Gas Melon Langka Dalam Sepekan - Belajar Teknologi dan Investasi - DjoNews
Menu
Situs Tentang Belajar Teknologi serta Investasi Lengkap

Gas Melon Langka Dalam Sepekan

  • Bagikan

Djonews.com, KENDAL – Pada tahun 2022 kuota gas melon atau LGP 3 kilogram ditambah hingga 480.000 tabung. Namun, dalam sepekan terakhir gas melon dambaan warga sulit didapat karena stok yang tersedia telah habis di tingkat pengecer.

Menurut data dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kendal, kuota LPG 3 Kg tahun 2021 sebanyak 9.546.000 tabung atau per bulan 795.500 tabung. Sedangkan kuota tahun 2022 sebanyak 10.026.000 tabung atau 835.500 tabung per bulan.

“Dengan demikian kuotanya ada penambahan sebanyak 480.000 tabung dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop dan UKM Kendal, Abdul Aziz.

Stok gas 3 kilogram di wilayah Kabupaten Kendal tetap dalam kategori aman. Diakui, pada bulan-bulan tertentu permintaan di masyarakat mengalami kenaikan, seperti menjelang Lebaran. Oleh karena itu, ketika permintaan naik, maka di tingkat pengecer akan cepat habis.

“Pasokan gas 3 kilogram tidak ada masalah, lancar, justru di tahun 2022 ini ada penambahan, tapi memang biasanya pada hari besar Islam, permintaan meningkat, sehingga terjadi gejolak,” ungkapnya.

Seperti pada pekan ini, stok gas di tingkat pengecer lebih cepat habis. Misriatun, penjual di warung kaki lima di Kendal mengaku sempat kesulitan mendapatkan gas 3 kilogram.

Biasanya di warung terdekat langganannya selalu tersedia. Namun sudah sepekan ini tidak bisa mendapatkan gas 3 kilogram setiap hari. Oleh karena itu, ia harus mencari di toko lain.

“Harganya berbeda-beda, ada yang tetap Rp 21 ribu, namun ada yang menjual Rp 22 ribu, bahkan ada yang Rp 23 ribu. Seminggu ini gas agak susah,” katanya.

Wika, toko penjual gas eceran mengakui, pada pekan-pekan ini memang banyak pembeli gas 3 kilogram. Ia yang mendapat pasokan tetap sebanyak 30 tabung tiap minggunya, pada pekan ini dalam tiga hari sudah habis. Padahal biasanya sampai satu minggu baru habis.

“Jatah tetap, per minggu 30 tabung, tapi sudah seminggu ini banyak yang beli gas, jadi dua hari sudah habis,”ucapnya.(Fauzi Rohmat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *