3+ Cara Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula

1 min read

Cara memelihara ikan cupang untuk pemula – Banyak yang memilih ikan hias sebagai solusi untuk menghias atau mempercantik hunian mereka. Dari mulai kepercayaan fengshui yang memandang memiliki ikan hias di akuarium dapat mendatangkan rezeki hingga untuk memberikan efek yang baik untuk psikologi seperti mengurangi stres.

Memelihara ikan cupang sebenarnya tidaklah susah, apalagi memelihara ikan cupang bisa dilakukan di rumah, tidak perlu lahan yang luas.

Baca Juga;

Dikutip dari wikipedia ikan cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Kalau Anda ingin budidaya ikan cupang, sebaiknya simaklah penjelasan di bawah ini, karena ini merupakan dasar untuk memelihara ikan cupang.

Anda pemula dalam memilihara ikan cupang? Tenang saja, dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai cara memelihara ikan cupang untuk pemula.

Cara Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula

Cara Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula
Cara Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memelihara ikan cupang, berikut penjelasannya:

1. Pilih Jenisnya

Pilih Jenis Ikan Cupang
Pilihlah jenis ikan cupang

yang pertama harus diperhatikan jika Anda ingin memelihara ikan hias ini adalah pemilihan jenisnya. untuk pemula lebih baik Anda memilih jenis plakat atau cupang yang memiliki ekor pendek. Apalagi saat ini plakat juga sudah semakin banyak tipe dengan warna-warna yang menarik seperti koi, nemo, atau hellboy.

Bagi pemula, tidak menyarankan memilih ikan cupang yang ekor panjang seperti halfmoon, serit, atau crown tail. Pasalnya untuk jenis ekor panjang, Anda harus lebih fokus merawatnya dibandingkan jenis plakat. Mengingat ikan cupang yang memiliki ekor panjang lebih rawan sakit yang memicu ekornya rusak jika tidak hati-hati.

2. Tempat dan Air

Tempat dan Air Ikan Cupang
Tempat dan Air Ikan Cupang

Selain akuarium berukuran kecil, Anda bisa gunakkan soliter yang saat ini masih populer digunakan untuk ikan cupang.

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kerugian Penggunaan Smartphone Bagi Anak

Untuk perawatan standarnya, air awal yang sudah diendapkan selama 24 jam, ditambahkan garam (ikan) sekitar setengah sendok teh, lalu dikasih daun ketapang. (Penggunaan daun ketapang) itu tergantung kondisi air di rumah, kalau PH airnya di bawah lima tidak diperlukan. Tetapi kalau PH airnya di atas enam itu boleh pakai daun ketapang. Dalam penggunaan Air PAM tentu boleh. Hanya saja harus di tambahkan obat seperti anti klorin

3. Pilihan Pakan

Cacing Pakan Ikan Cupang.jpg
Cacing Pakan Ikan Cupang.jpg

Untuk makanan, ikan cupang lebih menyukai pakan hidup. Seperti jentik nyamuk, cacing sutra, serta kutu air atau daphnia. Namun untuk memudahkan Anda, makanan instan atau pakan pelet kering yang dijual di toko-toko akuarium juga bisa digunakan serta diatur sesuai komposisinya.

Dengan memakai pelet dengan kadar protein kurang lebih 50% tentu saja dengan dijeda kurang lebih 2 hari secara pelan-pelan dilihat dari kebiasan ikan cupang tersebut.

Demikian postingan dari kami yang membahas mengenai ikan cara memelihara ikan cupang untuk pemula, semoga postingan kali ini dapat memudahkan Anda dalam memelihara ikan cupang. Terimakasih.

Baca Juga:  Cara Menghadapi Anak Perfeksionis
Baca Juga;

5+ Apa Arti Page 366 of 366 Tahun Baru…

Apa Arti Page 366 of 366 Tahun Baru Ramai di Twitter. Akhir tahun adalah waktu dimana ayng dinanti-nantikan oleh seluruh warga di dunia termasuk...
rahadian
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *