Cara Mudah Membuat Rumah-Rumahan Kardus

oleh -
cara mudah membuat rumah kardus

DjoNews.com – Mainan atau miniatur berupa rumah kardus dapat digunakan sebagai rumah untuk hewan peliharaan layaknya kucing, dapat pula menjadi mainan anak, hingga alat bantu pemasaran perumahan. Namun, tahukah kamu bagaimana cara membuat rumah dari kardus tersebut?

Membuat miniatur sebuah rumah mungkin tak semudah kerajinan kardus lainnya. Meski begitu, dengan sedikit kreativitas serta ketekunan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk memberikan inspirasi, berikut DjoNews hadirkan beberapa ide kreasi membuat rumah dari kardus serta bahan bekas lengkap dengan cara pembuatannya.

Membuat Rumah-Rumahan Anak

Kreasi rumah kardus satu ini tidak hanya cantik sebagai hiasan. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai tempat bermain anak. Meski sedikit memakan waktu dan tenaga, rasa lelah kamu akan hilang seketika disaat melihat hasil karya telah usai dibangun.

Alat dan bahan yang kamu butuhkan diantaranya ialah kardus, cutter, pensil, penggaris dan lem kayu. Kamu juga bisa menjadikan plastik transparan sebagai jendela rumah kardus nantinya.

Bagaimana cara membuat rumah kardus?

Langkah awal adalah mempersiapkan desain rumah serta kerangka yang akan kamu buat. Kamu dapat memulai dengan empat persegi yang ukurannya sama sebagai dinding. Lalu buat dua buah persegi panjang dan dua segitiga sama kaki untuk atapnya.

Kedua, persiapkan potongan yang digunakan sebagai dinding rumah terlebih dahulu. Potong kerangka dinding yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa membuat kreasi di dinding dengan menambahkan jendela dan juga pintu.

Selanjutnya, rekatkan setiap bagian dinding menggunakan lem kayu sampai membuat bentuk kubus tanpa tutup. Lalu siapkanlah kerangka atap yang sudah kamu potong diawal tadi.

Agar nampak lebih hidup, kamu bisa memberikan kertas berwarna lalu gunting secara bergelombang. Tempelkan kertas itu ke kerangka atap agar terlihat layaknya atap sebenarnya.

Baca Juga :   Pengaruh Gadget bagi kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Lanjutkan cara membuat rumah dari kardus ini dengan menyatukan setiap kerangka atap . Terakhir, kamu pun bisa menambahkan ornament lain demi mempercantik rumah kardus yang telah kamu buat.

Cara Mudah Membuat Rumah-Rumahan Kardus

Selain rumah-rumahan berukuran besar, kamu juga dapat membuat versi mini yang sederhana. Kreasi rumah-rumahan yang satu ini bisa dijadikan teman bermain bagi anak-anak bersamaan dengan bonekanya.

Cara membuat rumah-rumahan dari kardus ini pun cukup mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan satu kardus bekas yang masih rapih (belum dilipat) dan juga cat berwarna putih. Sediakan pula cutter dan selotip. Dan..

Berikut ini langkah mudah membuat rumah mini.

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menutup bagian atas dan bawah kardus yang tadinya terbuka menggunakan selotip. Gunakanlah selotip yang ukurannya lebar atau kamu bisa menggunakan lakban bening agar kardus dapat tertutup dengan sempurna.

Kedua, potong sisi kanan atau kiri dus agar membentuk dua daun pintu. Buatlah lubang dengan bentuk setengah lingkaran yang berfungsi untuk membuka dan menutup pintu.

Selanjutnya, hias rumah-rumahan yang telah kamu buat menggunakan cat. Kamu bisa menghiasnya dengan gambar bintang atau sebagainya. Gunakanlah imajinasi dan kreativitas pada tahap ini! Sangatlah mudah bukan? Cara membuat rumah-rumahan dari kardus ini.

Rumah-rumahan Kucing dari Kardus

Jika kamu memiliki kucing, maka ide kerajinan dari kardus yang satu ini mungkin dapat menarik perhatian. Ya, kamu juga bisa membuatkan rumah kucing hanya dengan bermodal kardus bekas. Cara membuat rumah kucing dari bahan kardus bekas ini pun sudah cukup familiar di kalangan pencinta kucing, lho.

Untuk membuatnya, kamu bisa menyiapkan sejumlah kardus bekas, cutter dan lem serbaguna.

Langkah pertama, kamu bisa mengambil selembar kardus dan gambarkan lingkaran di atasnya. Kemudian, gambarkan lagi sebuah lingkaran di dalam lingkaran pertama. Potong pola tersebut hingga berbentuk cincin.

Selanjutnya, ulangi cara yang sama untuk mendapatkan cincin-cincin kardus lainnya. Namun, buatlah cincin berikutnya dengan diameter yang lebih besar dari sebelumnya. Kamu bisa menambahkan sekitar 1 cm untuk setiap cincin yang kamu buat berikutnya.

