3 Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Dengan Antena Biasa

  • Bagikan
cara mendapatkan siaran tv digital Indonesia
cara mendapatkan siaran tv digital Indonesia

Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Dengan Antena Biasa – Sudah bersiap-siap berganti ke tv digital? Masih belum tahu juga cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa?

Apa itu TV Digital? Dikutip dari wikipedia TV digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital (berbentuk bit data seperti komputer) dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Program pemerintah untuk memindahkan tv analog ke tv digital rencananya akan diselesaikan sampai akhir tahun 2022.

Baca Juga Artikel Kode Lokasi TV Digital Indonesia: Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang TV Digital Indonesia

Jadi kamu yang saat ini masih menggunakan tv analog harus belajar lagi bagaimana cara menggunakan tv digital. Dengan begitu kamu akan tahu channel tv apa saja yang bisa didapatkan. Berikut cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa dengan Mudah

Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Dengan Antena Biasa

Pemerintah Indonesia sudah berencana untuk memindahkan tv analog ke tv digital sejak tahun 2021. Hanya saja realisasinya baru bisa dimulai awal tahun 2022. Jadwal yang dimiliki pemerintah pun ada tiga tahapan.

Tahap pertama hingga dari 30 April 2022 dengan jangkauan 56 wilayah. Tahapan kedua sampai 25 Agustus 2022 pada 31 wilayah. Terakhir adalah pada 2 November 2022 untuk 25 wilayah.

Baca Juga Artikel Contoh TV Analog dan Digital Yang Harus Kamu Ketahui

Kelebihan yang digadang-gadang pemerintah soal tv digital ini adalah bebas biaya iuran maupun internet. Jadi kamu tetap bisa menonton tv hanya dengan mendapatkan sinyal dari tower tv digital saja.

Oleh karena itulah kamu penting sekali mengetahui cara mendapatkan siaran tv digital Indonesia. Kamu yang belum tahu cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa bisa mengikuti beberapa langkah ini.

Baca Juga:  Cara Membuat 2 Akun Atau Lebih Dalam 1 HP Bermain Di Game PUBG Mobile

1. Mengecek Ketersediaan TV Digital

Walaupun siaran tv Indonesia yang sudah digital sudah beroperasi sejak tahun lalu, namun hanya beberapa daerah yang mendapatkannya. Daerah ini khususnya ada di Jabodetabek.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelumnya adalah mengecek ketersediaan tv digital di daerahmu. Kamu yang saat ini berdomisili di luar Jabodetabek perlu untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Cara mengeceknya bisa dengan mengakses website resmi Kominfo. Bisa juga dengan menginstal aplikasi sinyal tv digital melalui Play Store atau App Store. Apabila setelah dicek area kamu berwarna merah atau mendapatkan tv digital maka bisa mencoba untuk menyambungkannya.

2. Memiliki atau Memasang Antena UHF dan DVB-T2

Cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa berikutnya tentu saja dengan memasang antena. Kamu hanya perlu memiliki antena UHF yang biasa digunakan untuk tv analog.

Jika saat ini antena UHF sudah terpasang baik atau luar rumah maka jangan dibuang karena masih bisa digunakan. Apabila antena sudah terpasang maka pastikan juga bahwa kamu memiliki Set Top Box atau DVB-T2.

Perangkat kotak berwarna hitam ini rencananya juga akan dibagikan pemerintah secara gratis ke masyarakat. Apabila kamu belum mendapatkannya bisa juga membeli DVB-T2 ini di toko peralatan elektronik.

Harga perangkatnya tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp. 150.000. Apabila kedua perangkat ini sudah dimiliki maka selanjutnya tinggal memasangnya saja. Pertama kali yang dipasang adalah antena UHF dan arahkan ke posisi yang pas.

Kamu bisa menyambungkan kabel UHF dari antena ke DVB-T2. Sambungkan kabel AV yang berwarna merah putih ke televisi.

3. Mencari Siaran TV Digital

Langkah terakhir cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa ini sangat mudah, karena jika kabel sudah tersambung maka tv bisa digunakan untuk mencari channel. Untuk melakukannya, kamu bisa ubah terlebih dahulu tv menjadi mode AV.

Baru hidupkan DVB-T2 dan tunggu sampai tampilan STB muncul di layar televisi. Pada menu tersebut kamu bisa pilih Instalasi kemudian pencarian channel. Lakukan scan sampai selesai.

Baca Juga:  Cara Mengecek Sinyal TV Digital Yang Harus Anda Ketahui

Setelah scan selesai maka kamu akan langsung melihat channel tv nasional yang tersedia. Masing-masing daerah memiliki jumlah channel yang berbeda tergantung dengan daerahnya.

Baca Juga Artikel Serba-Serbi Aplikasi Sinyal Tv Digital, Yuk Langsung Cek

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta akan mendapatkan sekitar 30 chanel tv. Ketika semua channel sudah muncul kamu tinggal memilihnya. Sering ada pertanyaan, kenapa siaran tv digital putus-putus padahal sudah melakukan scan dengan benar.

Apabila tampilan siaran televisi kurang jelas artinya arah dari antena kurang tepat, tidak langsung ke arah tower. Oleh karena itulah penting untuk mengecek terlebih dahulu ketersediaan tv digital lengkap dengan lokasi tower.

Dilihat dari cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari tv analog. Selama tv sudah tersambung dengan antena dan DVB T2 maka proses pencarian bisa segera dilakukan.

Pada saat mencari siaran tv analog kamu juga bisa melakukannya dengan remote tv. Hanya saja tv harus dipindahkan ke mode AV sebelum mencarinya.

Apa Saja Kelebihan Menggunakan TV Digital?

Apa sih alasan pemerintah mengharuskan seluruh masyarakat beralih ke tv digital? Kelebihannya sendiri bukan hanya karena tv gratis, bisa diakses melalui internet saja. Ada kelebihan lain yang berkaitan dengan penggunaan teknologi terbaru.

Simak apa saja kelebihan dari penggunaan tv digital berikut ini.

1. Gambar Bening Suara Jernih

Masih saja sering menonton televisi dengan layar banyak semutnya? Kini kamu tidak akan merasakannya lagi ketika sudah menggunakan tv digital. Sinyal digital yang disebarluaskan dari satu tower dapat menjangkau area yang lebih luas.

Jangkauannya yang luas tersebut diimbangi dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik karena stabil. Jadi kamu akan mendapatkan gambar dengan resolusi paling tinggi sesuai dengan jenis tv yang digunakan.

Suara pun akan jauh lebih jernih sehingga kamu dan keluarga pun lebih nyaman untuk menonton acara televisi.

Baca Juga:  Terapkan Manajemen Product Development Strategy Dalam Dunia Starup

2. Saluran TV Jauh lebih Banyak

Cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa sangatlah mudah hanya dengan modal DVB T2 saja. Ditambah lagi jika kamu tinggal di area yang tercover dengan tv digital saluran tv yang diperoleh akan lebih banyak.

Jika sebelumnya hanya ada belasan channel tv sekarang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan. Banyak tidaknya saluran tv ini juga tergantung dengan area kamu tinggal.

Apabila di area tersebut memiliki banyak saluran maka beruntunglah lebih banyak acara tv yang bisa ditonton setiap hari.

3. Ada Jadwal Siaran

Layaknya tv berlangganan dimana kamu bisa melihat jadwal tayang acara televisi dalam sepekan ke depan. Jika dulu untuk tahu jadwal ini kamu harus membaca koran kini tidak lagi.

Semua tv digital menyajikan jadwal acara televisi dengan memanfaatkan fitur EPG. Fitur ini ada banyak informasi mengenai jadwal penayangan dari masing-masing acara televisi baik itu yang sedang tayang, akan tayang dan sudah tayang.

4. Langkah Meningkatkan Kecepatan Internet

Beralihnya ke tv digital membuat spektrum tv analog bisa dimanfaatkan untuk membuat kecepatan internet di siaran digital jadi lebih cepat. Termasuk untuk area-area basement yang tadinya tidak terjangkau.

Siapa saja yang ingin menggunakan internet akan merasakan kecepatan yang meningkat dari sebelumnya. Kamu pun bisa menonton siaran tv digital yang lebih bagus kualitasnya.

Secara keseluruhan cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa tidak sulit untuk dilakukan. Selama kamu sudah memiliki perangkat televisi, DVB T2 dan antena UHF maka akses ke siaran tv digital akan didapatkan.

Demikianlah artikel dari kami mengenai cara mendapatkan siaran Tv digital dengan antena biasa semoga bisa memudahkan Anda dalam mendapatkan siaran tv digital, terimakasih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising