,

Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet Bertahan Lama (Tidak Cepat Rusak)

oleh -
cara merawat batrai laptop supaya awet tidak cepat rusak
cara merawat batrai laptop supaya awet tidak cepat rusak

Cara Merawat Laptop dengan Mudah – pastinya perangkat laptop tidak bisa jauh dari yang sering kita sebut dengan baterai. Walaupun tanpa baterai laptop masih bisa menyala dengan mencolokan langsung ke listrik dengan kabel charger. Baterai juga perlu di lakukan perawatan, Nah di postingan ini kami akan memberikan cara merawat baterai laptop agar tetap awet.

Akan tetapi, buat kamu yang mobilitasnya tinggi sering bepergian, kerja di tempat yang kamu suka, sepertinya laptop tanpa baterai tidak akan bisa menjadi senjata kamu. Karena Apalah artinya sebuah laptop Tanpa adanya baterai. Kamu tidak bisa menggunakan laptop kamu secara maksimal jika baterai sudah rusak.

Seiring berjalan nya waktu, daya tahan baterai akan semakin lemah, dan daya akan cepat habis, terlebih jika kamu menggunakan lapatop tanpa teratatur. Sehingga kekuatan baterai akan semakin melemah yang akan berujung pada kerusakan

cara merawat batrai laptop supaya awet tidak cepat rusak

Selain dari pada itu, daya tahan baterai pada setiap laptop tidak sama, sesuai dengan spesifikasi lapto yang kamu miliki, ada yang mulai dari yang hanya dapat bertahan sekitar 2 jam hingga mencapai 5 jam lebih. Meski pada saat ini teknologi baterai laptop sudah semakin berkembang, dengan adanya jenis baterai yang bernama baterai Lithum.

Daftar Isi

Teknologi Baterai Laptop

Dimana teknologi lithum ini mampu mengidentifikasi kapan baterai laptop terisi penuh, setelah baterai terisi penuh, maka secara otomatis baterai tidak akan menyerap daya listrik. Sederhananya, setelah baterai terisi 100% maka baterai tidak akan mengecas lagi, sehingga meski kamu tinggal cas semalaman maka baterai akan mengalamin kelebihan daya yang biasanya melembung.

Dengan fitur baterai Lithum, kamu bisa melakukan charging kapanpun sesuka hati tanpa harus menunggu baterainya habis dan tak perlu takut juga jika terlalu lama melakukan charging.

Karena baterai jenis lithum ini memiliki kecerdasan untuk berhenti menampung daya listrik saat sudah penuh. Sehingga saat baterai terisi 100% maka aliran listrik tidak akan tersimpan dan mencegah baterai unttuk menampung lagi.

Namun, untuk kamu yang memiliki laptop laptop dengan baterai bukan berjenis Lithum tentunya butuh perawatan agar lebih awet dan tahan lama.

Tentunya karena baterai ini sulit diperbaiki saat rusak atau bahkan mustahil diperbaiki, kemungkinan jika baterai laptop sobat rusak lalu dibawa ke tukang service maka akan diminta tuk menggantinya saja.

Baca Juga :   Cara Mengambil Gambar Dari File PDF Dengan Menggunakan Adobe Photoshop

Sedikit cara untuk kamu, untuk dapat memembeli baterai laptop yang baru maka kamu harus mengeluarkan banyak uang, sebab untuk harga batrai laptop itu cukup relatif mahal. Bahkan bisa jadi baterai adalah komponen komputer yang harganya paling mahal dari harga komponen-komponen lainnya.

Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet Bertahan Lama (Tidak Cepat Rusak)

1. Jangan Sampai Baterai Laptop Terkuras Habis Hingga 0%

Mengisi baterai hingga melebihi batasan daya tampung atau terlalu penuh tentunya tidak baik.

begitupun, membiarkan baterai laptop kamu benar-benar kosong bahkan hingga 0% ini juga tak lebih baik.

Jika cukup sering hal itu terjadi, maka secara perlahan dapat mempengaruhi ketahanan baterai. Biasanya hal ini akan membuat baterai laptop kamu error, sepengalaman saya baterai tidak akan terdeteksi di laptop kamu dengan pesan error no battery is detected. Nah, untuk masalah ini admin sudah mengulas pada artikel berikut ini

2. Hindarikan Laptop Pada Kondisi Tempat Panas

Simpan laptop kamu pada tempat yang bersuhu dingin, meski laptop dalam keadaan shutdown. Suhu yang panas, dapat mempengaruhi kinerja baterai laptop bahkan dapat menjadi salah satu indikasi kerusakan baterai jika kamu selalu menyimpan laptop pada suhu atau tempat yang panas.

Baca Juga :   Beberapa Highlight dari Ajang Mobile World

Aturlah Kecerahan Pencahayaan Laptop

Semakin terang brightness laptop kamu maka akan semakin besar juga menkonsumsi daya baterai kamu, sehingga daya baterai yang terkuras akan semakin boros atau tak tahan lama. Maka dari itu , sebaiknya kamu atur Brightness dan Kecerahan Layar monitor

Jangan Dibiasakan Melepas Laptop

Jika kamu sering melepas Baterai Laptop lalu kamu sambungkan secara langsung dengan daya listrik. Hal ini juga beresiko baterai dapat mengalami kerusakan. Selain merusak baterai, cara ini juga dapat merusak hardware laptop kamu yang lainnya, seprti motherboard dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, mulai sekarang hindari mecopot baterai dan menghubungkan langsung ke listrik menggunakan charger.

5. Jangan Menyangka Baterai Laptop Awet

Saat laptop masih dalam keadaan baru ketahanan baterai masih dalam kadaan normal-normal saja. Tapi seiring berjalanya waktu dan seringnya kamu gunakan laptop kamu, maka ketahanan baterai yang menurun akan mulai kita rasakan.

Meski sedemikian rupa kita merawat baterai laptop dengan sebaik-bainya tapi perlu diingat baterai juga memiliki umur.

Jika sudah saatnya baterai laptop kamu untuk diganti, maka jangan ditunggu lagi, agar laptop dapat digunakan secara maksimal dan baterai bekerja dengan baik dan kamu masih bisa bekerja dengan laptop kamu.

Semoga cara merawat baterai laptop ini dapat membantu kamu Agar Baterai Awat dan Tidak Cepat Rusak, awet dan tahan lama. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *