Cegah Penyakit, Buka Gerai Kesehatan Gratis - Belajar Teknologi dan Investasi - DjoNews
Menu
Situs Tentang Belajar Teknologi serta Investasi Lengkap

Cegah Penyakit, Buka Gerai Kesehatan Gratis

  • Bagikan

Djonews.com, SEMARANG –. Untuk menghindarkan warga korban banjir dari penyakit, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Jateng melakukan bakti kesehatan di lokasi terdampak banjir di Kota Semarang.

KaBid Dokkes Polda Jateng Kombes Sumy Hastry Purwanti mengatakan bakti kesehatan itu berupa Pelayanan kesehatan, pemberian vitamin, pemberian obat. Bakti kesehatan ini digelar secara gratis.

“Karena akses masyarakat ke fasilitas kesehatan terkendala banjir, Jadi kami yang merapat ke sana, memberikan dukungan bantuan kesehatan,” kata Hastry, di Semarang, Rabu (4/1/2023).

Salah satu yang jadi kendala kata dia, ada beberapa warga lanjut usia (Lansia). Tentu, lansi sulit bergerak jika ada banjir.

Bakti kesehatan itu dimulai Minggu 1 Januari 2023. Saat itu dilakukan di daerah Muktiharjo Kidul RW10 dan RW15, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Kegiatan itu bisa melayani 120 warga.

“Dilakukan dari pagi hingga malam hari. Saat itu genangan air masih tinggi mengingat mulai akhir tahun 2023 tepatnya Sabtu 31 Desember 2023 bencana hidrometeorologi banjir menerjang Semarang,” terangnya

Aksi kedua bakti kesehatan dilakukan Senin 2 Januari 2023. Sasarannya di Masjid Muktiharjo Kidul RW7, di Pos RW10 Muktiharjo Kidul dan Kantor Kelurahan Tlogosari Kulon. Saat itu 160 orang warga dilayani tim Dokkes Polda Jateng. Kegiatan dilakukan pagi hingga sore.

Kemudian, Selasa 3 Januari 2023, tim Dokkes juga kembali berkeliling melaksanakan bakti kesehatan. Lokasinya di daerah Kaligawe Kota Semarang. 120 orang mendapatkan layanan kesehatan gratis. 

“Totalnya, ada 5 tim yang sudah diterjunkan. Total personelnya ada 20 orang, terdiri dari dokter, perawat, bidan, apoteker, paramedis, medis dan non nakes. Korban banjir ini rata-rata mengeluhkan sakit kulit karena terkena air kotor jadi gatal-gatal. Batuk pilek, sakit maag kambuh, mual, diare sampai hipertensi,” jelas dia.

Bakti kesehatan ini, lanjutnya, akan terus dilakukan sampai keadaan karena banjir ini bisa ditanggulangi. Pihaknya akan memberikan dukungan bantuan kesehatan bagi masyarakat luas.(Putra Janoko)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *