Bagaimana Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan?
Bagaimana Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan?

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan  – Menabung sebesar 10 juta dalam waktu tiga bulan mungkin terdengar sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Dengan sedikit disiplin dan perencanaan yang matang, Anda bisa mencapai tujuan keuangan Anda dalam waktu yang singkat.

Meskipun pada awalnya mungkin terasa sulit, tetapi kebiasaan baik akan terbentuk seiring waktu, dan ini akan sangat menguntungkan Anda di masa depan. Dengan menerapkan cara yang efektif dalam menabung sebesar 10 juta dalam waktu tiga bulan, tidaklah mustahil untuk mencapai tujuan kita.

Baca Juga Artikel 7 Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Baik

Dalam situasi di mana kebutuhan hidup semakin banyak dan harga barang yang semakin mahal, banyak orang mengalami kesulitan dalam menabung. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang mencari tips untuk menabung secara rutin, termasuk cara untuk menabung sebesar 10 juta dalam waktu tiga bulan.

Baca Juga Artikel TIPS MENGELOLA KEUANGAN SEBELUM MENIKAH

Namun, dengan motivasi yang tepat dan langkah yang benar, kita dapat mencapai tujuan keuangan kita dengan mudah. Uang yang ditabung dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti dana darurat atau investasi.

Menabung juga mempunyai manfaat seperti :

  1. Memenuhi Kebutuhan Dana Darurat
  2. Keamanan Finansial
  3. Tujuan Keuangan Lebih Mudah Diwujudkan

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu Anda menabung sebesar 10 juta dalam waktu tiga bulan. Mulai dari menentukan frekuensi menabung, analisa penghasilan, menyiapkan rekening khusus, dan lain sebagainya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan

Jika Anda merasa kesulitan dalam menabung, Anda dapat mencoba cara untuk menabung sebesar 10 juta dalam waktu tiga bulan yang akan dijelaskan di bawah ini. Dengan menerapkan 15 poin yang akan kami bahas, diharapkan Anda dapat membentuk kebiasaan menabung yang baik, yang tentunya akan memberikan dampak positif pada keuangan Anda di masa depan.

1. Menentukan Frekuensi Menabung

Menentukan Frekuensi Menabung

Pertama-tama, Anda harus menentukan frekuensi menabung untuk mencapai target menabung sebesar 10 juta dalam tiga bulan. Menabung secara rutin merupakan salah satu keterampilan finansial penting yang dapat membantu Anda mencapai keuangan yang lebih stabil. Dengan menabung secara teratur, Anda akan terbiasa memisahkan pendapatan Anda setiap bulannya.

Sebaiknya, alokasikan sebagian pendapatan Anda setiap bulan untuk tabungan, sehingga dalam tiga bulan Anda dapat mengumpulkan dana sebesar 10 juta. Sebagai contoh, untuk mencapai target ini, Anda harus menabung minimal sebesar Rp 3,4 juta setiap bulan. Namun, Anda dapat menyesuaikan frekuensi menabung dan nominalnya sesuai dengan kemampuan Anda, seperti menabung harian, mingguan, atau bulanan.

Misalnya, jika Anda menabung sebesar Rp 100 ribu setiap hari, maka dalam seminggu Anda akan mengumpulkan sekitar Rp 800 ribu. Dalam satu bulan, Anda dapat menabung hingga Rp 3 jutaan. Dalam tiga bulan, Anda dapat mengumpulkan dana sebesar Rp 9-10 jutaan.

2. Menganalisa Penghasilan

Menganalisa Penghasilan

Agar bisa berhasil menabung 10 juta dalam 3 bulan, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu penghasilan Anda. Jika Anda bisa menabung 3 juta per bulan, maka dalam waktu 3 bulan uang sebesar 10 juta bisa terkumpul. Namun, jika tidak mampu menabung sebanyak itu, maka Anda harus mencari sumber penghasilan tambahan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka bisnis UKM dengan modal kecil seperti menjadi dropshipper atau reseller, menjual makanan, produk fashion, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan mental untuk hidup hemat.

Anda harus menekan berbagai kebutuhan konsumtif agar hidup lebih hemat. Misalnya, mulai membawa bekal dari rumah untuk makan siang dan malam, sehingga uang jajan bisa dialokasikan ke tabungan setiap bulan. Hindari pengeluaran konsumtif seperti jajan, traveling, atau membeli baju baru setiap bulan. Dengan berhemat, Anda bisa terbiasa menabung secara rutin dan mengumpulkan uang hingga mencapai target 10 juta dalam waktu 3 bulan.

3. Menyiapkan Rekening Khusus Menabung

Menyiapkan Rekening Khusus Menabung

Jika Anda berencana untuk menabung sebesar Rp 10 juta dalam 3 bulan, maka pertama-tama Anda perlu menyiapkan rekening khusus di luar rekening pribadi Anda. Dengan rekening khusus ini, Anda dapat memantau pergerakan tabungan Anda secara teratur dan membedakan antara uang untuk tabungan dan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Pastikan Anda tidak menarik uang tersebut sebelum target keuangan tercapai.

Anda juga dapat membagi pengeluaran Anda dengan sistem 50/30/20 atau 80/20. Sebaiknya alokasikan 50% dari penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan dan 20% untuk menabung.

Namun, jika Anda memiliki gaji UMR, sebaiknya alokasikan sebagian pengeluaran untuk diinvestasikan ke dalam instrumen investasi. Pastikan untuk menggunakan uang dingin agar tidak mengganggu kebutuhan primer Anda. Dengan melakukan pengaturan keuangan yang baik, Anda dapat memiliki simpanan untuk keadaan darurat dan mencapai tujuan menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan.

4. Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatat Setiap Pengeluaran
Mencatat Setiap Pengeluaran

Untuk membuat proses menabung lebih terarah, sangat disarankan untuk mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan. Dengan mencatat setiap pengeluaran, termasuk pengeluaran kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran kecil seperti membeli cemilan, bayar parkir, membayar transportasi umum, dan lain sebagainya, Anda bisa melihat secara rinci ke mana saja uang yang telah Anda keluarkan.

Mencatat pengeluaran merupakan langkah awal yang sangat penting untuk mengontrol pengeluaran dan memperbaiki kebiasaan belanja Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi pencatat pengeluaran atau mencatatnya di buku catatan pribadi. Setelah mencatat pengeluaran Anda selama satu bulan, analisis dan kelompokkan pengeluaran ke dalam kategori yang berbeda seperti kebutuhan sehari-hari, tagihan, hiburan, makanan, dan lain-lain.

Setelah itu, lakukan evaluasi terhadap setiap kategori pengeluaran. Apakah ada kategori yang memakan banyak uang dan bisa dihemat? Misalnya, Anda bisa menghemat pengeluaran belanja makanan dengan memasak makanan sendiri di rumah. Dengan mengetahui pengeluaran Anda, Anda bisa memutuskan di mana sebaiknya Anda memangkas pengeluaran dan mengalihkannya ke tabungan setiap bulannya.

Dengan mencatat setiap pengeluaran, Anda dapat mengetahui kebiasaan belanja Anda dan menemukan cara untuk menghemat pengeluaran. Dengan begitu, Anda dapat menyisihkan uang lebih yang dapat dialokasikan ke dalam tabungan setiap bulannya. Hal ini akan membantu Anda mencapai target menabung secara lebih efektif dan terarah.

5. Menghitung Kebutuhan Dana Darurat

Menghitung Kebutuhan Dana Darurat

Untuk menghitung dana darurat, terdapat cara sederhana yang bisa Anda gunakan yaitu dengan melihat total biaya pengeluaran bulanan Anda. Ada tiga kriteria yang bisa dijadikan acuan, yaitu untuk orang lajang sebanyak 3 kali total pengeluaran, untuk pasangan menikah sebanyak 6 kali total pengeluaran, dan untuk pasangan menikah dengan satu anak sebanyak 9 kali total pengeluaran.

Sebagai contoh, jika Anda masih lajang dan memiliki total pengeluaran bulanan sebesar Rp 4 juta, maka Anda bisa menghitung dana darurat yang harus dikumpulkan dengan memasukkan angka tersebut ke dalam formula di atas. Maka, dana darurat yang harus dikumpulkan minimal adalah sebesar Rp 12 juta. Dengan mengetahui jumlah dana darurat yang dibutuhkan, Anda bisa mulai mengalokasikan sebagian penghasilan bulanan Anda untuk menabung dan mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi darurat.

6. Melakukan Pre Order Business

Untuk mengumpulkan uang sebanyak 10 juta rupiah dalam 3 bulan, Anda bisa mencoba menerapkan strategi pre-order business. Dalam sistem ini, pembeli akan diminta untuk membayar terlebih dahulu produk yang ingin dibeli. Sehingga, sebagai penjual, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyiapkan produk tersebut. Contoh pre-order business yang dapat Anda coba antara lain print on demand, catering, dan elektronik.

Sebagai contoh, jika Anda menjual baju custom, Anda dapat menginformasikan kepada pembeli bahwa pengerjaannya memerlukan waktu 3 hari. Pembeli dapat membayar setengah dari harga baju terlebih dahulu, kemudian melunasi sisanya setelah bajunya jadi. Dengan cara ini, Anda dapat mengumpulkan uang tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dahulu dan memperoleh keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan.

7. Menabung Dengan Cara Investasi

Untuk mencapai target menabung sebesar 10 juta rupiah dalam waktu 3 bulan, selain menabung di bank, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi. Berinvestasi merupakan salah satu cara yang populer bagi banyak orang untuk mencapai tujuan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Salah satu keuntungan dari berinvestasi adalah Anda dapat memperoleh keuntungan atau profit yang lebih tinggi dibandingkan dengan menabung di bank.

Ada berbagai jenis instrumen investasi yang bisa Anda pilih seperti saham, reksadana, atau deposito berjangka. Namun, sebelum memilih instrumen investasi, penting untuk mempertimbangkan profil risiko Anda. Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu dan memahami karakteristik dari masing-masing instrumen investasi yang ingin Anda pilih.

Dalam berinvestasi, sebaiknya gunakan uang yang tidak diperlukan dalam jangka pendek atau yang tidak akan mempengaruhi kebutuhan primer Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghindari risiko kehilangan uang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menabung dan berinvestasi secara bijak, Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda dalam waktu yang telah ditentukan.

8. Menjadi Pengajar Online

Anda dapat mencoba menjadi pengajar online sebagai alternatif untuk mengumpulkan tabungan 10 juta rupiah dalam 3 bulan. Dalam hal ini, Anda harus memiliki keterampilan dan kualifikasi yang memadai sebagai pengajar. Misalnya, jika Anda mengajar mata pelajaran di sekolah, atau memiliki keterampilan memasak masakan rumahan, Anda dapat membuat kelas online yang menyasar ibu-ibu muda dengan menu yang tidak terlalu sulit. Selain itu, Anda juga dapat mencoba bidang olahraga seperti zumba, yoga, dan pilates yang dapat dilakukan secara online. Dengan cara ini, Anda dapat menghasilkan uang tambahan dan menabung dengan lebih efektif.

9. Melakukan Double Job

Agar dapat mencapai target menabung tiap bulannya, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengambil double job, yaitu bekerja penuh waktu dan menjadi pekerja lepas (freelancer). Dengan demikian, selain dapat memenuhi kebutuhan hidup, penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan tersebut juga dapat digunakan untuk menabung. Sebagai contoh, jika gaji Anda dari pekerjaan penuh waktu sebesar Rp 4,6 juta per bulan dan penghasilan dari pekerjaan lepas sebesar Rp 1-3 juta per bulan, maka Anda dapat menabung sebesar Rp 3-4 juta per bulan.

Namun, dalam mengambil double job, penting untuk tetap memperhatikan work-life balance. Usahakan untuk membagi waktu dengan baik antara pekerjaan penuh waktu dan pekerjaan sampingan, sehingga tidak mengganggu produktivitas dan kesehatan Anda. Terdapat berbagai pekerjaan lepas yang menjanjikan seperti videografer, fotografer, desain grafis, editor, penerjemah, penulis, software engineer, pengajar les dan lainnya yang bisa Anda coba.

10. Melakukan Bisnis Affiliate Marketing

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan bisa dengan bergabung dengan affilate. Untuk memulai bisnis affiliate marketing, Anda dapat bergabung dengan program afiliasi yang telah ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti travel agent PegiPegi, Tiket.com, Agoda, dan Booking.com yang menawarkan komisi hingga 25%.

Selain itu, e-commerce seperti Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak juga menawarkan program afiliasi dengan komisi hingga 10%. Selain itu, ada juga aplikasi seperti ShopBack yang menawarkan cashback jika Anda merekomendasikan aplikasi tersebut ke orang lain. Dengan bergabung dalam program afiliasi ini, Anda hanya perlu membagikan kode atau link referral kepada pengguna lain dan mengajak mereka untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan modal networking yang minim, Anda dapat mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis affiliate marketing.

Penutup

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menabung 10 juta dalam 3 bulan. Dari cara-cara yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memilih salah satunya atau bahkan mencoba beberapa cara sekaligus untuk mempercepat proses mencapai target tabungan. Namun, selain mencari cara untuk menabung dengan cepat, perlu diingat juga untuk tetap berpegang pada prinsip keuangan yang sehat dan bijak.

Mulailah dengan membuat rencana anggaran yang jelas dan disiplin dalam menjalankannya. Dengan menabung secara konsisten dan cerdas, diharapkan kebutuhan finansial Anda dapat tercukupi dengan baik di masa depan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar