Jangan lakukan 10 Hal ini Saat Menggunakan Lensa Kontak

oleh
lensa kontak

DjoNews.com – Bila kamu memikirkan dengan jeli, lensa kontak merupakan hal yang mengerikan.

Memakai lensa kontak secara sadar, sama saja dengan meletakkan benda asing tepat di lapisan luar jaringan mata kita. Oleh karena itu, hal yang berkaitan dengan kehigienisan lensa kontak merupakan hal yang krusial untuk diperhatikan.

Jika hal ini tidak digubris, maka bisa jadi bahaya akan mengintai para pemakai lensa kontak yang tak kasat dari luar tersebut. Mulai dari iritasi, hingga kebutaan pun dapat terjadi.

Berikut DjonNews.com rangkum beberapa tips dalam menggunakan dan memperlakukan lensa kontak dari Dr. Scott MacRae, M.D., seorang professor opthalmology dan visual science University of Rochester, yang akan membantu kamu agar lebih berhati-hati terhadap lensa kontak dan mata kamu.

Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Lensa Kontak

Tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, kemungkinan tangan akan membawa kuman, virus, atau kotoran lain yang dapat membahayakan.

Bila kamu menggunakan lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, secara tidak langsung kamu sudah mempersilahkan bakteri untuk bermigrasi ke lensa.

Menurut Dr. MacRae, bakteri itu sangat pintar dan juga cepat untuk berpindah. Jadi, mencuci tangan merupakan sebuah keperluan yang mendesak sebelum menggunakan atau melepas lensa kontak.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Jangan Gunakan Kembali Cairan Solution

Menggunakan kembali cairan solution, atau tinggalkan cairan solution di wadah lensa kontak milikmu akan menimbulkan bahaya.

Contact lens solution‘ merupakan desinfektan yang cukup efektif. Namun, beda cerita bila kamu meninggalkannya dalam keadaan berceceran dan tidak berada di tempat yang steril.

Sebab, bakteri bisa saja membanjiri cairan solution yang seharusnya menjadi desinfektan untuk membersihkan lensa kontak dari bahaya mikroba.

Memakai kembali cairan solution ini juga merupakan hal yang dilarang. Sebab, ini akan membuat bakteri berkembang biak dan cairan solution tak lagi steril.

Jika bakteri tersebut berpindah dari lensa kontak ke bola mata, maka bisa membuat infeksi bernama Pseudomonas aeruginosa.

Jangan Tinggalkan Wadah Lensa Kontak Dengan Keadaan Lembap

Bakteri akan sangat mudah berkembang dalam kelembapan. Berbagai kasus penyakit terkait lensa kontak, separuh diantaranya terjadi akibat tidak mengeringkan wadah lensa kontak.

Jadi, hanya dengan kamu mau untuk mengeringkan wadah lensa kontak, kamu sudah menghancurkan 50 persen resiko infeksi karena memakai lensa kontak.

Bersihkan Lensa Kontak dengan Rutin

Bakteri, debu, dan protein yang terkumpul secara terus-menerus ke dalam lensa kontak, dan bila sampai terus terkumpul, maka bisa jadi penyebab reaksi layaknya giant papillary conjunctivitis, yaitu berupa banyaknya benjolan-benjolan yang berada di sekitar kelopak mata.

Baca Juga:  5 Makanan dan Minuman untuk Atasi Bad Mood

Setelah giant papillary conjunctivitis terjadi, mata kamu tak akan diperbolehkan kembali untuk menggunakan lensa kontak seumur hidup.

Hal ini bisa kamu cegah dengan rutin membersihkan lensa kontak dari debu dan juga dengan cairan solution.

Bersihkan Wadah Lensa Kontak

Tahukah kamu?

Hanya dengan mengeringkan wadah lensa kontak saja ternyata tidaklah cukup. Wadah lensa kontak juga perlu untuk dibersihkan.

Kamu bisa membersihkan wadah lensa kontak dengan mencucinya menggunakan sabun dan air sekali untuk seminggu.

Terlalu Sering Menggunakan Lensa Kontak

Tidak seperti saat menggunakan kacamata, bila kamu menggunakan lensa kontak maka kamu harus membuat jadwalnya.

Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu istirahat untuk mata kamu. Bila bola mata tidak mendapatkan cukup oksigen, maka kornea bisa jadi akan membengkak dan terkena abrasi serta infeksi, bila ada bakteri di sana.

Maka buatlah jadwal kapan kamu akan menggunakan lensa kontak dan kapan mata kamu diberi waktu untuk beristirahat.

Jangan Tidur Dengan Lensa Kontak

Hal ini sarat dengan terlalu sering menggunakan lensa kontak, di mana hal ini memang sangatlah tidak dibenarkan.

Menggunakan lensa kontak saat tidur sangatlah berbahaya bila tak segera kamu lepas setelah bangun. Dalam kasus yang ekstrem, kamu bisa tertimpa kebutaan.

Makeup di Lensa Kontak

Hal akan lebih sering mungkin terjadi kepada pengguna lensa kontak yang juga tak lepas dari makeup.

Bisa jadi saat menggunakan eyeliner, setitik pensil itu mengenai lensa kontak. Bila hal ini terjadi, jangan sampai kamu biarkan begitu saja.

Baca Juga:  4 Cara Menagih Hutang dengan Trik Psikologi

Segeralah untuk melepas lensa kontakmu, bersihkan dengan cairan solution.

Jangan Sampai Lensa Kontak terkena Cairan

Mandi, berenang maupun menyelam dengan menggunakan lensa kontak akan memperbesar bahkan pasti akan membuat lensa kontak terkena cairan selain yang diperbolehkan.

Mandi, shower, berendam, atau berenang, semuanya memiliki resiko yang buruk untuk mata, bila kamu menggunakan lensa kontak.

Hal ini disebabkan air mengandung banyak bakteri dan amoeba yang dapat merusak mata dan menghilangkan ke-steril-an lensa kontak.

Penyakit bernama Acanthamoeba keraritis, sering menimpa pengguna lensa kontak yang berendam di kolam air panas.

Penyakit ini bisa membuat kamu berkurang dalam kemampuan melihat, bahkan hal terburuknya adalah kebutaan.

Menggosok Mata Saat Memakai Lensa Kontak

Bila kamu orang yang mempunyai kebiasaan menggosok mata, maka lensa kontak tidaklah cocok bagi kamu.

Berbagai macam bakteri di tangan yang dapat berpindah ke mata, dapat menyebabkan kondisi yang disebut keratoconus, di mana kornea yang bentuknya melingkar, akan menjadi layaknya kerucut.

Hal ini akan mengganggu mata sehingga tidak dapat memfokuskan pandangan dengan baik, dan hanya bisa diatasi dengan melakukan transplantasi kornea mata.

Dan itulah beberapa hal yang perlu untuk kamu perhatikan bila kamu adalah salah satu dari para pengguna lensa kontak, jangan lupa untuk membaca artikel DjoNews.com lainnya!

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel dan informasi kesehatan dan kecantikan lainnya dibawah ini