fbpx

Ketahui 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

  • Bagikan
5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Sejak beberapa tahun terakhir, Bitcoin berhasil menyita perhatian dunia. Pasalnya, salah satu cryptocurrency ini bisa mengalami kenaikan harga yang cukup fantastis.

Bahkan, harga 1 Bitcoin bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Luar biasa bukan? Sama halnya dengan saham atau komoditas, kripto seperti Bitcoin merupakan instrumen investasi yang nilainya volatil atau tidak stabil. 

Harga 1 Bitcoin bisa meroket tinggi dan mendatangkan keuntungan tak terduga bagi pemiliknya. Namun, harga Bitcoin juga bisa turun secara drastis.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin. Lantas, apa saja faktor yang bisa mempengaruhi harga Bitcoin?

Inilah 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Berikut ini adalah lima faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin di setiap tahunnya.

1. Permintaan dan Ketersediaan Bitcoin

Saat ini, ketersediaan uang kripto terbilang masih terbatas dan persebarannya juga tidak merata. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya harga dan popularitas Bitcoin di dunia.

Terjadinya peningkatan harga aset kripto menyebabkan jumlah permintaan meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga harga Bitcoin menjadi semakin tinggi.

Dengan kata lain, harga aset kripto dipengaruhi oleh jumlah ketersediaan dan permintaan di pasaran. Permintaan yang tinggi terhadap uang kripto membuat harga Bitcoin juga semakin melambung, begitu pun sebaliknya.

Jika semakin banyak yang menjual Bitcoin dan jumlah pembelinya sedikit, maka bisa dipastikan harga Bitcoin akan menurun.

2. Biaya Produksi Miner

Faktor lain yang mempengaruhi harga Bitcoin adalah biaya untuk menambang uang kripto atau disebut juga dengan biaya produksi miner.

Baca Juga:  Aplikasi Investasi Saham untuk Pemula Resmi OJK

Sebagai contoh, Bitcoin memiliki biaya produksi yang cukup tinggi karena pengguna harus memiliki perangkat khusus yang dirakit menggunakan hardware yang mahal dan berkelas. 

Server, GPU, sistem pendingin, biaya listrik, dan beberapa hal lain juga harus dikeluarkan selama menambang uang Bitcoin. Tingginya biaya produksi miner inilah yang kemudian bisa mempengaruhi tingginya harga Bitcoin di pasaran.

3. Adopsi Mata Uang Digital ke Dunia Nyata

Pada dasarnya, mata uang kripto belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah di negara Indonesia. Namun, mata uang digital ini telah dilegalkan di banyak negara dan menjadi alat pembayaran yang sah.

Adopsi mata uang digital ke dunia nyata inilah yang menjadi salah satu faktor penentu harga Bitcoin. 

Jika semakin banyak negara yang melegalkan penggunaan Bitcoin, maka nilainya akan semakin naik. Kenaikan harga tersebut terjadi akibat jumlah aset kripto yang masih terbatas.

Saat diadopsi ke dunia nyata, maka permintaan terhadap mata uang digital tersebut akan semakin meningkat dan tentunya akan memicu kenaikan harga.

4. Influence Whale 

Dalam perdagangan kripto, Whale merupakan istilah yang merujuk pada trader besar yang memiliki aset kripto dengan jumlah melimpah.

Mereka mampu menjadi penggerak pasar dengan melakukan berbagai cara. Bahkan, hanya dengan cara sederhana dan tidak terduga.

Contohnya adalah Elon Musk yang sering membuat kicauan di akun Twitter mengenai mata uang kripto. Dengan satu tweet saja, Elon Musk bisa melambungkan harga Dogecoin.

Hal ini menunjukkan bahwa begitu besar influence yang dimiliki oleh seorang Elon Musk bagi dunia kripto.

5. Pemberitaan Bitcoin

Adanya pemberitaan mengenai uang kripto di seluruh penjuru dunia juga bisa mempengaruhi harga mata uang digital ini. Contohnya adalah pemberitaan mengenai serangan hacker pada server kripto bisa menyebabkan harganya menjadi turun drastis.

Baca Juga:  Saham Bukalapak (BUKA) Makin Merosot Dari Harga IPO, Apa Penyebabnya?

Sementara itu, jika pemberitaan mengenai hal baik seperti ada suatu negara yang mengakui uang kripto secara resmi sebagai alat pembayaran, maka harganya bisa naik tinggi.

Nah, itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin.

Selain Bitcoin, ada pula stablecoin yang harganya selalu mengikuti harga aset bekingannya, contohnya adalah USD to IDR. Perdagangan Bitcoin dan aset kripto yang lain memiliki peluang dan risiko yang terbilang cukup tinggi.

Jadi, pastikan untuk menggunakan pertimbangan yang matang sebelum membuat keputusan untuk menjual atau membeli aset kripto.

Sekian

Demikianlah artikel dari Djonews.com yang membahas tentang Ketahui 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Bitcoin. Semoga bisa memberikan wawasan kepada Anda semuanya sebagai pembaca disini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.