1. ikuti Program Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang bisa dilakukan siapapun dengan mudah.

Bagi kmau yang masih asing mendengar kata afiliasi atau affiliate, untuk gambaran mudahnya bisa membayangkan cara kerja seorang makelar.

Misalnya makelar rumah, mereka akan menyebarkan informasi mengenai rumah yang akan dijual.

Jika rumah tersebut terjual melalui tangannya, maka dia akan mendapatkan keuntungan berupa uang sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara makelar dan pemilik rumah.

Jumlah keuntungannya tergantung dari kesepakatan, dapat berupa sekian ersen dari harga rumah atau harga jual dikurangi harga yang diinginkan pemilik rumah.

Untuk bisnis afiliasi prosedurnya tidak jauh berbeda, kamu hanya perlu menawarkan produk afiliasi kemudian jika terjual kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan.

Produk disini bervariasi, tergantung dari perusahaan yang kamu ikuti.

Bagaimana Cara Memulainya?

Jika kamu ingin mencoba, silahkan pelajari caranya dan buat akun di e-commerce yang menyediakan fasilitas afiliasi atau partner.

Setelah kamu memiliki akun, selanjutnya adalah membagikan link referal atau kode kupon kamu.

Ada berbagai cara yang dapat kamu gunakan untuk menyebarkannya, bisa melalui sosial media atau melalui tautan yang dipasang di website kamu.

Jika kamu ingin memasangnya di website, pastikan website yang kamu buat memiliki pembahasan yang relevan dengan produk atau jasa itu. Misalnya tutorial membuat website, internet marketing atau lainnya, maka iklan afiliasi tentang hosting, domain, ssl, supaya hasilnya lebih optimal.

Pastikan juga kamu mematuhi peraturan dan ketentuan program afiliasi yang kamu ikuti.

2. Jualan Online

Apakah kamu bisa menyediakan barang yang dibutuhkan banyak orang?

Kenapa tidak mencoba menjualnya melalui internet. Kamu hanya perlu menampilkan gambar dilengkapi informasi lengkap mengenai barang yang dijual.

Suaya tidak perlu repot keluar rumah untuk melakukan pengiriman barang, kamu dapat mencari supplier yang menawarkan program reseller yang langsung dikirim ke pelanggan. Untuk mencarinya sangatlah mudah, kamu dapat mencarinya di Google dengan mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan reseller, misalnya reseller baju.

Bagaimana Cara Menjualnya?

Jika barang yang akan dijual sudah tersedia, kini saatnya mulai melakukan penjualan.

Untuk menjualnya, saat ini sudah banyak berbagai medial jual beli online yang dapat kamu gunakan secara gratis. Mulai dari marketplace seperti Tokoedia maupun BukaLapak, bahkan sosial media seperti Facebook atau instagram.

Jadikan Bisnis Kamu Terpercaya

Untuk menambah tingkat kepercayaan calon pembeli, pastikan kau memiliki sebuah website untuk menampilkan barang beserta kontak kamu.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Website?

Pasti itu adalah pertanyaan yang muncul dipikiran kamu yang sama sekali belum memahami website dan fungsinya.

Kami sudah menyediakan tutorial mengenai langkah-langkah membuat website untuk pemula. Silahkan ikuti tutorial cara membuat toko online.

3. Buat eBook

Mungkinn kamu memiliki keahlian atau engetahuan di bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk coba membuat eBook. Pastikan eBook yang kamu buat memiliki susunan kata yang mudah dipahami, sehingga apa yang ingin kamu sampaikan dapat dipahami oleh pembaca.

Sebagai contoh, jika eBook kau mengenai tutorial, pastikan langkah-langkahnya jelas dengan disertai screenshot atau gambar.

Apa Keuntungan Membuat eBook?

Seperti judul ada artikel ini, tentu kamu sudah memiliki gambaran mengenai apa keuntungan membuat eBook. Sebagian orang yang mencoba peruntungan di dunia internet marketing tentu pernah membuat ebook, berikut adalah keuntungannya:

1. Mendapatkan Subscriber

Jika kau ingin menghasilkan uang dari internet, pastikan memiliki subscriber yang loyal. Tidak jauh berbeda ketika kamu berjualan, tentu harus memiliki pelanggan setia supaya dagangan kamu laku terjual.

Untuk mendapatkan subscriber yang loyal, cara terbaik adalah dengan mendapatkan alamat email mereka dengan cara mewajibkan subscribe sebelum eBook akan di download secara gratis.

Perlu contoh alurnya seperti apa?

Coba kamu doenload eBook gratis dari Google.

Kamu bisa meniru alur tersebut.

Untuk cara membuatnya sangatlah mudah jika website kamu menggunakan WordPress, kamu hanya perlu melakukan instalasi plugin berikut dan sedikit pengaturan.

Silahkan ikuti tutorial cara membuat website, jika kamu belum memiliki website.

2. Mendapatkan Penghasilan

Kebanyakan blogger untuk mendapatkan penghasilan lebih fokus pada konten blog yang mereka buat, padahal eBook dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan konversi.

Ada dua hal yang bisa kamu manfaatkan, pertama kamu akan mendapatkan alamat email mereka untuk dikirimkan email penawaran mengenai roduk yang kamu jual. Kemudian yang kedua, kamu bisa menyisipkan link afiliasi.

Penting!!!

Untuk link afiliasi, pastikan produknya sesuai dengan enis eBook kamu. Misalnya, jika eBook kau membahas tips mengenai pariwisata, afiliasi yang paling mendekati adalah tiket hotel atau perjalanan.
3. Meningkatkan Jumlah Pembaca

File PDF sangat mudah dibagikan dan diakses kapan saja tanpa harus memerlukan koneksi internet. Sehingga, potensi jumlah pembaca tulisan kau akan meningkat. Pastikan isi eBook kamu memiliki manfaat yang dapat menyelesaikan permasalahan banyak orang.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membuat eBook?

Membuat eBook adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang paling mungkin untuk dikerjakan, karena dengan adanya alat dan bahan yang mudah didapat (khusus bagi kamu yang memiliki perangkat komputer atau laptop).

Sebelum kamu mulai membuat eBook, berikut tool yang perlu disediakan:

  • Software editor untuk menulis seperti Open Office yang tersedia secara gratis atau Google Docs (memerlukan koneksi internet).
  • Software editor gambar contohnya seperti Photoshop, diperlukan untuk membuat sampul eBook.

Berikut Langkah Membuat eBook:

a. Riset Target Pasar

Sebelum membuat eBook, pastikan untuk mengetahui siapa nantinya pembaca eBook kamu.

Caranya…

Anda dapat mencari kata kunci yang banyak dicari orang untuk menyelesaikan permasalahan. Untuk mencarinya dapat memanfaatkan berbagai tool yang tersedia secara gratis atau berbayar.

Untuk tool gratis dapat menggunakan Google Keyword Planner atau Ubersuggest.

Untuk kata kunci cara membuat website, memiliki total pencarian sebanyak 27.100 dalam sebulan. Dari hasil tersebut, kamu dapat mengetahui siapa target pasar kamu, yaitu orang yang ingin mengetahui bagaimana caranya membuat website.

Untuk mendapatkan penghasilan dari eBook yang kamu buat ada dua pillihan, pertama kamu jadikan eBook tersebut berbayar dan yang kedua eBook tersebut gratis, tapi kamu tawarkan produk di dalamnya, contohnya seperti afiliasi hosting.

Itu hanya sebagai gambaran, silahkan disesuaikan dengan apa yang kamu pahami.

b. Topik dan Judul

Setelah kamu mengetahui siapa target pasar untuk eBook yang dibuat tentunya akan dengan mudah membuat konten untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Jadi pastikan membuat topik yang sesuai dengan target kamu serta judul yang menarik.

Judul yang kamu buat pastikan mewakili aa yang kamu bahas pada eBook tersebut dan memberikan gambaran jika apa yang dibahas dapat menyelesaikan permasalahan.

c. Outline

Membuat outline atau kerangka untuk sebuah eBook adalah hal wajib kamu lakukan sebelum menulis artikel.

Seberapa penting sebuah outline akan kamu ketahui ketika menulis sebuah eBook atau artikel yang cukup panjang.

Berikut ini alasan kenapa outline untuk eBook adalah hal yang enting:

  • Lebih Fokus: Sebuah outline akan membantu kamu untuk fokus, sehingga kamu dapat menentukan apa yang akan ditulis. Mulai dari kalimat pertama sampai kalimat terakhir sampai sebuah kesimulan. Kerangka tulisan dapat memercepat kamu dalam menyelesaikannya dengan efektif (untuk artikel ini, tentu kami membuat outline terlebih dahulu).
  • Memahami Alur: Akan lebih mudah memahami alur sebuah artikel ketika membaca outlinenya terlebih dahulu, jika dibandingkan dengan membaca semua isi artikel. Sebelum membaca artikel ini, pasti kamu membaca subjudulnya terlebih dahulu. Sehingga sebuah outline dapat memberitahu pembaca mengenai apa yang kamu bahas.
  • Tepat: Kamu akanmengetahui dengan pasti mengenai tulisan yang akan dibahas. Sehingga tidak membuat artikel diluar pembahasan.
  • Lengkap: Kamu akan dengan mudah melakukan pengecekan apakah artikel yang kamu tulis sudah lengkap atau belum. Sehingga tidak ada pesan yang terlewatkan ke pembaca.
d. Tulis eBook

Setelah kamu selesai membuat outline atau kerangka eBook, selanjutnya adalah melengkapinya dengan artikel. Untuk menulis eBook, kau dapat menggunakan Open Office yang bisa didapat secara gratis.

Selain itu, fitur lengkapnya yang memungkinkan kamu melakukan eksport dari file .doc ke file .pdf.

Kamu harus mengetahui kenapa orang ingin mendownload eBook yang kamu buat.

Alasannya sederhana, karena mereka ingin mengetahui bagaimana cara melakukan sesuatu. Oleh karena itu, pastikan untuk menampilkan atau menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa yang akan dibahas.

Untuk kebanyakan eBook biasanya akan diawali dengan halaman daftar isi, contohnya seperti artikel ini.

Kemudian untuk struktur penulisannya, kamu dapat meniru eBook Online atau artikel yang sedang kamu baca.

Seperti adanya subjudul, list, dan juga paragraf yang tidak terlalu rapat. Supaya orang yang membaca melalui perangkat mobile lebih nyaman.

Gunakan juga gambar yang memiliki kualitas bagus. Untuk mencari gambar dapat melalui stock gambar gratis.

Mengenai huruf gunakanlah yang sederhana seperti Arial, Verdana atau Georgia. Untuk ukuran sebesar 14 atau 16 dengan warna hitam. Jangan gunakan warna merah.

Untuk memastikan eBook yang kamu buat memiliki isi yang berkualitas sehingga dapat menyelesaikan permasalahan pembacanya, pastikan untuk meminta bantuan profesional untuk mengecek hasil tulisan kamu.

Bagian yang tidak kalah penting yaitu mengenai cover eBook. Pastikan kau membuat cover yang menarik karena ini merupakan bagian pertama yang dilihat oleh pengunjung.

Meskipun ada istilah “Don’t judge a book by it’s cover“, tapi untuk kamu yang akan membuat eBook, pastikan untuk menggunakan cover yang menarik.

Berdasarkan survey The Book Smugglers, terdapat 79% dari total 616 orang yang setuju jika cover buku adalah hal yang dijadikan ertimbangan ketika mereka akan membeli sebuah buku.

e. Kompres ke PDF

Ini adalah langkah berikutnya setelah kamu selesai menulis, yaitu mengubahnya menjadi file PDF.

Kenapa harus PDF?

Karena file tersebut dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat. Untuk melakukan konversi dari Word ke PDF, saat ini sudah tersedia berbagai tool baik untuk Ms Word atau tool online seperti Small PDF.

f. Promosikan eBook Kamu

Setelah eBook sudah jadi, langkah selanjutnya adalah memberitahukannya pada orang-orang yang dijadikan target.

Supaya eBook kamu banyak yang download dan lebih tertarget, dapat dilakukan dengan banyak cara.

Salah satunya degna menggunakan layanan iklan seperti Google Adwords atau Facebook Ads.

Untuk beriklan di Facebook, silahkan ikuti panduan yang sudah kami tulis.

Apakah ada yang terlewatkan?

Jika kamu pernah membuat eBook dan memiliki beberapa tips yang ingin dibagikan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar. Kami ingin menjadikan artikel ini sebagai sumber bermanfaat yang dapat digunakan pembaca yang ingin membuat eBook.

Bagikan:

Tinggalkan komentar