, ,

Cara Mudah Menambah Memori di Android

oleh -
Rekomendasi Handphone Samsung dengan RAM 4GB Harga Duajutaan
Rekomendasi Handphone Samsung dengan RAM 4GB Harga Duajutaan

DjoNews.com – Android mempunyai kelebihan dibeberapa aspek pendukungnya, Salah satu kelebihan diantaranya ialah pengguna Android dapat men-download aplikasi, menambah beberapa media hiburan seperti film dan musik, serta data cache untuk penggunaan media via offline. Namun, memori internal yang minim di smartphone low-end banyak menjadi masalah.

Memori yang terlalu penuh sesak, selain dapat mengganggu kamu saat tidak bisa men-download aplikasi dan juga menambahkan media, HP kamu juga bisa jadi lemot alias loading lama. Jika kamu merasa memori HP sudah hampir penuh, ada beberapa cara mudah menambah memori di Android yang Djonews.com rangkum dan perlu untuk kamu lakukan.

Cara Menambah Memori Android

Mari simak inilah cara menambah memori internal Android yang bisa melegakan ruang memori smartphone kamu. Ada 5 cara yang DjoNews dapat rekomendasikan untuk kamu ikuti. Pastinya, cara-cara ini merupakan cara yang mudah untuk kamu lakukan.

Gunakan Fitur yang Tersedia di Smartphone Android

Jika kamu menggunakan sistem operasi Android terbaru, ada fitur yang secara tepat bisa menunjukkan berapa memori yang telah kamu gunakan. Cara mudah mengaksesnya kamu tinggal masuk ke Settings, dan ketuk Storage.

Disitu akan terlihat seberapa banyak penggunaan memori yang termakan didalam smartphone kamu, seperti berapa banyak penggunaan untuk foto, video, download, audio, cache data, dan lain sebagainya. Pastinya ini akan sangat membantu kamu dalam mengatur memori HP atau smartphone.

Menyalinkode AMP
Baca Juga :   6 Cara Mempercepat Transfer Data di Komputer

Android 8.0 Oreo

Management storage milik Android versi Oreo, memiliki tampilan yang diperbarui dimana semua data dikelompokkan berdasarkan tipenya, seperti foto dan video menjadi satu, begitu pula dengan musik dan audio, game, dan lainnya. Yang nantinya, jika kamu membuka pilihan foto dan video akan memunculkan aplikasi apa saja yang mempunyai data berupa foto dan video.

Disitulah, kamu akan menjumpai tombol Free Up yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan memori smartphone dengan mudah. Jika kamu menekan tombol Free Up, maka kamu akan dibawa ke halaman dimana kamu dapat memilih data mana saja yang ingin kamu hapus seperti gambar di atas.

Android 7.0 Nougat ke Bawah

Jika Android 7.0 Nougat yang kamu gunakan, maka kamu dapat memilih beberapa opsi seperti, Apps, Images, Video dan seterusnya untuk melihat apa saja yang membuat memori kamu banyak termakan. Misalnya, ketika kamu ketuk Apps, maka kamu akan diberi tampilan berupa aplikasi apa yang paling banyak memakan memori.

Kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang dinilai banyak menggunakan memori lalu membersihkannya. Dan biasanya, aplikasi game dengan grafis HD serta aplikasi streaming musiklah yang banyak menaruh data di smartphone kamu.

Baca Juga :   5+ Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasi Overheat pada Hp

Kamu hanya perlu ketuk aplikasi tersebut, lalu pilih Clear Data untuk membersihkan data yang ada di smartphone kamu.

Ini akan menghapus seluruh data yang sudah di download di aplikasi kamu tersebut dan kamu harus memulai aplikasi itu dari awal.

Peringatan!

Gunakan Aplikasi Google Files

Penggunaan fitur dari Android dapat membantu kamu dalam menunjukkan sebarapa besar memori smartphone yang telah digunakan dengan beberapa tipe datanya, namun data yang ditampilkan tidak dengan jelas disuguhkan. Maka kamu akan memerlukan aplikasi bernama Google Files untuk menunjukkannya secara detail.

Di aplikasi Google Files, kamu akan ditunjukkan aplikasi mana saja yang jarang kamu pakai, media dengan resolusi rendah, file duplikat, file sementara, dan banyak lagi. Hal-hal itu pasti merupakan masalah yang dianggap Google Files memakan memori kamu.

Kamu pun dapat langsung mengetuk kategori mana dari pilihan diatas, lalu dapat kamu pilih data apa saja yang ingin kamu hilangkan. Tentunya ini dapat menolong kamu untuk menambah memori di android yang kamu gunakan.

Tambah SD Card lalu Pindah Datanya

Saat ini sudah banyak HP Android yang menyediakan slot microSD meskipun jumlah smartphone seperti ini semakin tak menentu. Bila Smartphone kamu mempunyai slot microSD, maka kamu dapat memanfaatkannya untuk menambah memori smartphone kamu.

Jika smartphone kamu ber-sistem operasi Android Marshmallow ke atas, maka kamu dapat langsung memformat microSD milikmu menjadi memori internal. Kamu dapat menambahkan gambar, video, musik, aplikasi dan file lainnya ke smartphone kamu.

Baca Juga :   5 Aplikasi Untuk Pendidikan yang dapat Anda Gunakan dengan Mudah

Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan microSD ke smartphone kamu, lalu tunggu sampai muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa microSD kamu telah terbaca. Kamu pilih Set Up, lalu ketuk Use as internal storage sebagai pilihan kamu.

Pindah Foto ke Layanan Cloud

Sadar maupun tidak, foto dapat menjadi salah satu penyebab terbesar dalam kasus penuhnya memori smartphone kamu, lho. Apa lagi bila kamu tergabung dalam beberapa grup chat, pasti akan banyak foto yang tanpa persetujuan dapat tersimpan di dalam smartphone kamu.

Untuk dapat mengatasinya, kamu bisa memindah foto-foto yang kamu anggap penting ke beberapa layanan Cloud, seperti Google Photos, Microsoft OneDrive, Dropbox, Flickr, dan banyak lainnya. Namun, Google Photos merupakan cloud yang secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi Photos milik Google sendiri.

Bila kamu menggunakan layanan Google Photos, maka kamu dapat membersihkan setiap foto yang sudah kamu pindah ke cloud dengan cara ketuk tiga garis yang berada di kanan atas, lalu pilih Free up space untuk menghapus beberapa foto yang telah masuk di dalam layanan cloud.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mudah dalam menambah memori di Android yang dapat kamu lakukan. Dan perlu kamu ingat, bila kamu menggunakan microSD di smartphone sebaiknya pilihlah MicroSD dengan kategori kelas ter-tinggi agar tidak mempengaruhi kinerja smartphone milikmu.

Menyalinkode AMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *