Ingin Beli iPhone 4, Perhatikan Ini Dulu

oleh -
Perhatikan hal ini sebelum Anda membeli iPhone 4.
Perhatikan hal ini sebelum Anda membeli iPhone 4.

Djonews – Perhatikan hal ini sebelum Anda membeli iPhone 4. Kalau ada orang yang menawarkan kamu iPhone 4 gratis apalagi disuruh beli, lebih baik beli smartphone yang lain saja. Bukan karena itu iPhone sudah jadul banget tapi juga karena sisi keamanannya.

Perlu kamu tahu, Apple meluncurkan iPhone 4 sudah lama sejak 2010, tepatnya 10 tahun lalu. Itu merupakan salah satu smartphone terbaik Apple kala itu karena yang pertama menggunakan Retina Display dan yang paling tipis dan terkesan premium. Tapi itu 10 tahun lalu.

Sayangnya, semua yang terkesan canggih dan premium di 2010 tidak akan seperti itu lagi di 2020. Setelah hampir 10 tahun, Apple kabarnya akan berhenti melakukan pembaharuan pada iPhone 4. Pembaharuan terakhir pada perangkat tersebut adalah iOS 7. Sedangkan iOS 8 sepertinya tidak akan mendukung iPhone 4.

Baca Juga :   Razer membuat Gamepad Mobile, yang dapat digunakan di Android dan iOS

Mendapatkan pembaharuan rutin pada sistem operasi perangkat merupakan salah satu kelebihan Apple yang membuat para penggemarnya tak bisa lepas dari iPhone. Dengan pembaharuan sistem, hacker dan scammer tidak akan bisa mengerjai perangkat kamu.

Bayangkan kalau sistem operasi pada perangkat kamu tidak pernah ditengok oleh penciptanya, ada yang bocor dan terbuka, dengan cepat penjahat akan melihat kesempatan ini dan bisa masuk mengeksploitasi perangkat kamu. Inilah kelebihan Apple, mencegah penjahat masuk ke perangkat iPhone. Inilah yang akan terjadi pada iPhone 4, tak lagi mendapat update dari Apple.

Ketika Apple merilis iPhone 5s, semua hal langsung berubah. iPhone 5 merupakan ponsel 64-bit pertama yang menjalankan chipset A7 milik Apple. Pergeseran dari 32-bit ke 64-bit ini langsung direspons dengan cepat oleh pembuat chip lain seperti Qualcomm, NVIDIA, dan MediaTek yang langsung membuat 64-bit juga untuk Android.

Baca Juga :   Cara Menonaktifkan Lampu Notifikasi LED pada Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Sayangnya, iPhone 4 menggunakan 32-bit. Sedangkan iOS 8, sistem operasi terakhir yang diperbaharui Apple, harus menggunakan CPU 64-bit. Artinya, hanya perangkat dengan 64-bit yang bisa mendapatkan pembaharuan iOS 8. Ini artinya, tak hanya iPhone 4 tapi juga iPhone 3GS, iPhone 4S dan iPhone 5.

Namun sejatinya, bisa saja jika iPhone-iPhone tersebut masih ingin digunakan. Hanya saja usianya yang sudah 10 tahun sudah pasti akan membuat performanya berkurang, ditambah keamanannya yang tidak bisa dijamin oleh siapapun.

Lalu iPhone seri apa yang bisa jadi gantinya? Coba deh iPhone 7 atau iPhone 8 plus. Harganya toh masih terjangkau, sekitar Rp3 atau Rp4 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *