fbpx
Mas Bagong
Digital Printing
970x250

Implementasi Statistik Bagi Remaja Masjid Kabangan Dalam Pengelolaan Kegiatan

  • Bagikan
Pengabdian Statistik
Pengabdian Statistik

SURAKARTA – Hari Minggu, tanggal 2 Mei 2021 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Mahasiswa Program Studi D3 Sistem Informasi Semester IV Politeknik Indonusa Surakarta mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut diketuai oleh Saudara Muhammad Arif dengan 10 mahasiswa lainnya sebagai anggota kelompok.

Bertempat di Selasar Masjid Kabangan, Bumi, Surakarta, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penyampaian teori dasar statistika bagi remaja di sekitar Masjid Kabangan dengan mengusung tema “Pengenalan Statistika beserta Manfaatnya”. Kegiatan pengabdian tersebut dihadiri oleh perwakilan remaja masjid sejumlah 15 orang.

336x280

Kegiatan ini merupakan Integrasi Luaran Mata Kuliah Statistik dan Probabilitas serta bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pengenalan Statistika dan Probabilitas dalam kehidupan sehari-hari terhadap kalangan remaja, guna untuk meningkatkan pola pikir bagi kalangan remaja untuk mengenal aplikasi pengolahan data. Kegiatan pengabdian tersebut didampingi oleh Dosen Pembimbing Mata Kuliah Statistik dan Probabilitas, Ibu Norma Puspitasari, M.Pd. Dosen Pembimbing menyampaikan sambutan serta motivasi kepada peserta dan kegiatan ini mendapat respon yang positif dari peserta

Pemaparan materi terkait dengan teori dasar, penerapan, manfaat, dan studi kasus dari statistik dan probabilitas dalam kehidupan sehari-hari, apa hubungan ilmu statistik dengan manusia. Karena tanpa kita sadari, sebenarnya kita sudah menggunakan ilmu statistik sederhana dalam kehidupan seperti menghitung kemungkinan pemenang lomba makan kerupuk antara orang gemuk dan kurus, probabilitas laba rugi suatu perusahaan.

Kegiatan tersebut mendapatkan antusias yang baik dari peserta yang ditunjukkan dengan adanya timbal balik dari peserta yang bertanya tentang materi yang disampaikan, “sederhanya statistika itu kan pengolahan data, nah apakah ada kaitannya dengan agama?”. Yang kemudian ditanggapi oleh panitia dengan memberikan contoh implementasi dasar kaitan antara statistik dan agama, seperti perhitungan amalan puasa, pembagian zakat.

Baca Juga:  Workshop Dan Sosialisasi Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0)
Implementasi Statistik
Implementasi Statistik Dalam Kegiatan

Sebagai apresiasi dari panitia untuk remaja Masjid Kabangan yang sudah berkenan hadir mengikuti kegiatan pengabdian. Panitia memberikan kenang-kenangan kepada remaja Masjid Kabangan atas antusias dan respon positif dari remaja Masjid Kabangan pada kegiatan pengabdian ini.

Dari kegiatan ini, diharapkan terjalin kerjasama, silaturahmi bagi mahasiswa dan remaja masjid untuk bisa berbagi pengetahuan dilain waktu. Salam Abdimas.

300x250
120x600
  • Bagikan
Setelah Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Footer