Cara Mengobati Luka Bakar yang Menggelembung

oleh -
cara mengobati luka bakar yang menggelembung

DjoNews.com – Ada beberapa cara dalam mengobati luka bakar yang dapat kamu lakukan, tergantung dari tingkatan kelasnya. Bekas luka yang tertinggal dapat hilang seiring berjalannya waktu, namun ada pula yang meninggalkan jejak permanen.

Dalam kasus luka bakar ringan, masalah ini dapat diatasi di rumah untuk mencegah efek yang berkelanjutan.

Sebelum membahas cara mengobati luka bakar yang menggelembung, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tipe luka bakar yang dapat meninggalkan bekas luka di kulit.

Tipe luka bakar yang bisa meninggalkan bekas

Mungkin kamu pernah secara tidak sengaja menyentuh panci panas atau terkena air mendidih. Setelah itu tertinggal rasa panas yang menyengat di kulit. Pernah?

Luka bakar ringan ini bisa segera ditangani di rumah. Namun, untuk kecelakaan lainnya, yang bersifat lebih besar tentu berkemungkinan menimbulkan luka bakar dengan kelas tertentu dan meninggalkan bekas.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui luka bakar yang bisa meninggalkan bekas.

Luka bakar kelas pertama

Luka bakar kelas pertama ini hanya mengenai bagian epidermis atau bagian kulit luar. Luka bakar kelas pertama biasanya hanya meninggalkan bekas kemerahan di permukaan kulit serta rasa nyeri atau sakit.

Umumnya, leka bakar kelas pertama bisa sembuh tanpa meninggalkan luka dalam kurun waktu 6 hari. Cara mengobati luka bakar kelas ini pun dapat segera kamu lakukan di rumah.

Luka bakar kelas dua

Pada luka bakar kelas dua biasanya akan mengenai bagian epidermis dan dermis atau bagian kulit luar serta sisi dalam kulit, sehingga timbul warna kemerahan.

Korban biasanya mengalami rasa sakit di sekitar area luka. Penyembuhan luka bakar bisa berlangsung hingga 2-3 minggu dan umumnya akan meninggalkan bekas luka.

Halaman: Awal |1 | 2 | 3 | . | | Akhir

Tentang Penulis: Ramdhan

Gambar Gravatar
Sejak kecil gue belum gede. Terobsesi akan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *