, , ,

Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Handphone Android

oleh -
cara mengatasi memori full pada handphone android
cara mengatasi memori full pada handphone android

Djonews.com – Berikut ini kami akan memberikan cara bagaimana untuk mengatasi memori penuh pada hp andorid kami. Saat kita ingin mendownload sebuah file aplikasi atau game yang berukuran besar, terkadang kita akan mendapat notifikasi berupa ruang penyimpanan yang tidk cukup. Jika sudah begitu, kita tidak mungkin dapat menginstal aplikasi yang kita inginkan.

cara mengatasi memori penuh

Selain tidak dapat menginstal aplikasi tertentu, ruang penyimpanan yang tidak cukup juga membuat kita tidak bisa menyimpan foto atau video yang baru saja kita rekam. Tidak jarang kurangnya ruang penyimpanan menjadi alasan untuk membeli smartphone baru, padahal masalah ini masih bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah. Selain itu, samartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar harganya cukup mahal. untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Rumah-Rumahan Kardus

Daftar Isi

Berikut beberapa cara untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan pada Handphone Android:

Cara Pertama, bersihkan virus dan sampah

Sebelum mengunduh aplikasi, pastikan Anda membersihkan virus dan sampah yang tersisa di perangkat Anda. Biasanya sampah yang menumpuk di perangkat kita bisa mencapai 500 MB atau lebih, maka wajar bila aplikasi yang berukuran kurang dari 100 MB tidak bisa diunduh.

Baca Juga :   10 Aplikasi Edit Video Gratis ala Vlogger

Pada langkah ini biasanya ada aplikasi bawaan dari handphone kamu atau kamu juga bisa mendownload aplikasi ini di playstore.

Cara kedua, gunakan fitur Adobtable Storage

Fitur ini adalah fitur bawaan dari android yang dapat mengadopsi memori card menjadi memori internal. Akan tetapi, fitur ini hanya dimiliki oleh sistem android generasi marshmallow.

Cara Ketiga, pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Cara ini sangat praktis, namun terkadang kita tidak menyadarinya. Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan > pengaturan aplikasi > pilih “Di Install” >  pilih icon aplikasi > Pindah ke kartu memori atau SD Card.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menghapus aplikasi untuk memperbesar ruang penyimpanan internal.

Baca Juga :   Beberapa Highlight dari Ajang Mobile World

Cara Keempat, pindahkan semua file foto dan video

Pindahkan file foto dan video ke memori eksternal atau atur penyimpanan foto dan video ke SD Card. Dengan begitu, foto dan video yang kita ambil akan secara otomatis tersimpan ke kartu memori.

Cara Kelima, copot aplikasi yang tidak diperlukan

Cara ini sebenarnya adalah langkah darurat jika cara-cara sebelumnya tidak cukup membantu.

Cara-cara yang disebutkan di atas sudah terbukti efektif untuk mengatasi masalah kapasitas memori yang tidak cukup, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *