ini  meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Meningkatnya jumlah investor ini beriringan dengan semakin besarnya tanggung jawab BEI dalam mengedukasi masyarakat agar dapat berinvestasi secara cerdas dan cermat.

“16 Juta orang yang dapat kami edukasi bersama GoPay, Gojek, serta Tokopedia melalui program FinanSiap ini menjadi pencapaian baik bagi BEI serta pemangku kepentingan pasar modal Indonesia, dan kami sangat antusias untuk menyambut potensi kerja sama dengan berbagai pihak lainnya di masa depan,” ujar Hasan dalam keterangan tertulis yang disiarkan Rabu (9/2).

Adapun, FinanSiap merupakan program literasi keuangan dari GoPay yang pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada Juli 2021. Program ini dirancang untuk menjawab kebutuhan literasi keuangan melalui edukasi keuangan gratis, khususnya  bagi kelompok usia muda. FinanSiap pun menyediakan berbagai topik perencanaan keuangan dan investasi yang dikemas secara atraktif dan interaktif.

Baca Juga:  Begini Caranya Atasi Keuangan Usai Lebaran, Agar Tidak Boros

Di tengah merebaknya partisipasi investor ritel di pasar modal, program FinanSiap kali ini dilakukan dalam rangka mendukung BEI mengedukasi serta membangun pemahaman masyarakat, untuk menjadi investor yang cerdas. Hal tersebut menunjukkan komitmen BEI dalam menciptakan generasi muda yang melek investasi seraya memastikan hadirnya pasar modal yang inklusif dan terpercaya bagi seluruh pemangku kepentingan.

Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria menjelaskan bahwa sebagai bagian dari ekosistem GoTo, GoPay berkomitmen untuk memperluas fungsinya. Tidak hanya sebagai alat pembayaran, tetapi juga sebagai sarana yang membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansialnya.

Fibriyani menyampaikan, edukasi ini tidak terbatas bagi masyarakat pada umumnya saja, namun juga ditujukan bagi mitra usaha yang sudah tergabung dalam GoTo Financial & Tokopedia Seller.

“Sejak dimulai beberapa bulan silam, kami telah melihat antusiasme dari masyarakat dalam mengakses materi edukasi keuangan FinanSiap. Kami berharap materi-materi ini menginspirasi mereka untuk bisa memegang kendali atas keuangan pribadinya serta merencanakan keuangan mereka di masa depan,” terangnya.

Berbagai sesi FinanSiap juga menunjukkan ketertarikan masyarakat dalam kegiatan yang meningkatkan literasi keuangan. Lewat survei partisipan yang telah dilakukan di antaranya, lebih dari 70% responden meyakini FinanSiap telah menginspirasi mereka untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, dan lebih dari 70% tertarik untuk mengikuti sesi-sesi FinanSiap di kemudian hari.

Selain itu, responden juga menyatakan ketertarikan mereka terhadap beberapa topik, seperti pengelolaan keuangan pribadi, pemilihan investasi bagi pemula, analisis keuangan, hingga berinvestasi melalui pasar modal. Di media sosial sendiri, Finansiap berhasil menjangkau lebih dari 693 ribu pengguna lewat konten-konten ringan yang edukatif.

Dengan ketertarikan yang tinggi dari audiens FinanSiap, Fibriyani mengatakan, pihaknya akan terus melanjutkan program FinanSiap dengan beragam konten edukasi yang menarik, mudah dipahami, dan inspiratif bagi masyarakat.

Baca Juga:  The Best Online Company Concepts That Might Make You Abundant 5 More!

“Kami mengapresiasi para pembicara serta para mitra, khususnya BEI dalam mengedukasi masyarakat selama empat bulan terakhir. Ke depannya, kami berharap dapat terus mendukung masyarakat mencapai tujuan finansialnya melalui pemanfaatan GoPay, termasuk lewat edukasi keuangan yang disajikan melalui FinanSiap,” imbuh Fibriyani.

FinanSiap akan terus hadir dengan berbagai konten edukasi baru yang menjawab kebutuhan masyarakat terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan. Dengan semangat yang sama, FinanSiap telah meluncurkan buku pintar keuangan untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengatur keuangan.

Hingga Januari 2022, materi ini telah diunduh oleh lebih dari 26.000 pemilik usaha. Adapun materi FinanSiap dapat diakses secara gratis melalui tautan gpy.id/finansiap, serta melalui media sosial Instagram dan YouTube GoPay Indonesia.

Melalui kelanjutan program FinanSiap, GoPay berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat dalam bidang keuangan secara luas. Berbagai kegiatan di program FinanSiap akan berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat melalui seluruh kanal yang berada di ekosistem GoPay. Harapannya, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan finansial dengan cermat.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.