fbpx

9 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor, Begini Solusinya

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor
Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor  – Pernahkah saat Anda mencuci pakaian kemudian melihat adanya genangan air di sekitar mesin cuci tersebut? Genangan air tersebut sudah dipastikan bahwa kondisi mesin cuci Anda dalam keadaan bocor. Ada beberapa penyebab mesin cuci mengalami kebocoran, ada yang mudah diperbaiki dan penyebab yang lainnya dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Akan teteapi, apapun penyebabnya dan jenis mesin cuci Anda, kebocoran mesin cuci harus segera ditangani.

Ada banyak sekali permasalahan yang sering terjadi pada sebuah mesin cuci, seperti mesin cuci bocor, mesin cuci tidak bisa berputar dan lain sebagainya, sehingga banyak yang mencari tahu cara memperbaiki mesin cuci bocor. Karena memang masalah yang satu ini cukup sering terjadi, apalagi jika Anda memakai mesin cuci sudah cukup lama.

Kerusakan mesin cuci yang bocor ini ditandai dengan air yang keluar terus menerus dan juga pengeringan pada mesin cuci tidak mau berputar.

Dikutip dari Wikipedia mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprai. Biasanya terbatas ke mesin yang menggunakan air untuk mencuci, dan tidak seperti cuci kering yang menggunakan cairan pembersih alternatif dan biasanya dilakukan oleh bisnis khusus.

Daftar Isi

Macam-Macam Jenis Mesin Cuci

Macam-Macam Jenis Mesin Cuci
Macam-Macam Jenis Mesin Cuci
  1. Mesin Cuci 2 Tabung.
  2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading.
  3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading.

Pada umumnya mesin cuci 2 tabung yang mengalami masalah air keluar terus menerus, biasanya disebabkan oleh kurang rapatnya pada siel atau katup karet. Karena katup karet tersebut mempunyai fungsi untuk menutup aliran air. Hal ini dikarenakan katupnya terganjal logam, atau kotoran lain, sehingga menyebabkan kebocoran pada mesin cuci.

Hal ini dikarenakan adanya logam, koin atau kotoran pada saluran pembuangan mesin cuci Anda, yang menyebabkan air akan terus mengalir. Lalu, Bagaimana cara memperbaiki mesin cuci bocor?

Sebelum anda memutuskan untuk membawa mesin cuci Anda ke tempat service, alangkah baiknya Anda mengetahui penyebab kebocoran mesin cuci, dan cara memperbaiki mesin cuci bocor.

Penyebab Mesin Cuci Bocor

Penyebab Mesin Cuci Bocor
Penyebab Mesin Cuci Bocor
  1. Mesin cuci rembes akibat selang pembuangan yang robek.
  2. Tabung yang tersumbat atau miring, hal ini dapat terjadi karena busa berlebih yang disebabkan penggunaan deterjen yang terlalu banyak atau pencampuran cucian secara tidak tepat.
  3. Mesin cuci bisa bocor jika kelebihan muatan atau tidak seimbang.
  4. Sambungan yang longgar pada selang pengisi.
  5. Selang pembuangan yang tidak terpasang dengan benar di pipa pembuangan

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor
Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

1. Periksalah gasket selang suplai

Selang suplai air mempunyai gasket di tiap sisinya. Kedua gasket tersebut bisa saja menjadi longgar seiring waktu. Jika air bocor dari selang suplai maka Anda mungkin perlu menggantinya.

2. Periksalah selang suplai air atau selang pembuangan mengalami bengkok atau tersumbat

Di dalam mesin cuci selang suplai air dan selang pembuangan tidak boleh bengkok atau mengalami tersumbat. Cara mengatasinya yaitu bersihkan sumbatan atau luruskan jika terjadi bengkok pada selang. Jika selang mengalami bocor, berlubang atau berkarat sebaiknya Anda ganti.

Baca Juga:  Penjelasan Macam-Macam Tipe Hero di Game Mobile legends

3. Periksalah filter

Pada umumnya penyebab mesin cuci bocor yaitu filter pompa yang tersumbat. Filter pompa alangkah baiknya harus dibersihkan setiap tiga bulan sekali atau pada saat tersumbat. Filter ini dipasang berfungsi untuk menyaring benda asing seperti koin, kancing, kotoran dan juga berfungsi mencegah agar tidak masuk ke selang pembuangan. Filter ini terletak di sudut kanan bawah mesin cuci Anda.

Baca Juga : Cara Membersihkan Filter Pompa Pada Mesin Cuci

4. Pastikan Pintu Tertutup

Air bisa saja merembes keluar dari pintu jika pintu tersebut belum tertutup rapat. Tutup pintu mesin cuci dengan benar hingga terdengar suara terkunci.

5. Periksalah Laci Detergen Sudah Tertutup

Periksalah laci detergen telah tertutup dengan benar. Mesin cuci Anda dapat mengalami kebocoran jika tidak Anda tidak menutup dengan benar.

6. Cek sambungan pada suplai air

Cek pada sambungan suplai air ke mesin cuci Anda. Jika sambungan suplai air tersebut longgar, maka kencangkan murnya.

7. Periksalah sambungan selang ekstensi

Periksalah pada sambungan antara selang ekstensi dengan selang pembuangan mesin cuci Anda. Di setiap sambungan harus rapat jangan ada yang longgar.

8. Periksalah Keseimbangan Mesin Cuci

Mesin cuci sebaiknya dalam keadaan yang seimbang atau tidak miring hal ini bertujuan agar dapat berfungsi dengan benar. Untuk mengecek mesin cuci Anda seimbang atau tidak gunakan waterpas untuk memeriksanya.

9. Hindari Memberikan Beban Pada Mesin Cuci Secara Berlebihan

Mesin cuci mempunyai berbagai kapasitas pemuatan dalam pengoperasiannya. Jika mesin Anda kelebihan beban (overload) hal ini bisa menyeabkan mesin cuci Anda rusak dan juga bisa mengalami kebocoran. Lihatlah panduan pengguna kapasitas mesin cuci Anda.

Baca Juga:  Apple Keluarkan iPhone 13 Warna Darkgreen

Demikian itulah cara memperbaiki mesin cuci bocor. Dengan mengetahui cara memperbaiki mesin cuci bocor, seperti yang sudah penulis jelaskan diatas. Setidaknya dapat menjadi wawasan bagi pembaca, apabila nantinya mengalami masalah mesin cuci bocor Anda bisa

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.