Baca Juga :   Ekonomi, Manusia Karung Bermunculan

Tumpuk cincin-cincin kardus tersebut hingga membentuk kerucut. Jangan lupa untuk menggunakan lem serbaguna dalam menempelkan setiap lapisan kardus.

Terakhir, ambillah cutter untuk membuat lubang pintu di salah satu sisinya. Rumah kucing pun siap untuk digunakan.

Cara Membuat Rumah Kucing dari Kardus yang Mudah

Ingin tahu cara membuat rumah kucing yang lebih mudah lagi? Ide kreatif memanfaatkan kardus bekas ini bisa jadi pilihan yang menarik lainnya, lho. Hanya dengan sedikit langkah yang mudah, kucing kesayangan kamu akan memiliki rumah baru yang terbuat dari kardus bekas.

Pertama-tama, siapkan dua kardus bekas yang belum dilipat (masih dalam bentuk boks). Salah satunya harus lebih kecil dari kardus lainnya.

Kedua, ambil kardus yang besar. Gunakan cutter untuk membuat jendela dan pintu di salah satu sisi kardus besar.

Selanjutnya, ambil dus yang kecil. Buka salah satu sisi kardus tersebut dan buat bentuk layaknya mahkota. Kemudian, letakan di atas kardus yang besar. Kamu bisa menempelkannya dengan lem agar tidak terjatuh.

Terakhir, ajak kucing kamu untuk mencoba rumah barunya. Kamu pun bisa menghias rumah kardus itu terlebih dahulu bila dirasa perlu.

Rumah dari Karton

Jika kamu rasa kreasi rumah kardus di atas terlalu sulit, ada ide lain yang mungkin lebih mudah. Kamu bisa membuat kreasi karton bekas susu formula sebagai bahan dasar dalam membuat rumah-rumahan sederhana. Kreasi ini jauh lebih mudah, babnya kamu dapat melewati proses pembuatan dinding rumah.

Siapkan beberapa karton bekas susu formula. Lapisi karton dengan menggunakan kertas kado agar terlihat lebih menarik. Lalu, siapkan desain untuk pintu serta jendela dengan menggunakan kertas karton yang lain.

Gambarlah bentuk pintu serta jendela sesuai dengan selera kamu di atas kertas karton. Kamu pun dapat memberi lapisan karton tersebut dengan kertas warna.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kerugian Penggunaan Smartphone Bagi Anak

Tempelkan gambar pintu dan jendela ke atas karton pertama. Lanjutkan dengan mempersiapkan kerangka atap. Buat prisma segitiga dengan karton lainnya. Sesuaikan ukuran atap dengan karton pertama, lalu tempelkan menggunakan lem di atas karton pertama.

Agar terlihat lebih nyata, ambil kardus lalu potong dengan bentuk persegi kecil layaknya genting. Kemudian, tempelkan potongan-potongan persegi di atas kerangka atap yang telah kamu buat. Cukup mudah bukan cara membuat rumah dari kertas karton ini?

Rumah Mainan Mini dari Kertas

Selain cara membuat rumah mainan dari kardus, ada juga kreasi rumah-rumahan dari kertas. Kamu bisa menggunakan kertas bekas untuk membuat rumah-rumahan sederhana ini. Cara membuatnya pun tidaklah terlalu rumit.

Kamu bisa menggunakan template atau pola rumah-rumahan yang sudah tersedia di internet. Cetak pola tersebut ke dalam kertas sembarang lalu potong sesuai pola. Setelah itu, jiplak pola ke dalam kertas yang agak tebal untuk digunakan dalam membuat rumah-rumahan ini.

Ikuti cara melipat yang tersedia pada pola sampai rumah-rumahan tersebut terbentuk. Selanjutnya, kamu dapat menambahkan siluet orang dan juga rumput dari kertas untuk diletakkan di sekeliling rumah-rumahan kertas yang telah jadi.

Rumah Mainan Unik dari Sedotan

Terakhir, kamu pun dapat membuat rumah-rumahan dari sedotan, lho. Cara membuat rumah-rumahan dari sedotan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari kreasi membuat rumah kardus yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kamu hanya perlu membuat rumah-rumahan dari kardus terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan sedotan untuk menghias dinding permukaan rumah kardus yang telah kamu buat.

Kamu bisa memanfaatkan sedotan dengan berbagai warna agar hasil akhir pembuatan rumah-rumahan akan lebih menarik. Misal, kamu bisa menjadikan dinding rumah kardus berwarna ungu dengan sedotan ungu. Kemudian, buat pintu berwarna merah dengan sedotan warna merah.

Dan, itulah beberapa cara membuat rumah kardus yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Tidak ada aturan khusus dalam membuat rumah-rumahan ini, jadi sebisa mungkin gunakanlah kreativitas dan imajinasi agar lebih apik hasilnya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *