Wajib tahu! 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

oleh
5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Bagi sebagian orang mungkin pernah melupakan hal yang penting, seperti: nama seseorang yang dikenal, lupa meletakkan kunci, atau membutuhkan waktu lebih hanya untuk menemukan kata-kata yang tepat. Oleh karenanya, DjoNews akan memberikan 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat.

Kamu tidak perlu panik bila mengalami hal yang serupa dengan kejadian di atas, sebab kamu dapat melakukan beberapa hal agar cara untuk meningkatkan daya ingat ini berhasil.

5 Cara alami yang akan DjoNews sampaikan di bawah ini telah terbukti secara ilmiah dan dapat kamu jadikan sebagai cara untuk meningkatkan daya ingat otak kamu.

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Latihan Aerobik

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Latihan aerobik. Dengan kamu melakukan latihan aerobik maka kegiatan ini akan membantu otak dalam menciptakan kapiler yang baru dan juga sel-sel otak baru serta membuat hubungan.

Hal ini juga didukung dengan penelitian yang menunjukkan bahwa berolahraga dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

Baca Juga:  4 Spesifikasi Hp Android Yang Cocok Untuk Vlogger

Bila olahraga dilakukan oleh orang dewasa atau orang tua, maka hal ini akan berakibat mengurangi penurunan tingkat kognitif yang bermanfaat bagi daya ingat otak.

Tidur Berkualitas

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Setiap individu pasti memerlukan tidur, semakin baik waktu dan kualitas tidur, maka akan semakin baik pula daya ingat seseorang.

Tidur akan membantu kamu meningkatkan daya ingat untuk melakukan sesuatu dan daya ingat yang berkaitan dengan fakta tertentu.

Sebuah studi pernah dilakukan di Harvard, dimana mahasiswa akan diuji untuk menghafal kata yang tidak berhubungan, menghafal labirin, serta menyalin bentuk yang rumit.

Sebagian dari mereka diizinkan untuk tidur siang selama 45 menit dan hasilnya adalah mereka yang tidur siang mendapatkan hasil lebih baik dalam pengujian tersebut.

Bersantai Sejenak

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Stres dan depresi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Stres dan depresi akan menimbulkan peningkatan tekanan darah, mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, dan merusak ingatan.

Saat merasa tertekan, tubuh kamu akan melepaskan hormon kortisol ke dalam aliran darah. Hormon kortisol inilah yang terbukti menyebabkan penurunan ingatan dalam jangka panjang.

Baca Juga:  Wajib Tahu apa itu Toxic Parents? Hati2!

Demi mengurangi depresi dan stres dalam hidupmu, cobalah sejenak untuk bersantai dengan melakukan meditasi, melatih pernafasan, ataupun yoga.

Berhentilah memerika email, media sosial, dan berbagai aktivitas yang dapat semakin memicu tingkat stres melejit.

Belajar Berkelanjutan

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Otak memiliki cara kerja yang sama dengan otot kamu. Semakin sering melatih pikiran, maka akan semakin kuat kemampuan otak.

Penelitan terbaru mengungkapkan bahwa belajar secara berkelanjutan akan bermanfaat untuk meningkatkan sel aktif di dalam otak kamu.

Selain bisa aktif secara fisik, belajar keterampilan baru atau belajar hal lain akan menjaga otak lebih sehat.

Pertimbangkan untuk mengikuti kelas pendidikan tingkat lanjut, mengikuti kursus bahasa asing, belajar keterampilan teknis yang mendukung pekerjaan, dan lain yang semisalnya.

Bersosial Sesering Mungkin

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Koneksi sosial yang kamu miliki dan juga kamu bangun akan menjaga kesehatan otak menjadi lebih baik. Saat seseorang terisolasi secara sosial dan merasakan kesepian, maka hal ini akan sangat beresiko meningkatkan demensia.

Tidak adanya interaksi dengan orang lain akan membuat otak menjadi layu dan perasaan kesepian akan menyebabkan seseorang merasa depresi dan terjadinya penurunan mental.

Baca Juga:  Disdik Kota Semarang Sedang Persiapkan Aturan Sekolah Tatap Muka

Sebuah studi yang pernah dilakukan dan diterbitkan oleh Frontier in Aging Neuroscience mengungkapkan bahwa orang tua dengan waktu bersosial yang baik memiliki ingatan, penalaran, dan kecepatan proses otak yang lebih baik.

Kesimpulan: 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Dengan melakukan 5 langkah yang dijelaskan di atas diharapkan seseorang bisa meningkatkan daya ingat menjadi lebih baik.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan pernah berhenti belajar, sebab aktivitas belajar membuat daya ingat seseorang menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat