Data Mahasiswa Undip Di Duga Bocor, Tersebar di Twitter

oleh

Semarang – Sekitar ada lebih dari 125 ribu data mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mulai angkatan 2010-2017 yang bocor ke publik. Di dalamnya terdapat data pribadi serta data orang tua dari masing-masing mahasiswa.

Kabar tersebut didapat oleh pengguna twitter yang berakun @ fannyhasbi, dalam cuitannya dirinya menyebutkan menyebutkan “Breached! Lebih dari 125 ribu data mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) bocor Mulai dari data pribadi lengkap mahasiswa, alamat, jalur masuk, email, username, password, IPK, riwayat sekolah, beasiswa, dan lain-lain BOCOR @undip @undipmenfess,”.

Dari unggahan akun tersebut terdapat tangkapan layar dengan berisikan nama data para mahasiswa dan meminta kepada mahasiswa untuk segera mengamankan data pribadi masing-masing.

“Yg merasa mahasiswa unchdeep mending langsung ganti password akun2 kalian yg pake password dan email yg sama Karena dilihat dari passwordnya itu cuma diamankan pake hash MD5 yg mana gampang banget buat diliat cuma pake tools online,” ujarnya dalam cuitan.

Salah satu orang tua mahasiswa Undip, Insetyonoto membenarkan kejadian tersebut, dirinya berharap Undip untuk segera melakukan proteksi bocornya data mahasiswa tersebut.

Baca Juga:  Lockdown Mandiri, Kampung Mugas Semarang

“Yang dikhawatirkan itu data tersebut bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, say aharap Undip segera membenahi,”tambahnya.

 Sementara itu, Plt Wakil Rektor II Undip, Dwi Cahyo Utomo menjelaskan bahwa Undip masih melakukan investigasi terhadap dugaan bocornya 125 ribu data.

“Server kita aman, tidak ada tanda-tanda peretasan, disamping itu kita juga menerapkan enkripsi pada sistem,” tandasnya.

Namun demikian, diakuinya ada sejumlah data lengkap mahasiswa, hanya saja pihaknya belum dapat memastikan apakah data tersebut milik Undip atau bagian dari rekayasa pihak-pihak tertentu. Bahkan, pihaknya telah melakukan sampling dan menemukan terdapat data yang tersebar, namun tidak sesuai dengan data yang ada pada server Undip.  kus