Jangan lakukan 10 Hal ini Saat Menggunakan Lensa Kontak

oleh -
lensa kontak

DjoNews.com – Bila kamu memikirkan dengan jeli, lensa kontak merupakan hal yang mengerikan.

Memakai lensa kontak secara sadar, sama saja dengan meletakkan benda asing tepat di lapisan luar jaringan mata kita. Oleh karena itu, hal yang berkaitan dengan kehigienisan lensa kontak merupakan hal yang krusial untuk diperhatikan.

Jika hal ini tidak digubris, maka bisa jadi bahaya akan mengintai para pemakai lensa kontak yang tak kasat dari luar tersebut. Mulai dari iritasi, hingga kebutaan pun dapat terjadi.

Berikut DjonNews.com rangkum beberapa tips dalam menggunakan dan memperlakukan lensa kontak dari Dr. Scott MacRae, M.D., seorang professor opthalmology dan visual science University of Rochester, yang akan membantu kamu agar lebih berhati-hati terhadap lensa kontak dan mata kamu.

Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Lensa Kontak

Tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, kemungkinan tangan akan membawa kuman, virus, atau kotoran lain yang dapat membahayakan.

Bila kamu menggunakan lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, secara tidak langsung kamu sudah mempersilahkan bakteri untuk bermigrasi ke lensa.

Menurut Dr. MacRae, bakteri itu sangat pintar dan juga cepat untuk berpindah. Jadi, mencuci tangan merupakan sebuah keperluan yang mendesak sebelum menggunakan atau melepas lensa kontak.

Jangan Gunakan Kembali Cairan Solution

Menggunakan kembali cairan solution, atau tinggalkan cairan solution di wadah lensa kontak milikmu akan menimbulkan bahaya.

Contact lens solution‘ merupakan desinfektan yang cukup efektif. Namun, beda cerita bila kamu meninggalkannya dalam keadaan berceceran dan tidak berada di tempat yang steril.

Sebab, bakteri bisa saja membanjiri cairan solution yang seharusnya menjadi desinfektan untuk membersihkan lensa kontak dari bahaya mikroba.

Halaman: Awal |1 | 2 | 3 | . | | Akhir

Tentang Penulis: Ramdhan

Gambar Gravatar
Sejak kecil gue belum gede. Terobsesi akan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *