Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan

Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu dokumen penting dalam mencari pekerjaan. CV digunakan sebagai gambaran singkat tentang latar belakang, pengalaman, dan keterampilan seseorang. Biasanya CV dibuat dengan format digital atau ketik, namun pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang contoh daftar riwayat hidup tulisan tangan.

Meskipun sudah banyak cara untuk membuat CV dengan bantuan teknologi, namun beberapa perusahaan atau instansi masih mengharuskan pelamar untuk membuat CV dengan tulisan tangan. Selain itu, membuat CV dengan tulisan tangan juga dapat menunjukkan kemampuan tulis tangan yang baik dan rapi.

Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup tulisan tangan:

Nama lengkap: Andi Cahyo Wibowo
Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 12 Juni 1990
Alamat: Jl. Merdeka No. 10, Jakarta Selatan
Nomor telepon: 08123456789
Email: misal@djonews.com

Pendidikan

  1. SD Negeri 1 Jakarta (1996-2002)
  2. SMP Negeri 1 Jakarta (2002-2005)
  3. SMA Negeri 1 Jakarta (2005-2008)
  4. Universitas Indonesia, S1 Teknik Informatika (2008-2012)
  5. Universitas Indonesia, S2 Manajemen Bisnis (2013-2015)

Pengalaman Kerja

  1. PT XYZ, Jakarta (2012-2013)
    • Junior Programmer
    • Bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi desktop
  2. PT ABC, Jakarta (2013-2015)
    • Business Analyst
    • Bertanggung jawab dalam analisis dan perancangan sistem informasi
  3. PT CDE, Jakarta (2015-2018)
    • Project Manager
    • Bertanggung jawab dalam pengelolaan proyek aplikasi web

Keterampilan

  • Menguasai bahasa pemrograman Java, PHP, dan Python
  • Menguasai database MySQL dan MongoDB
  • Menguasai sistem operasi Linux dan Windows
  • Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)
  • Mampu bekerja dalam tim maupun individu
  • Keterampilan komunikasi yang baik

Sertifikat

  1. Sertifikat TOEFL (550)
  2. Sertifikat Pelatihan Pemrograman Java
  3. Sertifikat Pelatihan Manajemen Proyek

Referensi

  1. Bapak Iwan Susanto, Direktur PT XYZ, Jakarta, 0812345678
  2. Ibu Sri Hartati, Rekan Kerja PT ABC, Jakarta, 0812345679

Selain tampilan dan isi yang terstruktur dengan baik, CV juga harus mencantumkan informasi kontak yang jelas dan mudah dihubungi. Informasi kontak ini dapat berupa alamat email, nomor telepon, dan alamat tempat tinggal. Pastikan bahwa alamat email dan nomor telepon yang Anda cantumkan adalah aktif dan mudah dihubungi. Selain itu, pastikan juga bahwa alamat email Anda terlihat profesional dan sesuai dengan nama Anda.

Setelah mencantumkan informasi kontak yang jelas, langkah selanjutnya adalah mengisi bagian pengalaman kerja. Pada bagian ini, cantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jangan takut untuk mencantumkan pengalaman kerja yang mungkin tidak terlalu terkait dengan posisi yang Anda lamar, asalkan Anda dapat menunjukkan bagaimana pengalaman kerja tersebut dapat memperkaya kemampuan Anda dan relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Selain pengalaman kerja, pendidikan juga menjadi informasi penting yang harus dicantumkan pada CV. Cantumkan informasi mengenai jenjang pendidikan yang telah Anda tempuh, nama institusi pendidikan, jurusan, dan tahun lulus. Jika Anda memiliki sertifikat atau penghargaan pendidikan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, jangan lupa untuk mencantumkannya pada CV.

Selanjutnya, cantumkan juga informasi mengenai kemampuan atau keahlian yang Anda miliki. Kemampuan atau keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar dapat menjadi nilai tambah pada CV Anda. Sebagai contoh, jika Anda melamar posisi sebagai desainer grafis, kemampuan menguasai software desain grafis seperti Adobe Photoshop dan Illustrator dapat menjadi nilai tambah pada CV Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan referensi yang dapat dihubungi. Referensi yang dimaksud adalah orang yang dapat memberikan rekomendasi mengenai kemampuan atau keahlian Anda dalam bekerja. Referensi ini dapat berupa atasan atau rekan kerja yang pernah bekerja dengan Anda sebelumnya.

Dalam menyusun CV, pastikan bahwa CV yang Anda buat memiliki tampilan yang menarik dan profesional. Anda dapat menggunakan template CV yang telah tersedia di internet atau membuat desain sendiri. Namun, pastikan bahwa tampilan yang Anda buat tetap simpel dan mudah dipahami.

Demikianlah beberapa tips dalam menyusun daftar riwayat hidup atau CV yang baik dan menarik. Selamat mencoba!

Bagikan:

Tinggalkan komentar